Lanjut ke konten

Siap-siap Ikut SCA Tahun 2014 Yuk

24 Agustus 2014

sca 2014 banner info

PARA peserta rapat sibuk merumuskan substansi ajang penghargaan bagi kelompok pengguna sepeda motor yang getol kampanye keselamatan di jalan. Kolega saya dari RSA Indonesia, Ivan tampak sedikit mengernyitkan kening untuk membantu kolega saya Tiwow dari Adira Insurance. Setelah melewati pembahasan rutin sekitar satu bulan, jadilah konsep itu “Safety Campaign Award (SCA).”

Semula Tiwow mengusulkan Safety Campaign Competition, namun menurut saya lebih pas bila kompetisi diubah menjadi penghargaan (award). Artinya, pihak Adira selaku penyelenggara berniat memberikan penghargaan kepada para kelompok pesepeda motor. Penghargaan juga bermakna menghargai apa yang selama ini sudah dilakukan kelompok pesepeda motor dalam penyebaran informasi bagaimana berlalulintas jalan yang aman dan selamat.

Ajang SCA tahun 2014 melibatkan empat pihak, yakni Adira Insurance, Road Safety Association (RSA) Indonesia, Sportku.com, dan Bikersmagz. Sedangkan untuk penjurian bakal dilengkapi dengan unsur dari Ditlantas Polda Metro Jaya. “Maklum, ajang kali ini khusus untuk di wilayah Polda Metro yang mencakup Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi,” papar Tiwow, pada awal Agustus 2014 lalu.

Pihak Adira mengaku ajang ini bagian dari upaya mengajak kelompok pengguna jalan, khususnya kalangan pesepeda motor terus mengampanyekan keselamatan di jalan. Maklum, sebelumnya perusahaan asuransi ini juga melakukan hal serupa bagi kalangan pemerintahan daerah, yakni Indonesia Road Safety Award yang sudah bergulir mulai 2013.

Para pengguna jalan, dalam hal ini para pesepeda motor, menurut Tiwow merupakan kelompok yang bersedia meneruskan informasi ke masyarakat. Hasil survey yang dilakukan Adira memperlihatkan bahwa 7 dari 10 responden bersedia meneruskan informasi masalah keselamatan jalan kepada pihak lainnya. Nah, dari 7 yang menyatakan bersedia itu mayoritas adalah kalangan pesepeda motor, yakni sekitar 75%.

Sepanjang pengamatan saya beberapa tahun belakangan ini kelompok pesepeda motor termasuk yang gencar menyosialisasikan keselamatan di jalan. Barangkali karena memang mereka menyadari bahwa kelompok ini rentan atas terjadinya kecelakaan di jalan. Fakta memperlihatkan bahwa sekitar 71% kendaraan yang terlibat kecelakaan di Indonesia adalah kelompok sepeda motor.

sca2014_foto bareng

Nah, SCA 2014 digulirkan di Thamrin City pada Minggu, 24 Agustus 2014 di Jakarta. Sedangkan batas pendaftaran pada 6 September 2014.

Menurut Adira, SCA merupakan ajang apresiasi yang khusus diperuntukkan bagi para bikers yang bergabung dalam komunitas/klub yang aktif dalam melakukan kampanye keselamatan di jalan.

“Penghargaan ini merupakan bagian dari kampanye I Wanna Get Home Safely yang digagas oleh Autocillin – Adira Insurance, bekerja sama dengan Sportku.com, BikersMagz dan Road Safety Association,” kata Tiwow.

Mereka yang berhak mengikuti ajang ini mesti memenuhi beberapa persyaratan yang antara lain, merupakan komunitas/klub bukan merupakan perseorangan, asosiasi, atau perkumpulan sejumlah komunitas/klub. Lalu, pernah melakukan kegiatan yang berhubungan dengan edukasi mengenai keselamatan di jalan atau safety riding ke anggota komunitas atau pihak lain. Untuk urusan yang ini syaratnya paling sedikit pernah melakukan kegiatan dua kali dalam dua tahun terakhir.
Nah, syarat ketiga adalah sekretariat berada di wilayah Jadetabek. Selengkapnya soal persyaratan ini bisa dilihat di http://www.sportku.com/safetyaward sebagai kanal resmi SCA.

Oh ya, ada tiga tahapan yang mesti dilalui oleh peserta SCA. Garis besarnya begini, Tahap Proposal. Setelah melakukan registrasi melalui http://www.sportku.com/safetyaward, komunitas/klub harus membuat proposal satu kegiatan yang berkaitan dengan keselamatan di jalan (road safety). Untuk tahap ini kriteria penilaian mencakup; Public exposure (20%), manfaat & keterlibatan pihak lain (Multiplier Effect) (25%), konsep kegiatan (25%), kegiatan kampanye keselamatan di jalan yang pernah dilakukan sebelumnya (15%), inovasi & keunikan (10%), serta lolos verifikasi kelengkapan administrasi (5%).

Tahap kedua adalah Tahap Implementasi. Pada tahap ini 15 komunitas/klub dengan proposal terbaik yang telah terpilih pada tahap sebelumnya diharuskan mengimplementasikan kegiatan tersebut sesuai dengan proposal yang telah diberikan. Pada tahap ini komunitas/klub diberikan subsidi dana kegiatan sebesar Rp 1 juta untuk implementasi kegiatan.

Selanjutnya akan dipilih 10 komunitas/klub terbaik berdasarkan kriteria penjurian. Oh ya, criteria di tahap ini adalah kesesuaian waktu berdasarkan proposal (5%), public exposure (25%), manfaat & keterlibatan pihak lain (Multiplier effect) (30%), konsep kegiatan (25%), dan keterlibatan anggota (15%).

Setelah melewati dua tahap, selanjutnya masuk ke tahap yang menentukan, yakni Tahap Presentasi. Di tahap ini, ke-10 kelompok pesepeda motor yang lolos diharuskan mempresentasikan kegiatan yang telah dilakukan. Bobot penilaian di tahap ini terdiri atas public exposure (25%), manfaat & keterlibatan pihak lain/multiplier effect (30%), konsep kegiatan (25%), inovasi & keunikan (5%), pengetahuan terkait konsep road safety (10%), dan kemampuan presentasi (5%).

Dari tahap tersebut bakal dipilih tiga terbaik yang bakal mendapat penghargaan SCA 2014. Dan, ini dia, ada hadiah uangnya loh. Hadiah pertama Rp 7 juta, kedua Rp 5 juta, dan ketiga Rp 2 juta.
“Selain itu ada dana subsidi kegiatan untuk tiga bulan masing-masing sebesar Rp 3 juta,” papar Tiwow. Asyikan? Berminat ikut? (edo rusyanto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: