Skip to content

Baru Tahu Ini Jalan yang Bakal Dipungut ERP

21 November 2014

jalan hayam wuruk jakbar

JALAN mana saja di Jakarta yang bakal dikenai pungutan secara elektronik? Ternyata jawabannya ada di peraturan daerah (Perda) DKI Jakarta No 5 tahun 2014 tentang Transportasi. Ini dia.
Ruas jalan dan/atau kawasan yang diberlakukan pengendalian lalu lintas jalan berbayar adalah Jalan Sisingamangaraja, Jalan Sudirman, Jalan MH. Thamrin,Jalan Medan Merdeka Barat , Jalan Majapahit, Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Gatot Soebroto, dan Jalan Rasuna Said. Lokasi-lokasi ruas jalan itu tersebar di Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Selatan. Boleh jadi ruas jalannya bakal meluas.

Oh ya, aturan lebih lanjut mengenai penerapan aturan pungutan elektronik atau electronic road pricing (ERP) mesti diatur dalam peraturan gubernur (Pergub).

Kalau merujuk Perda No 5/2014 pungutan elektronik tersebut diperuntukkan bagi peningkatan kinerja lalu lintas jalan dan peningkatan pelayanan angkutan umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Sedangkan objek pengendalian lalu lintas jalan berbayar adalah kendaraan bermotor perseorangan atau barang.

Oh ya, dana yang dipungut dari para pengguna jalan raya di Jakarta itu dipakai untuk membiayai penyelenggaraan operasional pemungutan ERP. Selain itu, setelah dikurangi tersebut sisanya dibagi untuk biaya peningkatan pelayanan angkutan umum massal berbasis jalan dan peningkatan kinerja lalu lintas jalan.

Fungsi dana tadi sebatas dana tambahan dan tidak mengurangi kewajiban alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk pembiayaan pembangunan transportasi dan sektor yang terkait lainnya. Tuh kan.

Nah sisi yang menarik pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama atau Ahok ketika masih menjabat Plt Gubernur beberapa waktu lalu. Ahok mengatakan, di ruas jalan yang diterapkan ERP bakal dilakukan pembatasan pergerakan lalu lintas sepeda motor. Dalam tahap awal, kata dia, pembatasan sepeda motor diujicoba di ruas Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Namun, jika merujuk Perda No 5/2014 tentang Transportasi yang menyebutkan ada sembilan ruas jalan yang dikenai ERP, bukan tidak mungkin ruas jalan yang akan dibatasi bagi sepeda motor juga sembilan ruas jalan. Itu kalau merujuk Perda. Soal bagaimana implementasinya, kita tunggu saja nanti. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: