Lanjut ke konten

Gara-gara Lampu Sein Nyaris Senggolan di Jalan

7 Oktober 2014

lampu sein nyala

JALAN raya Jakarta tak ubahnya teka-teki silang. Banyak jawaban yang harus dicari agar semua menjadi lapang. Bedanya, kali ini jawaban harus dicari dari perilaku para pengguna jalannya. Salah tebak, brakkk!!!

Kisah pagi itu di pinggiran Jakarta bisa menjadi pembelajaran. Ketika itu saya melaju sekitar 50 kilometer per jam (kpj). Situasi arus kendaraan tak begitu ramai di jalur satu arah yang saya lintasi.

Menjelang sebuah pertigaan, tampak dua sepeda motor di depan. Satu di kanan dan satu di kiri, saya ada di tengah. Posisi yang di kanan menyalakan lampu sein ke kanan, mudah diterka, dia hendak berbelok arah.

Nah, cerita menjadi lain manakala si penunggang kuda besi di sisi kiri, tiba-tiba mengarah ke kanan. Hanya berjarak tak kurang dari 10 meter dari posisi saya. Praktis harus dilakukan pengereman mendadak untuk menghindari tabrak samping. Sang perempuan yang mengendarai kuda besi itu melenggang tanpa ada rasa bersalah. Walah.

Lampu sein memiliki fungsi cukup penting untuk memberitahu pengendara yang lain. Fungsi utama lampu sein yang amat penting adalah ketika seseorang hendak berbelok. Pengendara yang ada di belakang menjadi tahu pergerakan tersebut.

Jangan kaget kalau urusan memberi lampu sein saja diurus oleh negara. Pemerintah atau negara mengaturnya di dalam Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), pada pasal 112, ayat 1.

Aturan itu menyebutkan bahwa pengemudi kendaraan yang akan berbelok atau berbalik arah wajib mengamati situasi lalu lintas di depan, di samping, dan di belakang kendaraan serta memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan.

Aturan itu juga dilengkapi sanksi seperti tertuang dalam pasal 294, yakni setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor yang akan membelok atau berbalik arah, tanpa memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 112 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu.

Oh ya, ini beberapa manfaat menyalakan lampu sein saat hendak berbelok, terlebih bagi kita para pemotor;

1. Memberitahu niat pengendara untuk berbelok atau berubah arah.
2. Mengurangi potensi pengendara yang hendak berbelok terjebak dalam insiden kecelakaan.
3. Menghindari tabrakan beruntun.
4. Memberitahu untuk mendahului.
5. Memberitahu agar tidak mendahului karena ruang yang ada di depan tidak memungkinkan. Lampu isyarat ini diberikan oleh pemobil yang ingin membantu kendaraan di belakangnya.

Namun, jangan lupa juga setelah berpindah arah atau berbelok, lampu seinnya dimatikan. Kalau terus nyala bisa bikin bingung pengendara yang lain. Apalagi, kalau lampu seinnya nyala dua-duanya. Bikin bingung. (edo rusyanto)

3 Komentar leave one →
  1. 7 Oktober 2014 00:08

    Sering ketemu seinnya kiri beloknya kanan… hadew…

  2. 7 Oktober 2014 00:58

    Reblogged this on PAKET WISATA INDONESIA and commented:
    PAKET WISATA INDONESIA I TOUR WISATA MURAH I JELAJAH NUSANTARA I TRAVEL SENTOSA EXPRESS
    #paketwisataindonesia #wisatajawatimur #paketwisatabali #paketwisatabromo #paketwisatabandung http://www.javatoursurabaya.blogspot.com/
    Sentosa Express menyediakan pilihan paket wisata indonesia yang cukup beragam dari, paket wisata bali, paket wisata bromo, paket wisata bandung dan masih banyak pilihan menarik lainnya Biarkan konsultan perjalanan bisnis kami menangani jadwal Anda , karena Anda punya hal yang lebih penting untuk dipikirkan daripada sibuk mengatur segala sesuatunya dalam perjalanan wisata anda

    Kepuasan anda adalah kebahagiaan kami. Karena itulah kami berusaha melayani anda semaksimal mungkin secara profesional, sehingga anda dapat mewujudkan liburan impian anda. Untuk itu, silakan pilih tujuan dan waktu perjalanan wisata anda, dan kami dari Travel Sentosa Expressyang akan mengurusnya.

    Travel Sentosa Expresssebagai perusahaan biro perjalanan wisata, fokus melayani berbagai keperluan wisata dan kunjungan seperti:

    Paket-paket Wisata Dalam/Luar Negeri
    – Paket Wisata Indonesia
    – Wisata Jawa Timur
    – Paket Wisata Bali
    – Paket Wisata Bandung
    – Paket Wisata Bromo
    – dll
    Kami siap melayani berbagai paket wisata, baik rombongan, keluarga ataupun perorangan.
    Call Us For Information
    (62) 31 91270082
    08989520828
    Pin bb 27C153D6
    #paketwisataindonesia #wisatajawatimur #paketwisatabali #paketwisatabromo #paketwisatabandung
    http://www.javatoursurabaya.blogspot.com/ http://goo.gl/jZPlBS

    CONTACT US / HUBUNGI KAMI :

    • Phone : (+62) 31 – 9127.0082
    • Email : sentosatt@gmail.com
    • Blog : http://javatoursurabaya.blogspot.com
    • Website : http://travelsentosa.com
    • Bbm Pin : 32e 8d 864
    • Line Chat : travelsentosa.com

    paket wisata Indonesia, paket wisata bali, paket wisata bandung, paket wisata bromo, wisata jawa timur

    paket wisata indonesia, wisata jawa timur, paket wisata bali, paket wisata bromo, paket wisata bandung, paket wisata indonesia 2014, paket wisata indonesia murah, wisata indonesia terbaik, wisata alam indonesia, tempat wisata indonesia, info wisata indonesia, wisata indonesia murah, pariwisata indonesia, wisata indonesia yang mendunia, wisata indonesia terindah, harga paket wisata, perjalanan wisata, paket perjalanan, paket tour, objek wisata jawa timur, wisata alam jawa timur, wisata jawa timur dan sekitarnya, peta wisata jawa timur, wisata jawa tengah, wisata jawa timur park 1 dan 2, wisata jawa timur park 1, wisata jawa timur park 2, paket wisata bali 3 hari 2 malam, paket wisata bali 4 hari 3 malam, paket wisata bali murah, paket wisata bali 2 hari 1 malam, paket wisata bali 6 hari 5 malam, harga paket wisata bali, paket wisata lombok, harga paket wisata bali dari jogja, paket wisata bromo 3 hari 2 malam, paket wisata bromo murah, paket wisata bromo sempu, paket wisata bromo ijen, paket wisata bromo batu, hotel bromo, tours bromo, harga paket wisata bromo, paket wisata bandung untuk 2 orang, paket wisata bandung 3 hari 2 malam, paket wisata bandung 2 hari, paket wisata bandung murah, paket wisata pulau tidung, paket wisata bandung jogja, paket wisata bandung pangandaran, paket wisata bandung utara, tour jawa timur, daftar wisata jawa timur, daftar tempat wisata jawa timur, peta wisata jawa timur lengkap,objek wisata bali, peta wisata bali lengkap, wisata kuliner bali, wisata bali murah, peta wisata bali, wisata bali tour, wisata bali terbaru, biaya wisata bromo, rute bromo, wisata bromo jawa timur, wisata alam bandung, wisata kuliner bandung, wisata bandung kawah putih, wisata bandung dan sekitarnya, wisata bandung selatan, peta wisata bandung, wisata belanja bandung, wisata bromo 2 hari 1 malam, sejarah jawa timur, peta jawa timur, peta jawa timur lengkap, budaya jawa timur, rumah adat jawa timur, pakaian adat jawa timur, peta jalan jawa timur, tempat wisata di bali, bali tempo dulu, film bali, sejarah bali, bali kuno, bali post, peta bali, pulau bali, penginapan di bromo, wisata bromo, sejara bromo, bromo hotel, bromo cottage, wisata bandung, penginapan murah di bandung, kuliner bandung, peta bandung, sejarah bandung, bandung lautan api, bandung map, kabupaten bandung, paket wisata surabaya malang, paket wisata surabaya bali, paket wisata surabaya malang bromo, paket wisata surabaya jogja, paket wisata surabaya bandung, paket wisata surabaya thailand, paket wisata surabaya bali 2013, paket wisata surabaya bromo,wisata kuliner surabaya, paket wisata jakarta, paket wisata murah, surabaya tour, travel Surabaya, http://www.javatoursurabaya.blogspot.com/

  3. silvi permalink
    7 Oktober 2014 14:48

    sering banget ngalamin kejadian kyk gini.. ga perempuan, ga laki2.. sering banget ditemui di jalan, sein ke kanan tapi motor minggir ke kiri.. begitu juga sebaliknya.. zzzz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: