Lanjut ke konten

Go Safety and Go Green di Cibubur

2 Juni 2013

edo di ppm 2013

Ku benci libas trotoar, itu sikap arogan.
Ku benci juga untuk lawan arus, itu kan sikap arogan.
Lawan, lawan, lawan sekarang
Lawan sekarang sikap arogan

HIJAUNYA pepohonan di kawasan Buperta, Cibubur, Jakarta Timur memberi warna tersendiri. Syair lagu di atas dengan lantang disuarakan para peserta. Sedangkan di luar ruangan, semilir angin membelai pada Sabtu (1/6/2013) siang.
Itulah suasana di salah sudut Taman Lalu Lintas, Buperta, Cibubur. Tampak berkumpul puluhan anggota kelompok sepeda motor. Mereka dalam satu tujuan, mengikuti kegiatan bertajuk ‘Go Safety, Go Green’.

“Saya datang kesini selain mencari teman juga mau ikut pelatihan safety riding,” kata seorang dari komunitas sepeda motor di Jakarta, saat berbincang dengan saya.

Tiga puluhan peserta dari beragam komunitas/klub motor di Jakarta, Bekasi, Medan berbaur dalam sebuah semangat, menambah pemahaman road safety. Kami dari Road Safety Association (RSA) menitikberatkan pada perilaku dan ketaatan pada aturan agar selamat saat berkendara di jalan. Materi yang dikemas dalam paparan, games kelompok, bernyanyi, dan audio visual memberi suuasana baru. Cukup lumayan efektif.

rsa di ppm 2013 tim rsa

Faktanya, hasil pre and post test membukukan peningkatan cukup drastis. Lima belas pertanyaan seputar aturan, etika, dan teknis, dilahap dengan antusias. Hasilnya, secara rata-rata, melonjak 21%. Tertinggi kedua selama RSA menggelar pelatihan di kalangan kelompok pengguna sepeda motor.

“Saya bisa menyimak dan menyerap materi,” kata seorang peserta yang dalam materi pre and post test mencatat lonjakan ratusan prosen.

Harapannya tentu para peserta pelatihan bisa mengimplementasikan berkendara yang aman dan selamat. Jika sebelumnya sudah melakukan hal itu, ke depan lebih ditingkatkan. Maklum, para pesepeda motor merupakan kelompok yang rentan menjadi korban kecelakaan. Di Indonesia, sekitar 30-an pesepeda motor tewas tiap hari akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

rsa di ppm peserta isi test

Go Safety and Go Green adalah kegiatan yang digelar oleh Sekolah Manajemen PPM, Jakarta. Sebagai pelaksana adalah para mahasiswa yang dimentori para dosen. Selain mengundang RSA Indonesia sebagai pembicara, hadir juga teman-teman dari program Get Home Safely, Adira Insurance.

rsa di ppm ruang diskusi

Selain diskusi, panitia juga mengajak peserta menanam pohon di lingkungan Taman Lalu Lintas, Cibubur. “Setiap kelompok peserta menanam satu pohon,” kata bro Ricky, panitia dari PPM. (edo rusyanto)

One Comment leave one →
  1. kurniawan permalink
    3 Juni 2013 19:27

    Ku benci libas trotoar, itu sikap arogan.
    Ku benci juga untuk lawan arus, itu kan sikap arogan.
    Lawan, lawan, lawan sekarang
    Lawan sekarang sikap arogan <—- APAKAH HANYA INI SAJA SIKAP AROGAN BIKERS..??

    1). Disaat Bikers konvoi lalu menyuruh kendaraan lain didepan minggir apakah itu bukan SIKAP AROGAN.
    2). Memakai Sirbo dan Toa apakah itu bukan SIKAP AROGAN.
    3). Ramai2 berhenti digaris putih lampu merah apakah itu bukan SIKAP AROGAN.
    4). Senggolan dgn body mobil lalu kabur atau tdk mau ganti apakah itu bukan SIKAP AROGAN.
    5). Tidak bisa Tertib Rapi dan Sopan disaat macet apakah itu bukan SIKAP AROGAN.
    6). Selalu merasa paling benar dijalan apakah itu bukan SIKAP AROGAN
    7). DLL krn ada banyak sekali

    Apakah dgn diadakan suatu pertemuan/seminar serta pelatihan Safety Riding apakah ada Garansi para Bikers ataupun Komunitas/Club bisa mengendarai motor seperti pengendara mobil yg bisa Tertib Rapi dan Sopan. Saya sudah sering bertemu dgn banyak Komunitas/Club tp 1 pun tdk ada yg mampu untuk bisa berbuat para Bikers mengendarai spt Drivers bahkan apabila Drivers mengendarai mobil persis seperti Bikers apakah Bikers bisa menerima?? Mereka semua angkat tangan dan tidak mau terima malah diam 1000 bahasa disaat saya ajak melakukan hal tsb, dr sini bisa kita lihat siapa yg lebih EGOIS dan AROGAN dijalan, apakah BIKERS atau DRIVERS??
    Coba anda sbg Bikers atau Komunitas/Club utk bisa berpikir secara jernih serta pakailah logika jgn hanya memikir dr 1 sisi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: