Lanjut ke konten

Tiap Hari, 12 Ribuan Motor Honda Geruduk Pasar

7 Oktober 2013

skutik honda di pabrik ahm1

RASANYA bisnis sepeda motor di Indonesia masih cukup gurih. Sepanjang Januari-September 2013, tak kurang dari 5,8 juta motor menggeruduk pasar domestik. Artinya, tiap hari ada sekitar 21 ribuan motor atau nyaris seribu motor dalam tiap jam. Dari jumlah tersebut, Honda menggerojok pasar sebanyak 12 ribuan motor per hari atau 500-an motor per jam.

Oh ya, total volume penjualan sepeda motor dalam sembilan bulan 2013 naik sekitar 7,82% jika dibandingkan dengan periode sama 2012. Lantas, wilayah mana saja yang paling banyak menyerap penjualan sepeda motor?

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) memperlihatkan bahwa pasar di Jawa masih paling seksi. Jawa menyumbang sekitar 64,29% terhadap total penjualan motor di Indonesia. Per akhir September 2013, sekitar 3,7 juta motor diserap pasar pulau berpenduduk lebih dari 120 juta jiwa itu. Artinya, di Jawa setiap hari, rata-rata ada sekitar 13 ribuan motor yang menggerojok pasar. Angka itu setara dengan 500-an motor per jam.

Volume penjualan sepeda motor di Jawa dalam periode sembilan bulan 2013 ternyata melonjak sekitar 21,92%. Pada periode sama 2012, volume penjualan motor di Jawa sekitar 3,06 juta unit atau 11 ribuan unit per hari. Tahun lalu, kontribusi Jawa sekitar 56,86% dari total pasar pada sembilan bulan 2012.

Di luar Jawa, wilayah yang cukup banyak menyerap sepeda motor adalah Sumatera dan Kalimantan. Sepanjang Januari-September 2013, Sumatera berkontribusi sekitar 17,19% atau hampir sejuta unit. Sedangkan Kalimantan menyumbang 7,62% atau sekitar 440 ribuan unit.

Honda Masih Dominan

Dalam rentang sembilan bulan 2013, Honda masih mendominasi pasar domestik dengan total volume penjualan sekitar 3,49 juta unit. Artinya, Honda menggerojok pasar sebanyak 12 ribuan motor per hari atau 500-an motor per jam. Per akhir September 2013, Honda menguasai 60,12% pangsa pasar Indonesia. Dahsyat!

Jika dibandingkan periode sama 2012, Honda mampu mengerek volume penjualan hingga 13,39%. Sedangkan dari segi pangsa pasar, Honda mampu meningkatkan secara signifikan, maklum pada tahun lalu sekitar 57,16%. Tahun lalu, Honda mengguyur pasar sekitar 12 ribuan motor per harinya. Angka itu setara dengan 520-an motor dalam tiap jam.

Sementara itu, sang kompetitor Honda, yakni Yamaha volume penjualannya hanya mampu naik tipis, yaitu sekitar 1,78%. Per akhir September 2013, Yamaha mengantongi volume penjualan sekitar 1,87 juta unit. Artinya, Yamaha mengguyur hampir 7.000 motor dalam sehari ke pasar Indonesia.

Sekalipun mampu naik tipis volume penjualannya, Yamaha justeru menorehkan penurunan pangsa pasar. Jika pada sembilan bulan 2012 masih mampu mengantongi 34,25%, kini pangsa pasar Yamaha tercatat 32,33%. (edo rusyanto)

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: