Lanjut ke konten

Dirlantas Polda Metro Jaya: Saya Juga Bikers

4 Juni 2014

edo dan dirlantas polda metro jaya 2014

PERAWAKANNYA tegap. Tutur sapanya tegas dengan sorot mata yang tajam. Tapi, sesekali dia tersenyum saat berbincang lebih akrab.

Itulah kesan yang saya tangkap saat pertamakali berbincang secara dekat dengan Komisaris Besar (Kombes) Polisi Restu Mulya Budianto. Dialah sosok yang menjabat selaku Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya sejak Mei 2014.

Siang itu kami berbincang di sela Safety Riding Day 2014 yang digelar di Keong Emas, TMII, Jakarta Timur. Kami bersua karena sama-sama didaulat panitia pelaksana untuk menggelar jumpa pers sekaligus meluncurkan kampanye safety riding dengan menggunakan kartu pos.

Saat itu, Sabtu, 31 Mei 2014, dia tiba di lokasi dengan menunggang sepeda motor BMW bermesin 1.000cc. Tentu saja dikawal oleh para ajudannya.

“Saya ini bikers juga,” sergah Kombes Restu MB saat berbincang dengan saya, Sabtu.

Dia bercerita, kecintaannya pada dunia persepedamotoran salah satunya diwujudkan dengan mengumpulkan penunggang motor trail di kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. Saat itu, katanya, berkumpul sekitar tiga ribu penunggang kuda besi trail. Bahkan, lanjutnya, pada Minggu (1/6/2014), dia berkumpul dengan para penunggang trail di kawasan Gunung Hambalang, Bogor.

Menurut dia, selaku bikers dia tahu bagaimana pendekatan kepada kelompok ini. “Bikers itu juga kan manusia, punya hati,” ujarnya.

Karena itu, lanjut Dirlantas Polda Metro Jaya, untuk meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan, khususnya para pesepeda motor, dia memakai tiga tahap. Pertama adalah langkah preemtif, yakni edukasi. Setelah itu, preventif berupa teguran dan terakhir barulah represif, yakni tindakan berupa tilang.

“Dalam kesempatan seperti Operasi Simpatik Jaya, bobot penindakan tilang sekitar 20%, tapi saat Patuh Jaya jadi 80%,” tegasnya.

Balik lagi soal bikers atau anggota kelompok pengguna sepeda motor, Dirlantas yang berasal dari Kesatuan Brimob ini mengaku ingin lebih dekat lagi. Dia ingin membuat jaringan dan komunikasi lebih dekat lagi dengan para bikers, khususnya mereka yang ada di wilayah Polda Metro Jaya. Sebagai informasi, wilayah di bawah Polda Metro Jaya meencakup DKI Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 4 Juni 2014 05:07

    Wah… mantap ya pal polisinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: