Lanjut ke konten

Peluru Baru Honda untuk Berburu Segmen Bebek

2 Maret 2014

supra x 125 blogger jajal

SANG penguasa bisnis sepeda motor di Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) tak pernah tertidur. Di segmen sepeda motor bebek, anak usaha PT Astra International Tbk ini seperti tak ingin kehilangan tahta.

Pada 26 Februari 2014, penguasa 63,26% pasar motor di Indonesia ini menggelontorkan New Honda Supra X 125 FI. Motor bebek bermesin 125cc itu memperuncing kekuatan motor bebek AHM di kelompok kuda besi bersistem injeksi. Inilah reinkarnasi Honda Supra X 125 PGM-FI yang pertamakali menggerojok pasar domestik pada 2005. Jauh sebelum itu, AHM menelorkan ras Supra pada 1997. Perjalanannya cukup panjang memang.

Supra injeksi wajah baru menjadi peluru kedua yang digelontorkan AHM mengingat pada 9 Januari 2014, penguasa 49% segmen motor bebek di Indonesia itu juga menelorkan Revo injeksi. Jurus melontarkan kuda besi bersistem injeksi bukan sekonyong-konyong turun dari langit. Ada regulasi dari pemerintah yang mewajibkan seluruh produk sepeda motor yang beredar di Indonesia mesti memiliki gas emisi buang yang lebih ramah lingkungan. Saat ini, pilihan jatuh pada sistem injeksi. Oh ya, aturan itu diberlakukan pada 2015 alias tahun depan.

“Kami bertekad menjadikan semua produk motor Hona memakai sistem injeksi pada 2014,” ujar Istiyani Susriyati, Divisi Head Honda Customer Care Centre (HC3) PT Astra Honda Motor (AHM), saat berbincang dengan saya di sela acara blogger menjajal Honda Supra X 125, di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (2/3/2014).

Siang itu belasan blogger alias pewarta warga menjajal kinerja si kuda besi yang pada 2013 menguasai sekitar 22% pasar motor bebek. Kegiatan menjajal didahului dengan penjelasan mengenai Supra X 125 wajah baru dan tanya jawab. “Motornya mantab, enak saat dijajal,” kata Hendrik, salah seorang blogger seusai menjajal.


Raja Motor Bebek

Honda Supra X 125 hingga kini menjadi raja di segmen sepeda motor bebek. Pada 2013, menurut data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), motor ini terjual sekitar 48 unit per jam. Penguasaan pangsa pasarnya mencapai sekitar 22%.

Hanya Jupiter MX milik Yamaha yang bisa mengimbangi sepak terjang sang raja. Jupiter MX pada 2013 menguasai sekitar 14% dengan rata-rata penjualan per jam sebanyak 28 unit.

Pantas saja jika AHM terus meningkatkan kinerja Supra X 125. Misalnya, dalam edisi kali ini AHM melengkapi si kuda besi itu dengan fasilitas mengisi batere untuk ponsel atau gadget lainnya. “Saat ini, gadget sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Kami menyediakan fitur charger di motor untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengisi batere,” kata Ahmad Muhibbuddin, public relations manager PT Astra Honda Motor, di Cibubur.

lima besar bebek 2012 2013

AHM tentu bakal terus merawat konsumen Supra X 125. Tingginya volume penjualan tentu terus menggelembungkan pundi-pundi produsen berlogo sayap tunggal itu. Pada 2013, kontribusi AHM kepada sang induk usaha ternyata cukup signifikan. Lewat penjualan hingga 4,7 juta unit tentu bisa dibayangkan berapa rupiah yang terkumpul. Coba saja hitung, andai memakai rata-rata harga per sepeda motor Rp 10 juta, setidaknya omzet motor Honda pada 2013 sekitar Rp 47 triliun. Nah sebanyak 19% dari segmen motor bebek. Dan, dari total kontribusi segmen bebek, Supra X 125 menyumbang sekitar 48%. Dahsyat kan?!

Sekalipun secara nasional segmen motor bebek terus tergerus oleh segmen motor skutik, AHM yang menguasai sekitar 49% pasar bebek domestik, tentu tak ingin kehilangan tahta. Berbagai jurus terus dikeluarkan untuk merawat loyalitas konsumen. Salah satunya dengan penyegaran dan penambahan fitur-fitur sesuai kebutuhan zaman.
AHM atau Honda memiliki sejumlah peluru di segmen motor bebek, yakni klan Revo, Blade, dan klan Supra X 125. Amunisi AHM itu bersaing dengan sekitar 20-an merek lain yang dibesut lima anggota Aisi dan sejumlah pemain bisnis motor di luar Aisi.

Oh ya, saat ini, segmen bebek tinggal 22%, coba bandingkan saat era motor skutik baru muncul pada 2005, dimana bebek masih bercokol di angka 92%, sedangkan skutik baru 0,2%. (edo rusyanto)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: