Lanjut ke konten

Fakta Ketiga (Keterlibatan Motor dalam Kecelakaan)

8 September 2014

kendaraan laka 2010 2013 RI

SEPEDA motor menjadi perhatian publik ketika dikaitkan dengan kecelakaan lalu lintas jalan. Selain, tentu saja karena perilaku penggunanya. Coba saja simak di sekeliling kita, kedua hal itu amat mudah kita jumpai.
Secara alamiah sepeda motor lebih rawan terjerembab dibandingkan mobil yang beroda empat atau lebih. Secara alamiah pula, pengguna sepeda motor lebih rawan untuk berbenturan langsung dengan obyek lain dibandingkan dengan pengendara mobil yang dilindungi rangka besi.

Dari tahun ke tahun, jumlah sepeda motor yang terlibat kecelakaan terus meningkat. Wajar saja karena memang populasinya juga terus bertambah. Data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyebutkan, pada 2010 jumlah sepeda motor yang terlibat kecelakaan sebanyak 140.277 unit. Angka itu setara dengan sekitar 70% dari total kendaraan yang terlibat. Sedangkan pada 2012, jumlah motor yang terlibat sekitar 119.560 unit atau sekitar 71%.
Sementara itu, jumlah berbagai jenis mobil yang terlibat kecelakaan sebanyak 54.991 unit pada 2010 (28%). Lalu, pada 2013, sebanyak 48.624 unit (29%).

Nah, biar lengkap mari kita dibandingkan jenis kendaraan yang terlibat dengan populasi kendaraannya. Untuk sepeda motor, pada 2013, prosentasenya sekitar 0,14%. Artinya, sekitar 0,14% sepeda motor terlibat kecelakaan dibandingkan dengan jumlah populasi sepeda motor.

Sedangkan untuk mobil, tentu dari berbagai jenis, terlihat bahwa pada 2013 sebanyak 0,25% terlibat kecelakaan dari total populasi mobil. Ternyata lebih banyak mobil yah?

Selain jenis kendaraannya yang memang lebih banyak terlibat kecelakaan, para pengguna sepeda motor juga menjadi pelaku dan korban yang terbanyak. Sebagai contoh, pada 2013, di Jakarta dan sekitarnya sekitar 52% korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan adalah pesepeda motor. Sedangkan pengguna mobil sekitar 36%. (edorusyanto)


Tiga Fakta Besar Seputar Sepeda Motor di Indonesia

2 Komentar leave one →
  1. 8 September 2014 11:48

    karena populasinya juga banyak plus dengan berbagai macam status sosial dan tingkat pendidikan wajar sih sepeda motor no1 dalam kecelakaan

  2. 8 September 2014 16:49

    Reblogged this on Suetoclub's Blog and commented:
    Tres fact

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: