Lanjut ke konten

IRSA dan Kota-kota ‘Teraman’ di Indonesia

12 Desember 2013

irsa 2013 undangan

INDONESIA masih bergulat dengan problema di jalan raya. Tiap hari, 300-an kasus tabrakan mewarnai jalan-jalan di Tanah Air. Buahnya pahit. Ratusan orang luka-luka dan 80-an meregang nyawa. Indonesia darurat jalan raya!

Peran pemerintah daerah (pemda) amat vital dalam mewujudkan lalu lintas jalan yang aman dan selamat. Tentu termasuk untuk mengurangi fatalitas kecelakaan di jalan. Lewat perpanjangan tangannya, seperti dinas perhubungan dan dinas pekerjaan umum, pemda bisa menopang upaya mewujudkan jalan raya yang minim fatalitas kecelakaan. Tentu, butuh sinergi solid dengan kepolisian setempat dalam menegakkan ketertiban berlalu lintas jalan. Maklum, mayoritas pemicu kecelakaan adalah faktor manusia, khususnya perilaku tidak tertib saat berkendara.

Kegairahan pemda dalam menerapkan manajemen keselamatan jalan perlu terus didorong. Terlebih, dalam instruksi presiden (Inpres) No 4/2013 tentang Keselamatan Jalan setiap pemda berkewajiban membuat program keselamatan jalan.

“Lewat Indonesia Road Safety Award (IRSA) diharapkan bisa menggugah para pemimpin daerah untuk meningkatkan keselamatan jalan,” ujar Iskandar Abubakar, ketua dewan juri IRSA 2013, dalam acara pemberian penghargaan, di Balai Sudirman, Jl Dr Sahardjo, Jakarta Selatan, Rabu, 11 Desember 2013 siang.

IRSA merupakan hasil kerjasama Majalah Swa dengan PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Program itu merupakan penghargaan atas program dan kebijakan pemda dalam mendukung keselamatan lalu lintas jalan di kotanya masing-masing.

Penghargaan diberikan setelah sebelumnya dilakukan serangkaian kegiatan. Berbasis data fatalitas kecelakaan lalu lintas jalan yang dilansir Korlantas Mabes Polri, panitia menggelar focus group disscusion (FGD). Peserta FGD mencakup pihak Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, pakar, dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti Road Safety Association (RSA) Indonesia dan Global Road Safety Partnership (GRSP) Indonesia.

“Kami berharap kegiatan seperti IRSA bisa meminimalisir kecelakaan di jalan raya,” kata Presiden Direktur Adira Insurance Indra Baruna, dalam sambutan, Rabu.

Persoalan kecelakaan lalu lintas jalan memang bukan semata permasalahan Indonesia. Menurut Graham, dari World Health Organization (WHO), tahun lalu, di dunia sebanyak 1,3 juta jiwa tewas akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

irsa 2013

Karena itu, WHO mengajak pemerintah di seluruh dunia untuk melakukan kampanye keselamatan jalan. “Kami mengkampanyekan keselamatan jalan seperti pemakain helm, seatbelt, kecepatan tinggi, dan tidak mabuk saat berkendara,” ujarnya saat memberi sambutan di IRSA.

Kota-kota ‘Teraman’

IRSA tahun 2013 memilih tiga kota sebagai yang ‘teraman’ jalan rayanya. Untuk kategori Kota Metropolitan adalah Kota Bekasi (Jawa Barat). Lalu, untuk kategori Kota Besar adalah Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Kota Sedang adalah Probolinggo (Jawa Timur).

Ketiga kota tersebut merupakan pemenang dari 10 kota finalis IRSA 2013, yakni Kota Tangerang, Semarang, Bekasi, dan kabupaten Bekasi untuk kategori kota metropolitan. Lalu, kategori kota besar yakni kota Balikpapan, Pekanbaru, dan Bogor. Sedangkan kategori Kota Sedang adalah kota Probolinggo, Bontang, dan Tarakan.

Penilaian terhadap kota-kota tersebut berdasarkan kriteria WHO tentang lima pilar keselamatan jalan, yaitu safer user (pengguna jalan), safer management (manajemen transportasi), safer road (keamanan jalan), safer vehicle (kendaraan yang aman), dan post crash response (penanganan terhadap kecelakaan).

Sedangkan untuk survey ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 14 Desember 2013 00:19

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Trackbacks

  1. IRSA dan Kota-kota Teraman di Indonesia - Usum News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: