Lanjut ke konten

Di Bogor, Inden Moge CBU Yamaha Bermunculan

22 November 2013

moge yamaha vmax direksi yamaha

GENDERANG perebutan sepeda motor importasi utuh alias completely built unit (CBU) di Indonesia kian riuh. Kehadiran empat motor gede (moge) CBU Yamaha yang diperkenalkan ke publik pada Jumat, 22 November 2013 siang, menambah riuh rendah penjualan sepeda motor di Tanah Air.

Keempat moge Yamaha itu, terdiri atas Yamaha YZF-R1 (998 cc), Yamaha YZF-R6 (599 cc), VMAX (1.678 cc), dan TMAX (530 cc). Harga yang dibanderol tentu saja tidak main-main, yakni YZF-R1 seharga Rp 350 juta per unit, YZF-R6 seharga Rp 235 juta, VMAX Rp 500 juta, dan TMAX Rp 185 juta. Tentu ada isyarat tertentu dari peluncuran empat moge Yamaha tersebut. “Yamaha siap menggempur pasar sport Tanah Air dengan kualitas dan keunggulan tak tersaingi. Dan, bukan tanpa alasan 4 CBU itu yang dipilih untuk ditransfer dari luar,” ujar manajemen Yamaha di Indonesia dalam publikasinya di Jakarta, Jumat.

Respons pasar mulai berdenyut. Di Bogor, Jawa Barat lewat dealer Mekar Motor, konsumen yang memesan tercatat sebanyak empat orang. “Ada pemesanan empat unit tipe R1 dan R6,” ujar Ryan Saputra, direktur PT Mekar Karya Pratama yang menaungi Mekar Motor Bogor dan Mekar Motor Bintaro, saat berbincang dengan saya di sela peluncuran empat moge Yamaha di Jakarta, Jumat.

Dia optimistis respons pasar masih cukup bagus pada tahun depan. Sepanjang sepuluh bulan 2013, Mekar Motor mencatat peningkatan penjualan sekitar 33% jika dibandingkan periode sama 2012. “Tiap bulan, rata-rata sekitar 400 motor,” katanya.

Manajemen Yamaha di Indonesia menjelaskan bahwa penjualan untuk keempat moge itu masih difokuskan di Jakarta dan sekitarnya via Flagship Shop Yamaha Jakarta di Jalan Letnan Jenderal Soeprapto No 402 Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Selain itu, selama 30 November sampai 24 Desember 2013 konsumen dapat membeli di dome yang ditempatkan di area luar Plaza Senayan, Jakarta. “Lalu mulai 2014, Flagship Shop Yamaha Bali pun sudah menjualnya,” kata Dyonisius Beti, wakil presiden direktur PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat meluncurkan keempat moge itu di Jakarta, Jumat.

Untuk urusan motor sport, Yamaha memang masih menguasai penjualan di Indonesia. Setidaknya, sepanjang Januari-Oktober 2013, Yamaha memimpin pangsa pasar dengan porsi 49,67%. Dari segi volume, Yamaha mencatat peningkatan 16,37% menjadi 440 ribuan unit jika dibandingkan periode sama 2012.

Kehadiran empat motor CBU itu tentu tidak terlalu besar mendongkrak penjualan segmen motor sport Yamaha di Indonesia. Maklum, pasar domestik masih didominasi kelas 125-250cc, persisnya tipe motor bermesin 150cc. “Penjualan moge CBU unit hanya sedikit, sekitar 91 unit pada dua bulan terakhir 2013 ini,” ujar Dyonisius Beti.

moge yamaha r1 2013

Sedangkan kontribusi motor CBU terhadap total penjualan motor di Indonesia juga tergolong kecil jika dibandingkan dengan produk completely knock down (CKD). Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memperlihatkan, sepanjang Januari-Oktober 2013, keenam anggotanya hanya melego 44 ribuan motor CBU. Artinya, angka itu setara dengan sekitar 0,68% dari total volume penjualan anggota Aisi yang mencapai 6,53 juta unit.

Namun, jika dibandingkan dengan periode sama 2012, volume penjualan motor CBU besutan anggota Aisi melonjak sekitar 49%. Dahsyat! Jika pada periode sepuluh bulan 2012 hampir 30 ribu unit, kini mencapai sekitar 44 ribuan unit. Sedangkan dari sisi kontribusi terhadap total pasar Aisi, motor CBU pada 2012 menyumbang 0,50%.

Data Aisi memperlihatkan, sepanjang Januari-Oktober 2013, penjualan motor CBU didominasi oleh motor besutan Kawasaki, yakni mencapai 68,85% dari total motor CBU. Di belakangnya ada Honda (29,18%) dan Suzuki (1,97%).

Tiga produk motor CBU besutan Honda adalah PCX 150cc, Honda CBR 150, dan Honda CBR 250. Sedangkan besutan Suzuki terdiri atas Inazuma dan Skywave 250. Sementara itu, hampir semua motor sport yang dilego Kawasaki di Indonesia merupakan produk CBU. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: