Skip to content

Becak Lampu Aja, Keren dan Hemat BBM

18 November 2014

becak lampu solo

RAMAI nian pembicaraan soal kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Maksudnya, subsidi dikurangi Rp 2.000 sehingga harga BBM Premium menjadi Rp 8.500 dari semula Rp 6.500. Sedangkan harga solar naik dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter.

Presiden Jokowi bilang, pengurangan subsidi bagi BBM akan dialihkan kepada masyarakat secara langsung. Baik itu untuk kesehatan, maupun untuk pendidikan. “Kenaikan harga BBM subsidi berlaku pukul 00.00 WIB pada 18 November 2014 ,” kata Presiden Jokowi, dalam pengumuman yang disiarkan televisi, Senin, 17 November 2014 malam.

Pada malam yang sama, saya sempat berkeliling di salah satu sudut kota Solo, Jawa Tengah. Di dekat kawasan GOR Manahan, Solo ada pemandangan yang menggoda. Sebuah angkutan bertenaga manusia dihiasi lampu kelap-kelip tampak menanti penumpang di dekat rumah makan Goela Kelapa. Angkutan yang kita sebut saja Becak Lampu itu menjadi penghias kota di tengah malam.

“Untuk keliling satu putaran di kawasan GOR Manahan cukup bayar Rp 20 ribu aja pak,” seloroh seorang pengayuh kepada saya, Senin malam.

Saking penasarannya, saya coba keliling lagi. Ternyata, ada becak lampu-becak lampu lainnya. Ada yang masih menunggu penumpang atau penyewa. Ada juga yang sedang berkeliling melayani penyewa. Warnanya cerah meramaikan keremangan malam.

“Sini mas naik becak. Ayo keliling Manahan,” ajak seorang pengayuh becak saat saya mendekat.

Para penyewa yang saya lihat ternyata berlatar belakang usia yang beragam. Ada pria dan perempuan dewasa, ada kalangan remaja, hingga anak-anak. Mereka tampak ceria menikmati udara malam sambil berkeliling naik becak lampu. “Wah, kita difoto nih,” ujar seorang perempuan dewasa saat saya memotretnya.

Ya. Becak lampu Solo yang marak diperbincangkan sejak 2011 itu menggoda para wisatawan untuk singgah ke Solo. Suasana malam menjadi lebih ceria. Warna lampu berwarna warni membentuk aneka tampilan, ada yang bercorak binatang hingga bercorak helikopter. Tahun 2011, becak lampu masih bertarif Rp 10 ribu, kini Rp 20 ribu untuk satu keliling GOR Manahan.

Pengayuh dan penumpang sama-sama mengayuh sehingga hemat BBM. Badan pengayuh bisa menjadi sehat dan ramah lingkungan.

Oh ya, ngomong-ngomong, ternyata harga Becak Lampu ini cukup terjangkau loh. Produsen mainan hiburan anak CV.Anugrah Jaya dalam lamannya menulis, harga becak pedal dua plus dua bangku dua dibanderol Rp 6,5 juta per unit. Sedangkan untuk pedal empat plus bangku dua dibanderol Rp 7 juta per unit.

“Lampu hias menggunakan lampu LED dapat menyala terang pada saat malam hari membuat becak cinta lebih meriah,” tulis laman tersebut.

Mau coba di kota Anda? (edo rusyanto)

Iklan
3 Komentar leave one →
  1. 18 November 2014 13:48

    Emang asik naik becak lampu. Di Kota Solo paling asik kalau pas malam minggu.

  2. 18 November 2014 15:30

    Eyang nggak naik, cobain nggowes, ngetes Kejantanan Eaaaa 😀

  3. 19 November 2014 10:54

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: