Skip to content

Ditilang, Mengucapkan Terimakasih

1 November 2014

polantas cawang

LALU lintas jalan siang itu macet total. Persimpangan jalan karut marut. Beragam jenis kendaraan terjebak dalam kesemrawutan. Butuh waktu belasan menit untuk akhirnya mencair, walaupun arus kendaraan tetap padat.

Selepas dari persimpangan arus kendaraan mengalir. Situasi ramai lancar dengan terik mentari yang cukup memanggang kulit penunggang sepeda motor. Maklum, cuaca di Jakarta seakan sulit ditebak. Sudah gak zaman lagi pada bulan yang berakhiran “ber”, seperti September dan Oktober, mesti hujan sering turun seperti zaman saya SD tahun 1970-an. Kini kondisinya berubah, barangkali karena tingginya pemanasan global.

Arus kendaraan di jalan arteri atau jalan biasa terlihat padat merayap. Namun, di sisi lain busway terlihat lengang. Kelengangan di busway atau jalur khusus untuk bus Trans Jakarta pun tak berlangsung lama. Puluhan, bahkan ratusan kendaraan pribadi wira-wiri memakainya sebagai alternatif atas kemacetan di jalur biasa. Terlihat ada sepeda motor, mobil pribadi, hingga mobil angkutan barang ramai-ramai menjarah busway. Potret pragmatisnya masyarakat kota.

Nah, situasi menjadi lain ketika menjelang ujung busway yang mendekati perempatan jalan. Tampak sejumlah polisi lalu lintas jalan menghentikan kendaraan yang masuk busway. Mereka tampak menilang kendaraan nakal tersebut. Kami yang antre di jalur biasa hanya senyum kecut melihat aksi sejumlah kendaraan perangsek busway ada yang nekat “melompat” dari jalur tersebut. Mereka tergopoh-gopoh melintasi median jalan agar tidak ditilang.

Saya dan sejumlah pengendara lain tersendat menjelang perempatan jalan dan sejajar dengan mereka yang ditindak petugas tersebut. Hingga suatu ketika ada pengendara motor yang tampil agak berbeda.

“Selamat siang. Anda tahu kesalahannya?” kata petugas kepada pesepeda motor yang merampas busway.

“Siang pak. Saya tahu. Salah masuk ke busway,” kata sang pesepeda motor.

“Coba lihat surat-suratnya, SIM dan STNK.”

“Ini pak.”

Sang petugas pun menulis nama dan nomor kendaraan sang pelanggar di kertas tilang berwarna merah.

“Ini surat tilangnya,” kata sang petugas.

“Terimakasih pak. Bapak sudah menyelematkan saya dari risiko kecelakaan,” sergah sang pesepeda motor.

Sang petugas tampak terpana dengan ucapan sang pesepeda motor. Dan, hampir semua yang ada di dekat pesepeda motor tadi juga terlihat terbengong-bengong. Mungkin bingung dengan ucapan sang pesepeda motor yang mengucapkan terimakasih saat ditilang.

“Dengan bapak menilang saya, bapak sudah menyelematkan saya agar tidak kecelakaan. Saya jadi ingat bahwa melanggar aturan bisa membuka terjadinya kecelakaan,” seloroh sang pesepeda motor tadi.
Sang petugas tersenyum kecil.

Dan, saya pun terbangun dari tidur. Rupanya adegan tadi hanya mimpi. Mimpi bahwa ada pengguna jalan yang sadar bahwa ketika ditilang justru mereka sebenarnya sudah diselamatkan dari potensi terjadinya kecelakaan. Entah kapan timbul kesadaran yang meluas soal makna tilang seperti itu. Saya juga tidak tahu. (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 1 November 2014 21:01

    Kalau itu benar2 mimpi (bunga tidur) anda cukup bagus artikelnya, tapi kalau bikinan/akal2an penulisnya, maka tulisan ini jadi ga bernilai samasekali

  2. angga permalink
    1 November 2014 21:38

    asem kirain beneran wkwkk

  3. 1 November 2014 23:00

    semua berawal dari mimpi.. sebelum ada yang memulai tidak akan terjadi… tapi kalo sudah ada yang mulai.. walaupun dari alam mimpi itulah yang membuat orang termotivasi dan tersugesti untuk melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan.. good luck kawan.. semoga cerita anda ini membuat orang2 itu tersadar..

  4. anom permalink
    2 November 2014 00:55

    Anjing lah, ternyata cuman mimpi. Padahal saya berharap itu kisah nyata.

  5. 2 November 2014 05:26

    kata siapa gan ane pernah ko ditilang bangga dan berterima kasih sama pak polnya…jadi critanya pas plat motor patah blom sempet urus ke polda akhirnya pake plat sementara ASPAL (asli tapi palsu) tapi tetep ya no plat nya sama dengan yg patah,..jadi pas di lampu merah barito ada 3-4 personil lah, nah posisi ane itu sejajar sama 3 motor BM dan motor-motor lain anehnya disana kan banyak anak alay yg boncengan / bwa motor ga pake helm itu ga masalah buat mereka padahal si itu bahaya gan orang ane liat pada ngebut”an..

    nah pas lampu ijo gas ane sengaja pelanin ngalah sama mereka, eyalah dilalahnya emang lagi apes gan ada satu personil yg ketinggalan trus dia si keliatanya mau nyusul temennya yg udah tancap gas dluan,,gtau nya DAMN….tu polisi nikung motor ane !!!! #dalam_hati sue banget ni polisi pake nikung dia kira dia pembalap kali atau tukang rebut pacar orang,,,lah?!?!? and than ditanya lah surat” ane gan alhamdulillah lengkap,tapi sebelom dia nyerocos lebih jauh ane langsung buka omongan aja “iya pak saya salah masalah plat no kan??” dari raut wajahnya mengisyaratkan dia sedang lapar…

    gile tu pak pol…ane si dah nangkep klo doi butuh selembar kertas biru pahlawan berpeci hitam itu… pake acara ngegertak sidang yah??supaya ane kluar duit tilang ditempat…nah karna kebetulan ane belum pernah ikut sidang”an kaya gtu ane stujuin aja mksudnya si buat pengalaman kena tilang ikut sidang…tapi doi agak sedikit ngsih kode supaya jangan sidang biar duitnya lari kekantong,,,enak aja ngasih uang haram ke dia tar ane dosa juga, akhirnya ane maksain ikut sidang…dan sekali lagi dengan muka yg agak kecut dia bilang “Kamu ditilang bangga mana ikut minta di sidang juga emang kamu fikir persidangan tempat main apa??”

    #gubrak : hak saya donk pak mau ditilang trus ikut sidang biar bayarnya ke sana masuk ke kas negara bukan ke kantong pribadi dan ga bakal berkah juga kalo dibawa pulang untuk bapak nafkahin anak istri

  6. anymous permalink
    2 November 2014 12:16

    jancok,banyak bacot kayak anjing

  7. 2 November 2014 18:51

    Walah hanya mimpi ya..

  8. 3 November 2014 08:39

    anjir wkwkwkw….tapi keren abis 😀

  9. 3 November 2014 09:25

    Wah salut buat pengendara nya yang sadar akan kesalahan nya, dan berterima kasih kepada polisi yang bekerja sesuai tugas nya )

  10. 3 November 2014 10:00

    terima kash pak sudah meengecek surat2 saya pak..
    lumayan mau inreyen sim 😀

  11. 3 November 2014 16:08

    sorry promote lagi
    sore all, hari ini ada 6 loker baru, dari perusahaan pabrikasi, dealer alat berat dan migas, banyak posisi dibutuhkan, #lokerkaltim #bpnsmd cek di web aja ya http://kaltimlowongan.com

  12. crystian permalink
    4 November 2014 21:18

    tokodagang.com/toserbaoke

  13. Fandi Valensiano permalink
    14 September 2015 13:36

    ???

Tinggalkan Balasan

