Lanjut ke konten

Pejuang Road Safety dari Kalangan Penunggang Kuda Besi

29 September 2014
tags:

sca 2014 foto bareng brifieng

SEMANGAT dan kegairahan terpancar dari sorot mata mereka. Sosok-sosok yang mewakili kelompok para penunggang kuda besi itu duduk rapih di atas kursi yang berjajar. Mereka menyimak, mereka berinteraksi untuk satu tujuan yang sama, esok lebih baik dari hari ini.

Suasana seperti itu yang tampak di lantai dua gedung Adira Insurance, Jakarta Selatan, Sabtu, 26 September 2014. Mereka yang berkumpul itu adalah perwakilan dari 15 kelompok pengguna sepeda motor yang lolos ke babak 15 besar Safety Campaign Award (SCA) 2014 yang digelar Adira Insurance.

Ke-15 kelompok tersebut terdiri atas;

1.Detic
2.HOC (Honda Owners Club)
3.Honda Revo Club DKI Jakarta
4.HSFCI Tangerang
5.IMPI Depok
6.Kulo Biker Sanes Gangster
7.KOSTER (Komunitas Suzuki Thunder)
8.Pulsarian Bekasi
9.Sahid Tourism Riders Community
10.Suzuki Satria F 150 Club Indonesia
11.Tiger Riders Club
12.YMCI Chapter Tangerang
13.YVCI Cikarang Chapter
14.YVCI Jakarta Chapter
15. Honda Vario Club (HVC) Jakarta

“Mereka adalah semifinalis program SCA 2014,” kata Lidiya Tiwow, dari manajemen Adira Insurance, Sabtu pagi itu.

Bagi saya, mereka adalah barisan pejuang road safety. Bagaimana tidak, mereka adalah calon penerima penghargaan SCA 2014 yang dasar utamanya adalah kegiatan mengkampanyekan pentingnya berkendara yang aman dan selamat saat di jalan raya. Setahu saya, ke-15 kelompok penunggang kuda besi memiliki gaya kampanye yang cukup bermutu. Secara substansi, sudah barang tentu mereka terus melakukan improvisasi.

sca brifieng 2014

“Kami akan mengkampanyekan soal keselamatan jalan ke sekolah-sekolah menengah atas,” ujar bro Faiz, dari Honda Owner Community (HOC) saat berbincang dengan saya.

Selain ke sekolah, kampanye keselamatan jalan yang bakal digulirkan ke-15 kelompok itu cukup beragam. Ada yang kepada pengguna jalan secara umum, ke kantor tempat bekerja, ke kampus, hingga ke kalangan komunitas pengguna jalan lainnya.

Ke-15 kelompok ini diberi waktu sekitar satu bulan setengah untuk mengimplementasikan usulan kegiatan kampanye road safety nya. Setelah itu, mereka akan disaring lagi menjadi 10 besar hingga akhirnya dipilih tiga penerima anugerah SCA 2014. “Sebelum dipilih tiga besar, ke-10 kelompok yang lolos itu akan diminta mempresentasikan apa yang sudah dilakukan dihadapan para juri,” sergah Tiwow.

Juri kali ini terdiri atas sang penyelenggara, yakni Adira Insurance, Road Safety Association (RSA), Bikersmagz, dan Sportku.com. Mereka yang mengikuti ajang SCA 2014 ini berasal dari wilayah Polda Metro Jaya, yakni Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Sedangkan penghargaan akan diberikan pada akhir November 2014.

Oh ya, seperti saya pernah tulis. Ke-15 semifinalis ini akan mendapat dana bantuan masing-masing Rp 1 juta untuk mengimplementasikan proposal kampanye mereka. Lalu, untuk tiga terpilih masing-masing berurutan mendapat hadiah Rp 7 juta, Rp 5 juta, dan Rp 2,5 juta. “Plus, mereka mendapat uang subsidi bantuan kegiatan untuk selama tiga bulan sebesar Rp 3 juta,” ujar Tiwow. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. kakaaulia permalink
    29 September 2014 07:42

    Keren Om Edo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: