Lanjut ke konten

Wahai Prabowo dan Jokowi

25 Juni 2014

capres baliho prabowo

GEMURUH pemilihan presiden kian membahana. Waktu yang kurang dari 20 hari benar-benar dimaksimalkan oleh tim sukses masing-masing calon presiden (capres). Harapannya pada hari pemungutan suara 9 Juli 2014 bisa meraup suara sebanyak-banyaknya.

Pada pilpres 2014 ada dua pasang capres/cawapres. Nomor urut satu Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, sedangkan nomor urut dua Joko Widodo (Jokowi) dan Muhammad Jusuf Kalla. Keduanya punya program kerja yang relatif sama, yakni mensejahterakan rakyat Indonesia.

Kelak, salah satu pasangan itu bakal memimpin Indonesia untuk periode 2014-2019. Pada mereka kami sandarkan harapan mewujudkan Indonesia yang aman, nyaman, dan sejahtera. Menjadi bangsa yang bermartabat di kehidupan global.

Salah satu kenyamanan dan kesejahteraan yang diharapkan kepada mereka adalah terwujudnya lalu lintas jalan yang humanis. Para pengguna jalan terbebas dari stagnasi arus kendaraan yang bikin stress. Distribusi barang dan jasa mengalir lancar tanpa kutipan biaya siluman yang menggelembungkan biaya produksi. Pada gilirannya konsumen tidak memikul harga yang irasional.

Kesemua itu membutuhkan manajemen transportasi yang andal dengan infrastruktur jalan yang mumpuni. Negara mesti hadir dalam kerangka mewujudkan hal tersebut. Kebijakan yang pro angkutan publik pun mendapat porsi yang dominann. Angkutan umum massal yang aman, nyaman, selamat, tepat waktu, dan terjangkau menjadi sebuah pengharapan. Tentu saja termasuk moda transportasi jalan yang ramah lingkungan.

Di sisi lain, lalu lintas jalan yang humanis membebaskan para pengguna jalannya dari ancaman petaka jalan raya. Indonesia punya catatan kelam untuk soal ini. Bayangkan saja, sepanjang 1992-2013 sebanyak 300 ribuan jiwa anak bangsa akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Belum lagi sedikitnya satu juta orang menderita luka-luka, termasuk cacat tetap. Bahkan, dalam tiga tahun terakhir, rata-rata tiap jam sebanyak tiga anak negeri meregang nyawa di permukaan aspal.

capres baliho jokowi

Negara memang tidak tinggal diam. Belakangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan pada 2011. Dokumen negara itu mematok target penurun fatalitas sebesar 50% pada 2020 terhitung sejak 2011. Basis penghitungan adalah data kecelakaan tahun 2010.

Bahkan, Presiden SBY menelorkan Instruksi Presiden (Inpres) No 4 tahun 2013 tertanggal 11 April 2013 itu diberi nama ‘Program Keselamatan Jalan Presiden Republik Indonesia.’ Kebijakan yang mengikat seluruh pembantu-pembantu presiden itu mesti dimaksimalkan.

Wahai Prabowo dan Jokowi. Kelak bila salah satu diantara bapak-bapak terpilih menjadi Presiden, gencarkan program yang sudah digariskan. Permasalahan utama bangsa kita, yakni konsistensi dan sinergisitas mutlak diwujudkan. Pastikan semua pemangku kepentingan bergerak secara konsisten dan bersinergi. Bukankah abdi negara bekerja untuk semua anak bangsa. Bekerja keras dan cerdas tanpa melihat benderanya merah, biru, hijau, atau kuning.

Selamatkan anak bangsa dari petaka jalan raya. Kematian yang sebanyak tiga nyawa tiap jam merupakan persoalan sangat serius. Terlebih, dampak kecelakaan bisa merembet kemana-mana, termasuk soal produktifitas sumber daya manusia (SDM). Bekerjalah dengan sungguh-sungguh untuk esok hari yang lebih baik.

Sayup-sayup terdengar syair Iwan Fals….masalah moral, masalah akhlak, biar kami, cari sendiri. Urus saja moralmu, urus saja akhlakmu, peraturan yang sehat yang kami mau. (edo rusyanto)

3 Komentar leave one →
  1. 26 Juni 2014 08:39

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  2. 27 Juni 2014 14:50

    Insha Allah di bawah pemerintahan Prabowo – Hatta Indonesia lebih sejahtera 🙂

    http://www.alatuji.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: