Lanjut ke konten

Kopdar Pengicau Soroti Keselamatan Pemudik

27 Juli 2013

kopcau poster mudik anak 2013

KECELAKAAN lalu lintas jalan saat arus mudik dan balik Lebaran masih tergolong tinggi. Tahun 2012, rata-rata sekitar 50-an jiwa tewas akibat kecelakaan. Di sisi lain, para sepeda motor merupakan kendaraan yang paling dominan terlibat kecelakaan. Data Kepolisian Republik Indonesia menyebutkan, keterlibatan sepeda motor sekitar 70%.

Perlu keterlibatan semua pihak, terutama dari kalangan pemudik itu sendiri untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan. Bagi para pesepeda motor, selain mesti mempersiapkan kendaraannya, juga mesti mempersiapkan diri secara matang sebelum berkendara. Di sisi lain, beban kendaraan juga harus diperhitungkan secara masak-masak. Jangan sampai, kendaraan dibebani oleh bobot yang bisa mengganggu pengendara menunggang si kuda besi.

Aspek manusia memang masih dominan mengontribusi terjadinya kecelakaan saat di jalan. Kelelahan dan rasa kantuk merupakan dua elemen yang paling besar mengganggu konsentrasi saat berkendara. Perjalanan yang jauh hingga ratusan kilometer dan pengendara yang kurang tidur bisa memicu terjadinya kecelakaan.

Di tengah itu semua, Kopdar Pengicau (Kopcau) selaku komunitas para admin twitter terpanggil untuk saling mengingatkan soal risiko berkendara dengan membawa beban berlebih. Apalagi, jika saat mudik terpaksa berkendara lebih dari dua orang yang komposisinya terdiri atas bapa, ibu, dan anak.

Lewat poster yang menjadi ciri khas Kopcau, diharapkan bisa mengingatkan para pemudik agar lebih waspada saat berkendara. Mengelola manajemen perjalanan yang pas sehingga konsentrasi terus tetap terjaga. (edo rusyanto)

2 Komentar leave one →
  1. 27 Juli 2013 20:27

    beruntung sekarang banyak mudik bersama, setidaknya sudah mengurangi kecelakaan

    http://awansanblog.wordpress.com/2013/07/27/ketika-ninja-250-merumput-apa-komentarmu/

Trackbacks

  1. Kopdar Pengicau Soroti Keselamatan Pemudik - Usum News

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: