Skip to content

Gaya TVS Dongkrak Motor Sport

7 Mei 2014

tvs herry

PERTARUNGAN di segmen sepeda motor sport cukup sengit. Para pemain bisnis sepeda motor melontarkan jurus masing-masing guna memincut hati calon konsumen.

Dari banyak pemain, PT TVS Motor Company Indonesia (TMCI) tak mau ketinggalan untuk ikut icip-icip di segmen motor sport. TMCI yang berprinsipal asal India, menggelontor pasar dengan produk TVS Apache 180. Semula, TMCI punya dua peluru, yakni Apache 160.

“Sejak hadirnya Honda Verza, pasar Apache 160 terkikis sehingga saat ini jualan Apache kami hanya 200-an unit per bulan,” ujar Chief Marketing Officer (CMO) PT TVS Motor Company Indonesia Herry Budijanto Dragono saat berbincang dengan saya di Jakarta, Selasa (7/5/2014) sore.

Untuk itu, lanjutnya, TMCI fokus ke Apache 180. Nah, untuk mendongkrak volume penjualan, manajemen me-repositioning motor itu. “Yakni dari posisioning speed dengan tag line ‘Kencangnya Mendebarkan’ menjadi motor untuk petualangan atau adventure,” kata dia.

Tak heran jika kemudian pada Selasa itu, TMCI menggelundungkan TVS Apache 180 Xventure untuk mendongkrak penjualan di segmen motor sport. Motor yang dibanderol Rp18,430 juta on the road di Jakarta itu digadang-gadang mendongkrak penjualan menjadi 400 unit per bulan pada 2014. “Target 400 unit per bulan memang kecil bila dibandingkan dengan motor-motor berprinsipal Jepang, namun bagi kami itu sudah merupakan angka yang cukup bagus karena sudah dua kali lipat dari penjualan selama ini,” kata Herry lagi.

Sepanjang tiga tahun terakhir, 2012-2014, rata-rata penjualan motor sport TMCI per bulannya masih di bawah 300 unit. Pada 2012, rata-rata per bulan 285 unit, lalu turun menjadi 235 unit pada 2013. Sedangkan untuk tiga bulan pertama 2014 tercatat rata-rata 143 unit. Wajar saja jika target 400 unit tersebut sudah dianggap cukup bagus.

sport 2010 2014

Nah, secara keseluruhan, yakni untuk segmen motor bebek, skutik, dan sport, pada 2014, TMCI menargetkan volume penjualan 30 ribu unit. Menurut Herry, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah jurus untuk mendongkrak penjualan. “Kami menyiapkan beberapa strategi marketing dan penjualan baru, yakni dengan mengedepankan konsep layanan after sales service yang berbeda dengan kompetitornya. Disamping beberapa produk baru yang kami siapkan untuk mengisi ceruk-ceruk pasar (niche market),” katanya.

Sejak Juli 2013, TMCI bermain di tiga segmen motor dari semula hanya menggarap motor bebek dan motor sport. Di segmen motor skutik, TMCI mengusung Dash. (edo rusyanto)

Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: