Lanjut ke konten

Asyiknya Kongkow Bareng FSRJ

27 September 2014

fsrj kopdar sept 2014

SUATU siang sebuah pesan masuk ke ponsel blackberry saya. Setelah dibaca, ternyata berisi pesan siaran (broadcast) BBM dari bro Wisnu. Pria muda penunggang motor Yamaha Vixion itu berujar soal ajakan kopi darat (kopdar) sambil ngulik masalah keselamatan jalan (road safety).

Begini isi broadcast tersebut:

Official Announcement and Invitation.

Kopdar FSRJ (Forum Silaturahmi Riders Jakarta/was: Forum Safety Riding Jakarta)

@Roti Bakar Edi Pasar Minggu
Start from 7:00PM ’till Done…

Topik: Bahasan lebih lanjut ttg pendirian usaha bersama FSRJ dalam hal Safety Riding/Driving School and First Aid+Basic Life Support Course
With:
1. Eyang Yogie Jenggot (Suzuki Safety Riding Instructor and Graha Energy Medical Support).
2. Eyang Edo Rusyanto (Ketum RSA Indonesia)

So…bwt yg mau nambah2 ilmu soal first aid dll…yg ngakunya concern soal safety on the road…Be There or Behind… 🙂

Cheers,
Wisnu Y. Pratama
YVCI-D 066
Suzuki 2Wheels – 666

Cc:
Eyang Edo
Mbah Jenggot
Om Saftari – Saft7.com

Saya sempat membalas BBM tersebut.

“Trims undangannya kawan. Ane baru kelar kerja jam 20-an. Gak apa2 yah.”

Bagi saya ajakan untuk berbagi soal keselamatan jalan menjadi sebuah kebutuhan. Apalagi yang mengundang adalah kolega-kolega saya di FSRJ. Jadilah meluncur ke TKP usai merampungkan pekerjaan malam itu.

Suasana kedai roti bakar cukup ramai. Meja-meja penuh diisi oleh para tamu yang mencari kudapan di penghujung pekan. Saya segera bergabung di meja kolega saya di FSRJ. Tampak sejumlah wajah yang saya kenal sedang asyik berbincang-bincang. Misalnya saja Wisnu, Sontul, Rizki, Yogie, Dito, dan Ridwan. Sesekali diselingi canda tawa.

Perbincangan pun nyerempet pada permasalahan keselamatan jalan. Mulai dari persoalan pentingnya perilaku yang tidak ugal-ugalan di jalan hingga pentingnya kemampuan memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan.

Hingga akhirnya perbincangan masuk ke ranah pembentukan badan usaha dalam bidang keselamatan jalan. FSRJ merasa bahwa perlu adanya gerakan yang profesional dalam mengedukasi publik. “Soal konsep dan seperti apa bentuk badan usahanya masih dimatangkan,” ujar Ridwan.

Terasa mengasyikan kongkow bersama teman-teman yang peduli masalah keselamatan jalan. Sedangkan terkait niat membentuk badan usaha, saya melontarkan pemikiran tentang pentingnya melakukan standardisasi sistem dan standardisasi sumber daya manusia (SDM) sebagai langkah awal. “Untuk tahap-tahap awal bisa saja melakukan sosiliasasi ke sekolah-sekolah,” kata Wisnu.

Malam terus bergulir. Saya pun harus pamit, maklum Sabtu paginya mesti brifieng para semifinalis Safety Campaign Award (SCA) 2014 yang digelar Adira Insurance. Dari kongkow dengan FSRJ kali ini menunjukan satu realita lagi bahwa ada kegelisahan di masyarakat soal pentingnya keselamatan berlalu lintas jalan. Kegelisahan atas bertumbangannya 70-an anak negeri setiap hari akibat kecelakaan di jalan. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. Aa Ikhwan permalink
    27 September 2014 17:50

    ajib

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: