Lanjut ke konten

Melanggengkan Sinergi Mudik

23 Juli 2013

edo metro tv

PELAKSANAAN program transportasi selama arus mudik dan balik Lebaran biasanya gegap gempita. Para pemangku kepentingan (stakeholder) keselamatan jalan antusias melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Mulai dari kementerian perhubungan (kemenhub), kementerian pekerjaan umum (kemen pu), Kepolisian RI, hingga para pemerintah daerah (pemda).

“Tahun 2013, kami perkirakan ada sekitar 24 juta orang yang bergerak selama arus mudik,” ujar Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono, saat berbincang di talkshow Economic Challenge, Metro TV, Jakarta, Senin (22/7/2013) malam.

Dia berkata, negara peduli terhadap keselamatan para pengguna jalan. Negara juga berharap tidak ada korban nyawa dalam lalu lintas jalan.

Dari data yang dipublikasikan selama ini, menurut saya, dalam arus mudik dan balik Lebaran, tingkat fatalitas justeru menurun jika dibandingkan dengan rata-rata sepanjang tahun. Sebagai ilustrasi, pada 2012, rata-rata per hari sepanjang arus mudik dan balik Lebaran sekitar 50-an jiwa tewas akibat kecelakaan di jalan. Periode mudik dan balik tersebut mencakup h-7, h+7, h1, dan h2 Lebaran. Namun, dalam rentang rata-rata per hari sepanjang tahun, korban tewas mencapai sekitar 80-an jiwa per hari.

“Artinya, angka rata-rata korban tewas selama arus mudik lebih rendah sektiar 37% jika dibandingkan rata-rata sepanjang tahun,” kata saya dalam acara yang sama bersama Wamenhub.

Lantas, kenapa bisa begitu?

Saya memperkirakan hal itu karena para stakeholder cukup serius dan bersinergi dengan apik. Selain itu, para korporasi, masyarakat, bahkan hingga media massa, menumpahkan energinya menyoroti arus transportasi selama mudik. Media massa bahkan hingga mengerahkan helikopter dan mengirim pemancar bergerak untuk bersiaran langsung.

Pertanyaannya, apakah keseriusan dan sinergi apik itu bisa dilanggengkan dalam keseharian sepanjang tahun? (edo rusyanto)

foto:shasya

One Comment leave one →
  1. 24 Juli 2013 08:41

    wah berat tuh mbah, karena kegiatan ini sarat unsur iklannya.
    Bagi yang terpaksa mudika pake motor, mungkin bisa diskusi disinihttp://motogokil.wordpress.com/2013/07/23/mudik-naik-motor-apa-yang-harus-diwaspadai-di-jalan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: