Lanjut ke konten

Cegah, Korban Bergelimpangan di Jalan

14 Juli 2013

KOPDAR Pengicau (Kopcau) tergelitik untuk peduli keselamatan pemudik Lebaran. Setidaknya lewat gagasan via poster di dunia maya dengan substansi berupa ajakan agar lebih waspada berkendara saat mudik. Maklum, sekitar 70-an% kendaraan yang terlibat kecelakaan saat arus mudik dan balik Lebaran 2012 adalah sepeda motor.

Lahirnya ide poster ke-9 Kopcau itu, melalui proses diskusi cukup serius walau dikemas informal dalam kopdar di Jakarta, Jumat (12/7/2013). Sejumlah gagasan mengalir, mulai dari soal visual hingga kalimat yang pas. Kalimat yang diharapkan bisa mengingatkan para pemudik agar lebih memprioritaskan keselamatan di atas segalanya.

Ada yang mengusulkan visual maraknya pemudik bersepeda motor yang membawa banyak barang. Ada juga yang melengkapi usulan dengan visual pesepeda motor yang berhimpitan antara anak dan orang tua di dalam satu sepeda motor.

Sedangkan untuk kalimat di poster mencuat gagasan, ‘Jangan jadikan anak sebagai tameng’. Lalu, ‘Selamatkan anak-anak saat mudik’. Usulan lain, ‘Cegah korban kecelakaan saat mudik’.

Setelah melewati obrolan yang diselingi menyeruput teh manis hangat, Kopcau sepakat untuk pengerjaannya diemban oleh Sist Dee. Lazimnya kelahiran poster-poster sebelumnya, Sist Dee dibantu oleh bro Dest. Bahu membahu merapihkan desain poster.

Akhir, Sabtu (13/7/2013) poster yang ditunggu pun rampung. “Sudah launch-yah poster ke-9 Kopcau,” ujar bro Iful, dalam grup whatsapp Kopcau, Sabtu malam.

Bergulir harapan, substansi poster itu bisa menginspirasi banyak orang agar memprioritaskan keselamatan saat berkendara di ajang mudik dan balik Lebaran. Kita semua punya harapan yang sama, perjalanan aman, nyaman, dan selamat. (edo rusyanto) fokus berkendara, tanpa berponsel sambil berkendara

3 Komentar leave one →
  1. cah ndeso permalink
    14 Juli 2013 07:25

    sangat menyentuh…

  2. 14 Juli 2013 12:50

    sip mbah… jangan harap hirit jadi ngeret..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: