Lanjut ke konten

Segmen Motor Sport Digenggam Honda

17 Maret 2014

motor sport jan feb 11 14

HONDA menguasai pangsa pasar sepeda motor sport untuk periode Januari-Februari 2014. Sekalipun, untuk Februari 2014, Yamaha kembali bangkit setelah pada Januari 2014 sempat dilewati Honda. Sementara itu, total volume penjualan motor sport di Indonesia sekitar 174 ribuan unit.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memperlihatkan bahwa pada dua bulan pertama 2014, Honda mengumpulkan pangsa pasar 44,48%. Torehan itu merupakan yang tertinggi sepanjang rentang empat tahun terakhir. Maklum, dari segi volume pun Honda merangsek naik dalam rentang waktu tersebut.

Otot Honda di segmen motor sport Indonesia ada pada CB 150 R dan Honda Verza. Honda CB 150 R yang masuk pasar pertamakali pada Desember 2012 itu langsung tancap gas. Dalam dua bulan pertama 2014, motor bermesin 150 cc ini menyumbang 56,72% penjualan Honda di segmen motor sport. Sedangkan Honda Verza yang merangsek pasar di Tanah Air sejak awal 2013 itu menjadi due tangguh Honda dengan kontribusi 32,65%.

CB 150 R dan Verza menguasai pangsa pasar motor sport di Indonesia masing-masing, 25,23% dan 14,52% per akhir Februari 2014.

Vixion Masih Raja

Di segmen sepeda motor sport, Yamaha Vixion masih terlalu tangguh bagi lawan-lawannya. Dalam periode Januari-Februari 2014, Vixion memimpin pasar motor sport dengan pangsa pasar 38,93%. Raihan itu jauh meninggalkan rival terdekatnya sekalipun, yakni Honda CB 150 R yang mengantongi pangsa pasar 25,23%.
Karena itu, Vixion yang pertamakali masuk ke pasar Indonesia pada Mei 2007 tersebut menjadi andalan Yamaha di segmen motor sport. Sumbangan Vixion kepada total penjualan Yamaha di lini motor sport mencapai 89,21%. Selebihnya dikontribusi oleh Byson (9,77%) dan Scorpio Z (1,03%).

Keperkasaan Vixion mampu menahan gempuran Honda terhadap Yamaha. Maklum, Yamaha hanya menelorkan tiga varian di segmen sport, sedangkan Honda punya enam peluru.

Yamaha mesti ekstra waspada dengan melejitnya CB 150 R dan Verza. Gelagat penggerogotan market share Yamaha di segmen motor sport terasa pada Januari 2014. Saat itu, Yamaha yang mengantngi pangsa pasar 42,03% terlewati oleh Honda yang meraih 45,93%. Namun, situasi berbalik arah pada Februari 2014, Yamaha kembali memimpin dengan torehan 44,73%, sedangkan Honda 43,50%. Secara akumulasi, Honda unggul di penguasaan pangsa pasar motor sport Januari-Februari 2014.

Sementara itu, anggota Aisi lainnya, yakni Kawasaki, Suzuki, dan TVS harus puas berbagi dari sisa pangsa pasar. Januari-Februari 2014, Kawasaki mengantongi 11,60%, Suzuki 0,15%, dan TVS 0,13%. (edo rusyanto)

3 Komentar leave one →
  1. 17 Maret 2014 00:12

    nah ini yang ditunggu

  2. 18 Maret 2014 14:03

    NVL mengini 🙂

  3. 19 Maret 2014 09:16

    lah kok di blog ini lain ya informasinya http://7og4nk.blogspot.com mana yang benar?????

Tinggalkan Balasan ke cihanz Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: