Lanjut ke konten

Harapan Buat Presiden Soal Pelopor Keselamatan Jalan

24 Januari 2014

pelopor keselamatan jalan_kaos1

SUASANA di ruang Cakra, lantai tiga gedung TMC Polda Metro Jaya dipadati peserta rapat. Peserta yang hadir membludak. Bukan hanya dari tuan rumah, yakni Direktorat Lalu Lintas Polri Daerah Metro Jaya, tapi juga dari segenap elemen.

Diantara yang hadir, Kamis (23/1/2014) pagi itu, saya lihat ada kepala dinas perhubungan, utusan pabrikan otomotif, perusahaan asuransi, komunitas otomotif, hingga lembaga swadaya masyarakat (LSM) Road Safety Association (RSA) Indonesia.

Rapat yang dipimpin Direktur Lalu Lintas Polri Daerah Metro Jaya, Kombes (Pol) R Nurhadi Yuwono ternyata sebagai persiapan menuju gelaran nasional pada Minggu (26/1/2014). “Presiden akan mencanangkan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas,” kata Dirlantas.

Seremonial yang ditaksir bakal dihadiri ratusan undangan VIP dan 25 ribu massa bertempat di Bundaran HI, Jakarta Pusat. Pergerakan peserta bakal dari dua titik, yakni Senayan dan Monas. Peserta akan berjalan kaki hampir empat kilometer yang dari arah Senayan, menuju lokasi pencanangan. Pasti ramai. Maklum, pada Minggu biasanya kawasan Bundaran HI, yang dihubungkan oleh Jl Jenderal Sudirman dan Jl MH Thamrin, menjadi ajang Hari Bebas Berkendara (car free day). Tidak boleh ada kendaraan bermotor yang melintas hingga pukul 11.00 WIB.

Lantas, apa esensi pencanangan tersebut? Apa yang hendak diperbuat setelah pencanangan? Haruskah kita berpangku tangan ketika melihat tiga nyawa bergelimpangan di jalan setiap jam akibat kecelakaan?

Tulisan ini hanya secuil harapan dari rakyat kecil bagi Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang bakal mencanangkan gerakan nasional tersebut. Sebuah harapan yang lahir dari amatan dan pengalaman keseharian.

1. Pencanangan Gerakan Nasional menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh para pemangku kepentingan agar serius mengampanyekan kesadaran berkendara yang aman dan selamat di Indonesia.

2. Presiden lebih serius dalam menangani masalah keselamatan jalan di Indonesia, khususnya dalam memimpin sepak terjang para pemangku kepentingan yang ada di bawah kendalinya.

edo rio dan dirlantas pmj_1

3. Presiden menjadi komando yang bisa mensinergikan secara maksimal para pemangku kepentingan, mulai dari badan perencana pembangunan nasional, kementerian perhubungan, kementerian pekerjaan umum, kementerian kesehatan, kementerian perindustrian, kementerian pendidikan nasional, hingga kepolisian Republik Indonesia.

4. Presiden harus mampu menggerakan para pemangku kepentingan tersebut agar lebih konsisten dan tersinergi tanpa basa basi.

5. Presiden agar lebih mampu mendorong terciptanya penegakan hukum lalu lintas jalan yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu.

6. Presiden dan jajarannya sudi menjadi figur teladan di jalan raya menuju cita-cita bersama, yakni jalna raya yang humanis.

7. Presiden mesti mampu menggerakan seluruh elemen bangsa, termasuk kalangan badan usaha milik negara agar lebih gencar mengampanyekan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat.

8. Presiden mesti mampu mengajak masyarakat dan seluruh warga negara Indonesia untuk lebih bermartabat saat berlalu lintas jalan.

Seremonial demi seremonial yang sudah dan akan dilakukan semestinya lebih memiliki keluaran yang konkret. Terus menggelorakan kesadaran berlalu lintas jalan yang aman dan selamat di kalangan para pengguna jalan. Sinergi mesti lebih solid di kalangan para pemangku keselamatan jalan.

“Ya. Kampanye harus terus dilakukan. Kampanye keselamatan jalan tidak boleh pernah berhenti,” kata Dirlantas.

Setuju pak. Tapi peran kepolisian juga mesti konkret dalam mewujudkan itu semua termasuk dalam penegakan hukum yang tegas, konsisten, kredibel, transparan, dan tidak pandang bulu. (edo rusyanto)

6 Komentar leave one →
  1. 24 Januari 2014 00:15

    smeoga

  2. 24 Januari 2014 00:40

    mantabhhh

    monggo yang mau ber opini soal otomotif di indonesia
    http://www.otomotifzone.com/2014/01/23/rubrik-opini-otomotif-di-otomotifzone-com/

  3. Rimawan48 permalink
    24 Januari 2014 08:25

    mbah , KBSG JAKARTA ikut turut serta di acara tersebut eyang , kita akan bentang banner lagi ..

Trackbacks

  1. setia1heri.com dukung gerakan nasional pelopor keselamatan berlalulintas | setia1heri.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: