Lanjut ke konten

Motor Honda Paling Banyak Menggerojok Jakarta

19 Mei 2014

jakarta jan apr 2014

DALAM tulisan sebelumnya kita sudah melihat bahwa Jakarta kota ‘sejuta sepeda motor’. Bayangkan, per akhir 2013, di Jakarta dan sekitarnya ada sekitar 12 juta sepeda motor. Menurut Data Ditlantas Podal Metro Jaya, angka itu setara dengan 74,54% dari total kendaraan di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Oh ya, penduduk Jakarta sekitar 10 juta jiwa.

Si roda dua dimanfaatkan untuk beragam tujuan. Sang penunggang terbantu mobilitasnya untuk aktifitas sehari-hari, mulai dari urusan mencari nafkah hingga menuntut ilmu. Bahkan, sepeda motor menjadi alat transportasi untuk rekreasi serta sosialisasi dan interaksi para warga kota.

Sifat sepeda motor yang mampu point to point termasuk menjadi alasan warga kota dalam memilih si kuda besi sebagai alat transportasi. Alasan lainnya adalah dianggap lebih mangkus dan sangkil serta harganya relatif terjangkau dompet masyarakat kebanyakan.

Nah, dalam rentang empat bulan pertama 2014, Jakarta terus digerojok sepeda motor. Mengutip data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), dalam rentang waktu tersebut jumlah sepeda motor yang menggerojok Jakarta hampir 390 ribu unit. Artinya, tiap hari ada 3.200-an motor yang mengguyur Jakarta atau setara dengan sekitar 130-an unit per jam.

Ya. Di Jakarta dan sekitarnya tampaknya sepeda motor masih digemari sebagai alat transportasi. Para produsen dan pemain bisnis sepeda motor faham betul soal itu. Pada rentang empat bulan pertama 2014, Honda menjadi pemain terbesar yang menggerojok pasar di Jakarta dan sekitarnya. Dari hampir 390 ribu unit, Honda mengguyur sekitar 47%, sedangkan Yamaha sekitar 44%.

Pada periode waktu itu, Honda setiap harinya mengguyur pasar Jakarta dan sekitarnya hampir 1.500 sepeda motor. Sedangkan Yamaha sekitar 1.400-an unit.

Secara nasional, wilayah Jakarta menyerap sekitar 14% dari total penjualan sepeda motor anggota Aisi. Pada empat bulan pertama 2014, total sepeda motor yang dijual anggota Aisi di pasar domestik mencapai sekitar 2,7 juta unit. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. 19 Mei 2014 13:28

    wih..beda tipis ma pabrikan sebelah..
    🙂

    http://www.hulssay.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: