Lanjut ke konten

Relawan RSA Ajak Mudik Selamat

27 Juli 2014

aksi mudik rsa 2014_relawan flyer

LANGIT mendung pekat. Gerimis menyapa bumi. Para relawan Road Safety Association (RSA) Indonesia tak gentar. Mereka terus menjalankan aksi simpatik mudik selamat.

Belakangan sang hujan mengguyur bumi dengan derasnya. Puluhan relawan RSA Indonesia pun memilih berteduh. Ada yang masuk ke tenda posko mudik, sebagian memilih pos polisi kecil. Mereka berhimpitan sambil diterpa angin dan tampias air hujan.

Itulah sepenggal aksi ajakan berlalu lintas jalan yang digelar RSA Indonesia, Sabtu, 26 Juli 2014 sore. Aksi yang bertempat di perempatan Pangkalan Jati, Kalimalang, Jakarta Timur itu merupakan riak kecil dari gelombang besar yang digulirkan RSA Indonesia sepanjang tahun.

Lazimnya aksi simpatik, kali ini puluhan relawan RSA Indonesia juga membentangkan spanduk. Pilihan jatuh di tiga titik Pangkalan Jati yang merupakan kawasan paling ramai di pintu keluar Jakarta menuju pantai utara (Pantura) Jawa. Selain spanduk berisi pesan ajakan keselamatan jalan, relawan juga membagikan selebaran dengan isi yang serupa. Tak hanya itu, relawan juga membagikan peta jalur mudik terbaru edisi tahun 2014. Aksi kali ini ditutup dengan buka puasa bersama di sekretariat RSA Indonesia yang terletak di kawasan Pangkalan Jati, Jaktim.

“Bagi satu lagi mas petanya, untuk saudara saya,” ujar seorang pria bersepeda motor, seraya menjulurkan tangan.

aksi mudik rsa 2014_bentang spanduk

Dia pun akhirnya mendapat dua peta jalur mudik. Saat lampu pengatur lalu lintas berwarna hijau, dia pun melaju sambil tak lupa mengucapkan terimakasih.

Di bagian lain, ada pemudik yang asyik membaca selebaran yang dibagikan. Banyak yang merespons setiap ajakan dari relawan, namun ada yang dingin-dingin saja. Para relawan menebarkan senyum sambil mengucapkan terimakasih.

Relawan yang hadir memiliki latar belakang beragam. Ada yang mahasiswa, pekerja swasta, hingga wiraswastawan. Mereka hadir atas dorongan hati untuk berbagi, saling mengingatkan pentingnya berkendara yang aman dan selamat. Para relawan tidak mendapat bayaran. “Saya pasti ikut aksi simpatik setiap Lebaran,” ujar Ali yang juga pegiat di Kulo Bikers Sanes Gangster (KBSG), saat berbincang dengan saya sore itu.

aksi mudik rsa 2014_bagi flyer

Selain @forumkbsg , tampak juga hadir teman-teman dari @YJOCIndonesia , @Jabric_Jakarta , @YVCIndonesia , dan @KHCC_Official . Mereka bahu membahu saling memompa semangat dan tak bosan mengajak pemudik untuk menguttamakan keselamatan daripada kecepatan yang ugal-ugalan. “Mudik itu pulang kampung, bukan masuk rumah sakkit,” orasi Rio Octaviano, mantan ketua umum RSA Indonesia menggunakan pengeras suara di hadapan para pengguna jalan.

Sementara itu, para relawan yang tidak sempat hadir membantu menyebarkan ajakan mudik selamat dengan caranya sendiri. Mayoritas menggunakan jejaring media sosial berbasis jaringan internet. “Mengingat gak bisa hadir, saya bantu me-repath foto aksi simpatik,” papar Azdi dijejaring media sosial path.

Ya. Indahnya kebersamaan masyarakat dalam saling mengingatkan soal keselamatan jalan terus bergulir. Sekjen RSA Indonesia, Lucky menyebut bahwa sekalipun dianggap kecil apa yang dilakukan hari itu para relawan tetap gigih. Konsistensi dipegang teguh RSA Indonesia untuk terus menggulirkan kampanye keselamatan jalan selama darah mengalir di tubuh.

Persoalan kecelakaan lalu lintas jalan bukan masalah sepele. Saat musim mudik Lebaran 2013 setiap hari 50 pengguna jalan tewas akibat kecelakaan. Sedangkan sepanjang tahun 2013 korban yang tewas setiap harinya lebih besar, yakni 72 jiwa. Saya selalu mengatakan bahwa RSA Indonesia hadir untuk mengajak seluruh bangsa Indonesia terhindar dari petaka di jalan raya. Yuk, mudik selamat. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: