Skip to content

Nggak Nyangka Didatangi Mahasiswa Polisi

14 Desember 2014

nugrahadi ptik

BANYAK mahasiswa dan mahasiswi yang saya kenal melalui jejaring media sosial. Perkenalan kami diawali oleh ketertarikan mereka atas buku yang saya tulis. Ketertarikan didasari oleh keperluan sang mahasiswa untuk menyelesaikan tugas perkuliahan, termasuk untuk membuat skripsi atau tesis.

Ada rasa kepuasan tersendiri ketika ternyata buku yang saya tulis, seperti ‘Hiruk Pikuk Bersepeda Motor’ terbitan tahun 2010 dan ‘Menghapus Jejak Roda’ terbitan tahun 2014, berfaedah bagi dunia pendidikan. Khususnya, bermanfaat untuk membantu penyelesaian tugas-tugas kampus para mahasiswa yang meminati masalah dunia transportasi dan kecelakaan lalu lintas jalan.

Ya, kedua buku saya itu memang mengulas seputar lalu lintas jalan, khususnya terkait masalah kecelakaan dan penangangannya. Mulai dari soal kecelakaan itu sendiri hingga masalah ekonomi, sosial, dan budaya. Bahkan, saya selipkan juga bagaimana upaya menghindari kecelakaan dan fatalitas akibat kecelakaan di jalan raya. Titik berat penulisan saya di seputar dinamika bersepeda motor.

“Mas Edo, saya Nugrahadi yang ingin mendapatkan buku mas untuk bahan skripsi saya. Saya mahasiswa, tapi sebelumnya adalah kepala unit kecelakaan Polres Kota Tangerang,” sergah suara di ujung telepon seluler saya, suatu siang di Jakarta, baru-baru ini.

Perbincangan via telepon seluler itulah yang mengawali pertemuan kami sehari kemudian. Nugrahadi Kesuma adalah mahasiswa Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta. Pada Desember 2014 ini dia memasuki tahap akhir perkuliahan dan saatnya menyusun skripsi untuk meraih gelar sarjana ilmu kepolisian (SIK).

“Banyak referensi buku dari beberapa kampus, tapi bahan dasarnya adalah skripsi. Saya butuh sumber dari perspektif berbeda,” tutur Nugrahadi Kesuma, saat bertemu dengan saya di Jakarta, baru-baru ini.

Perbincangan di kantin kantor saya di bilangan Jakarta Selatan itu pun mengalir sambil diselingi menyantap makan siang. Topik perbincangan tak jauh dari seputar masalah kecelakaan lalu lintas. “Saya mengambil judul skripsi ‘Analisa model hubungan faktor penyebab kecelakaan lalu lintas dengan angka kecelakaan lalu lintas pengendara sepeda motor di wilayah Polres Kota Tangerang’,” papar pria kelahiran tahun 1983 ini.

Nah, yang mengagetkan saya adalah ternyata pria muda ini adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2009. Jabatan terakhir yang disandang pria beristeri seorang dokter ini adalah kepala unit kecelakaan (Kanit Laka) di Polres Kota Tangerang. “Sekarang status saya mahasiswa, kalau pangkat saya sekarang ajun komisaris polisi,” papar pria yang tidak suka memakai power bank untuk mengisi ulang batere ponselnya itu.

Hingga bertemu Nugrahadi, saya belum pernah didatangi mahasiswa yang sekaligus berprofesi sebagai polisi. Dia adalah sosok yang pertama. Mumpung bertemu, sempat saya titipkan agar kelak jika kembali menempati posisi di jajaran korps lalu lintas agar memberi pencerahan di tubuh institusi itu. Memberi darah segar agar institusi itu menjadi salah satu pilar penting dalam mewujudkan sosok polisi yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu. Sosok yang demikian saya pikir mampu ikut menekan potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan dan tentu saja fatalitas kecelakaan itu sendiri. “Semoga dalam sepuluh tahun lagi bisa ikut memberi andil seperti yang mas Edo harapkan,” sergahnya.

Kita tahu bahwa kepolisian merupakan salah satu pilar dalam menurunkan fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan. Pilar lain ada institusi seperti kementerian perhubungan, kementerian pekerjaan umum, kementerian kesehatan, hingga kalangan dunia usaha dan masyarakat. Soal perilaku masyarakat yang masih ugal-ugalan di jalan sehingga memicu terjadinya kecelakaan, tentu juga harus diubah. “Saya yakin perilaku masyarakat masih bisa diubah,” pungkasnya. (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. 15 Desember 2014 12:33

    hehe lain kali disambangi mahasiswi kalo begitu bang edo 🙂

    • 15 Desember 2014 12:45

      seingat saya, ada tiga mahasiswi yang sudah ketemu terkait skripsi mereka, salah satunya ini —> https://edorusyanto.wordpress.com/2011/06/16/debby-tertarik-pelajari-perilaku-pemotor/

  2. Aa Ikhwan permalink
    15 Desember 2014 14:54

    ajib eyang 😀

  3. 15 Desember 2014 22:41

    Sukses selalu Bung Edo….

    • 22 Desember 2014 00:28

      aminn, makasih yah.

  4. nukg permalink
    21 Desember 2014 21:54

    Makasih banyak mas edo, bukunya banyak membantu saya,senang bertukar pikiran dengan mas edo..

    • 22 Desember 2014 00:28

      sama2 mas, semoga lancar dan sukses yah. salam.

Tinggalkan Balasan

