Skip to content

Terjawab Kenapa Operasi Zebra Fokus Pada Motor

1 Desember 2014

zebra 2013 data langgar

DALAM beberapa kesempatan muncul pertanyaan kenapa Operasi Zebra Jaya 2014 fokus pada pelanggaran yang dilakukan pesepeda motor. Walau, pada tahun ini Kepolisian Polda Metro Jaya juga mengaku punya fokus satu lagi, yakni perilaku pelanggaran angkutan umum. Operasi kali ini berlangsung pada 26 November 2014 hingga 9 Desember 2014.

Operasi berbiaya sekitar Rp 2,9 miliar itu tampaknya merujuk pada fakta data yang ada. Setidaknya, melihat pada rekam jejak operasi serupa setahun sebelumnya. Mari kita intip bagaimana rekam jejak tersebut.

Pada Operasi serupa tahun 2013, terungkap bahwa pesepeda motor menyumbang 44.404 kasus atau setara dengan sekitar 69% dari total pelanggar yang mencapai 64.331 kasus. Setiap hari, sekitar 3.171 pesepeda motor yang melanggar atau setara dengan 132 kasus per jam, atau dua kasus per menit.
Sedangkan mobil pribadi menyumbang kedua terbesar, yakni 15.673 (24,4%) artinya, setiap hari ada 1.119 pelanggaran atau setara 47 kasus per jam.

Nah, jenis pelanggaran utama yang dilakukan pesepeda motor ada bebeberapa. Melawan arus menyumbang jenis pelanggaran yang terbesar, yakni sekitar 17,67%. Saat itu, selama 14 hari digelarnya operasi terjadi penindakan 560 kasus per hari atau setara 23 kasus per jam. Sedangkan ketiga terbesar adalah soal surat-surat, yakni 6.728 (15,2%). Lalu, keempat terbesar adalah pelanggaran helm, yakni 5.785 kasus (13%).

Tampaknya itulah kenapa Ditlantas Polda Metro Jaya fokus pada pelanggaran melawan arus. Di sisi lain, melawan arus merupakan pelanggaran yang bukan tidak mungkin memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas jalan. Lantas, kenapa mesti melawan arus?

Barangkali ini jawaban yang bisa mewakili semua alasan, “pelanggar belum merasa dirugikan oleh tindakan pelanggaran yang dia lakukan.”

Pertanyaan lanjutannya, kenapa harus menunggu merasa dirugikan? Kerugian apa yang membuat seseorang urung melanggar aturan di jalan? (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: