Lanjut ke konten

Enam Bulan, Ganti Rem Depan Byson

26 Mei 2014

penggantian rem depan

SETELAH enam bulan menunggang sepeda motor Yamaha Byson tibalah saatnya mengganti kanvas rem cakram depan, sedangkan rem belakang belum diganti. Biaya penggantian ternyata cukup terjangkau kocek.

“Kalau sekalian dengan ongkos masang Rp 35 ribu pak,” ujar sang mekanik saat saya harga kanvas itu, Minggu (25/5/2014) sore.

Dia menyodorkan kanvas rem bertuliskan bertuliskan ‘Federal Parts’ dan ‘Yamaha’. Kanvas berkemasan berwarna merah itu pun siap dipasang. Tak lebih dari 15 menit, proses pemasangan sudah rampung.

“Umur kanvas ini maksimal tiga sampai empat bulan kalau dipakai terus menerus. Pokoknya tergantung pemakaian,” jelas mekanik tadi, ketika saya tanya apakah kanvas itu bisa bertahan selama satu tahun.

Penggantian kali ini adalah yang pertama sejak sang Byson ditunggangi. Kebetulan, penggantian ini tidak dilakukan di bengkel resmi Yamaha karena pada hari Minggu, bengkel tersebut tutup, libur. Jadilah gantinya di bengkel biasa.
Si kuda besi tunggangan saya rata-rata tiap hari dipakai untuk menempuh jarak sekitar 40 kilometer (km). Jalan yang dilintasi relatif bagus permukaan aspalnya. Pada bagian tertentu ada gundukan ‘polisi tidur’ sehingga mesti rajin mengerem. Lalu lintas jalan yang dilintasi cukup ramai, bahkan pada situasi tertentu seperti saat jam masuk kantor pagi hari atau jam pulang kantor pada malam hari, sering bertemu kemacetan lalu lintas jalan. Praktis, kondisi seperti itu juga mengharuskan rajin membetot tuas rem.

Nah, seringnya pengereman yang dilakukan sepanjang menunggang kuda besi yang rata-rata selama dua jam sehari, membuat umur kanvas rem bisa lebih pendek. Khusus yang bagian depan, penggantiannya lebih awal dibandingkan yang bagian belakang. Bisa jadi hal itu lantaran saat pengereman komposisi lebih banyak ada di bagian depan. Pengereman yang cukup aman dilakukan secara bersamaan, namun porsi rem depan lebih dominan, kira-kira porsinya 70:30. Jadi, gak aneh kalau kanvas rem depan lebih awal penggantiannya yah?
kanvas rem byson

Rem merupakan piranti vital. Rem yang tidak berfungsi dengan baik bisa memicu kecelakaan lalu lintas jalan. Istilah yang sering mengemuka adalah rem blong alias tidak bisa mengurangi kecepatan kendaraan. Data Korlantas Polri menyebutkan, pada 2013, setiap hari rata-rata ada dua kasus kecelakaan lalu lintas jalan yang dipicu oleh rem yang tidak berfungsi dengan baik. Di dalam faktor kendaraan yang memicu kecelakaan, aspek rem seperti itu menyumbang terbesar kedua, yakni 26,64%.

Rasanya menjadi mutlak untuk memeriksa kondisi rem setiap akan berkendara. Sudi meluangkan waktu beberapa menit untuk memeriksa fungsi-fungsi sepeda motor sebelum melenggang di jalan raya. Salah satu yang diperiksa tentu saja fungsi remnya. Masih bagus atau tidak. Tentu, mutlak adanya untuk memeriksa secara rutin ketika sedang menservis kendaraan di bengkel. Sekali lagi, fungsi rem amat vital, masa iya sih mau ngegas terus, bisa nyusruk dong kalau gak direm. (edo rusyanto)

10 Komentar leave one →
  1. 26 Mei 2014 01:05

    wow pakai federal

  2. 26 Mei 2014 05:41

    6 bulan udah dapet berapa KM ya pak?

  3. 26 Mei 2014 05:42

    Saya kira masih naik si old vixion eyang.

  4. Aa Ikhwan permalink
    26 Mei 2014 07:07

    idem eyang, rata2 emang yg depan duluan abis 😀

  5. 26 Mei 2014 13:29

    om gimana kesannya pakai si kebo om..recomended kah trutama untuk jalan jauh??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: