Skip to content

Wajar, AHM Paling Berkomitmen Soal Keselamatan Berkendara

2 November 2014

IKRAR HONDA BIKERS

PENGHUJUNG Oktober 2014 saya menerima sebuah surat elektronik (surel) dari Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM). Surel itu menceritakan tentang penobatan AHM sebagai perusahaan yang paling memiliki kepedulian terhadap keselamatan berkendara.

Predikat itu lahir dari Consumer Protection Index Automotive 2014 yang diadakan oleh MarkPlus Insight bekerjasama dengan Korlantas Polri. Penobatan disandangkan kepada AHM pada pembukaan Indonesia Motorcycle Show (IMOS ) 2014 di Jakarta Convention Hall, Jakarta, Rabu, 29 Oktober 2014.

Rasanya tak berlebihan predikat tersebut diterima oleh AHM. Produsen sepeda motor paling besar di Indonesia ini mulai memperkenalkan kampanye keselamatan jalan pada awal tahun 2000-an. Artinya, lebih dari 10 tahun perusahaan yang menguasai 60% pasar sepeda motor di Indonesia itu melakukan edukasi seputar masalah keselamatan jalan, khususnya bagi penggunaan sepeda motor.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, selain memproduksi sepeda motor dengan kualitas dan layanan terbaik, perusahaan juga secara aktif melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan kesadaran keselamatan pengendara bagi pengguna sepeda motor. “Terima kasih atas apresiasi yang diberikan. Sosialisasi keselamatan berkendara bagi masyarakat akan terus kami gulirkan di segala lapisan usia dan berbagai segmen pengguna sepeda motor. Kami pun secara konsisten juga melatih instruktur-instruktur keselamatan berkendara Honda yang handal agar penyebarannya bagi masyarakat bisa berjalan lebih efektif dan efisien,” kata dia dalam publikasinya di Jakarta, Kamis, 30 Oktober 2014 .

Kegiatan sosialisasi keselamatan berkendara yang dilakukan AHM kata dia, mengacu pada konsep Attitude, Responsible, dan Tactics. ‎ Setiap tahun, lanjutnya, bersama jaringan main dealer AHM melakukan sosialisasi terhadap se‎kitar 1.000 orang dengan dukungan 150 instruktur keselamatan berkendara terlatih dari 29 main dealer Honda di Indonesia.

“Ngototnya” AHM dalam soal kampanye keselamatan jalan sangat wajar mengingat masih tingginya keterlibatan sepeda motor dalam kecelakaan lalu lintas jalan. Pada 2013, keterlibatan sepeda motor mencapai sekitar 71% dari total kendaraan yang terlibat kecelakaan. Sebagai produsen, kampanye tersebut adalah bagian dari tanggung jawab sosial. Di sisi lain, tentu saja bila edukasi berjalan mulus dapat mempertahankan citra si kuda besi sebagai alternatif transportasi yang aman dan nyaman. Pada gilirannya, mendorong konsumen untuk tetap membeli produk tersebut dan bisnis sang produsen terus berjalan mulus. Begitulah siklus bisnis.

Oh ya, balik lagi soal penghargaan yang diterima AHM. Consumer Protection Index Automotive 2014 diadakan oleh MarkPlus Insight bekerjasama dengan Korlantas Polri. AHM mendapat kategori emas atau kategori paling tinggi dari indeks tersebut. MarkPlus mengukur Indeks Perlindungan Konsumen Otomotif berdasarkan penilaian pada upaya sosialisasi produsen atas enam dimensi keselamatan berkendara. Dimensi tersebut mencakup keamanan kendaraan, gangguan berkendara, kondisi kendaraan, kecepatan mengemudi, batas muatan dan pengaruh alkohol yang masing-masing dilihat pada tiga titik sentuh yakni program komunikasi, penjelasan tenaga penjualan serta penjelasan personil bengkel. Pengukuran dilakukan pada empat motor paling banyak digunakan di Indonesia: Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki.

Ajang ini dilaksanakan terhadap pengemudi kendaraan bermotor di Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar.

“Kegiatan ini sangat baik sekaligus mampu mendorong semua pihak untuk ikut mengkampanyekan keselamatan ke masyarakat,” kata Kepala Korlantas Polri Irjen.Pol Condro Kirono yang turut menyerahkan penghargaan bergengsi ini ke AHM, beberapa waktu lalu.

Konsistensi mengedukasi publik, khususnya konsumen sepeda motor, perlu dipertahankan oleh AHM. Tanggung jawab sosial atas bisnis yang digulirkannya di Indonesia perlu diselaraskan dengan kondisi kekinian masyarakatnya. Edukasi atau kampanye yang dilakukan benar-benar tepat sasaran dan dijalankan dengan totalitas. Tak melulu dibalut dengan baju pemasaran, namun sebuah aksi sebagai respek terhadap lingkungan dengan setulus hati seperti jargon AHM, “One Heart” alias “Satu Hati”. (edo rusyanto)

Iklan
One Comment leave one →
  1. 2 November 2014 06:31

    “Ngototnya” AHM dalam soal kampanye keselamatan jalan sangat wajar mengingat masih tingginya keterlibatan sepeda motor MERK HONDA dalam kecelakaan lalu lintas jalan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: