Lanjut ke konten

Makin Bejibun Kendaraan Kita

8 Januari 2014

penjualan motor mobil 2008 2013

INDONESIA memang memikat bagi para produsen kendaraan bermotor. Tak heran jika para pabrikan dari berbagai penjuru dunia rela merogoh kocek triliunan rupiah untuk membangun pabrik perakitan di Nusantara.
Tren penjualan kendaraan bermotor, entah itu sepeda motor maupun mobil, belakangan ini terus meningkat. Pada 2011, Indonesia mencatat rekor baru di penjualan sepeda motor, yakni menyentuh angka delapan juta unit. Angka itu merupakan puncak sepanjang sejarah penjualan sepeda motor di Indonesia. Begitu juga dengan penjualan mobil yang menorehkan angka nyaris sembilan ratus ribu unit.
Setahun kemudian, penjualan mobil mencetak rekor baru, yakni 1,1 juta unit, sedangkan penjualan motor melorot sekitar 7,1 juta unit. Namun, memasuki 2013, penjualan mobil kembali menggeliat, yakni menjadi sekitar 1,2 juta unit. Begitu juga sepeda motor yang ditaksir menyentuh berkisar 7,6-7,7 juta unit.
Bagaimana dengan tahun ini? Tahun 2014, penjualan kendaraan bermotor diprediksi meningkat. Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memperkirakan ada peningkatan sekitar 5% menjadi sekitar delapan juta unit sepeda motor yang bakal merangsek pasar Indonesia pada 2014. Sedangkan untuk mobil, pengamat otomotif memperkirakan bakal stabil di angka 1,2 juta unit.
Tuh kan, pasar kendaraan bermotor di Indonesia masih cukup seksi. Artinya, kendaraan pribadi masih menjadi alternatif favorit dalam menopang mobilitas masyarakat. Barangkali kendaraan pribadi dianggap sebagai solusi yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhan transportasi, ketimbang angkutan umum missal. Barangkali loh yah. Tapi, bagaimana realitanya? (edo rusyanto)

4 Komentar leave one →
  1. Aa Ikhwan permalink
    8 Januari 2014 13:31

    wow

  2. 8 Januari 2014 17:36

    Tidak dibiasakan angkutan umum dan jalan kaki

  3. 13 Januari 2014 18:25

    seharusnya di indonesia ini harus ada pembatasan kendaraan…jika tidak mungkin puluhan tahun kemudian indonesia akan jadi sampah otomotif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: