Lanjut ke konten

Laris Manis R15 dan Fenomena Motor Sport Yamaha

18 April 2014

r15 yamaha sport

MANAJEMEN Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengklaim motor sport Yamaha YZF-R15 laris manis di Indonesia. Sebanyak 1.500 unit motor sport yang ditawarkan via online itu ludes dalam waktu 23 jam pada Selasa, 15 Maret 2014. Wow!

”Harga R15 Rp 28 juta dan uang muka Rp 6 juta cocok dengan kantong penduduk kelas menengah, tambah lagi dengan produk ini yang memang sangat dinantikan, membuat konsumen tidak berpikir panjang untuk membelinya,” ujar Eko Prabowo, general manager Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, dalam publikasinya di Jakarta, baru-baru ini.

Inikah strategi anyar Yamaha di Indonesia dalam mempertahankan hegemoni di segmen motor sport?
Yamaha Indonesia yang dikenal sebagai pemain nomor wahid di segmen motor sport versi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), tentu tak ingin kebobolan di segmen tersebut. Pelajaran berharga sudah dienyam di segmen motor skutik. Ketika Yamaha Indonesia lengah, segmen yang semula digenggamnya, berpindah tangan ke Honda.

Sepanjang Januari-Maret 2014, Yamaha Indonesia memang masih mengantongi pangsa pasar terbesar dengan torehan 45,47%. Raihan tersebut semakin tipis dengan sang kompetitor utama, yakni PT Astra Honda Motor (AHM) alias Honda. Maklum, per akhir Maret 2014, Honda sudah mengantongi 43,38%. Jarak semakin dekat. Mengingat pada periode sama 2013, rentang diantara keduanya cukup lebar. Saat itu, Yamaha mengantongi 53,37%, sedangkan Honda sebanyak 33,75%.

Boleh jadi pergerakan pangsa pasar Honda ditopang oleh bejibunnya peluru yang digelontorkan di pasar Indonesia. Pada 2014, setidaknya Honda memiliki CBR 150, CBR 250, Tiger, Honda New Megapro, CB150 R, dan Verza. Sedangkan Yamaha mengandalkan, New Vixion, Byson, dan Scorpio Z.

Boleh jadi juga ada aspek lain, misalnya, mindset konsumen yang menganggap sepeda motor sport Yamaha lebih ciamik. Tapi, ini tentu amat subyektif. Tergantung selera dan daya beli konsumen.

Yamaha tampaknya tak bisa duduk tenang di segmen motor sport. Sekalipun raihan pangsa pasarnya masih moncer, dari sisi volume penjualan justeru terjadi penyusutan. Simak saja data Aisi per akhir Maret 2014. Yamaha harus puas mencatat penurunan volume penjualan sekitar 2,96%. Sebaliknya, sang kompetitor, yakni Honda, justeru mendongkrak penjualannya hingga 46,42%.

sport jan mar 13 14

Di tengah itu semua, konsumen di Indonesia tampaknya mulai terus melirik segmen motor sport. Setidaknya jika kita melihat data Aisi yang menyebutkan bahwa segmen motor sport kini sudah mencapai 14,37% dari total penjualan motor tiga bulan pertama 2014 yang sekitar 1,99 juta unit. Coba bandingkan dengan torehan periode sama 2013 yang sekitar 12,74%. Bahkan, volume penjualannya pun ikut meningkat, yakni sekitar 13,91% menjadi sekitar 286 ribuan motor. Artinya, setiap hari rata-rata terjual 3.100-an motor sport.

Sinyalemen daya beli masyarakat yang kian meningkat seperti dilontarkan Eko Prabowo boleh jadi amat masuk akal. Saat Yamaha menjual 1.500 unit YZF-R15 dalam waktu singkat, padahal harga per unitnya Rp 28 juta (on the road Jakarta dan sekitarnya), boleh jadi cerminan membaiknya daya beli masyarakat Indonesia. Kelas menengah terus bertumbuh.

Namun, apa dampaknya kehadiran YZF-R15 terhadap penguasaan Yamaha di segmen motor sport? Kita hanya bisa menerka-nerka. Hanya konsumen yang bisa menjawab. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 18 April 2014 12:30

    motor semprot honda,bebek pakek yamaha,tapi kalo matik pasti suzuki

  2. Desuka Buitenzorg permalink
    27 April 2014 10:00

    Ayo,,,, Yamaha,,,, Realisasi kan Slogan Semakin di depan nya,,,, tingkat kan kualitas produk,,, perbesar kuantitas produksi,,, perbanyak Variasi jenis Motor,,, perbaiki pemasaran,,, tingkat kan juga kualitas pelayanan di semua sektor,,,, dan lakukan inovasi terus menerus……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: