Lanjut ke konten

Indonesia Peringkat Kelima Terbesar Fatalitas Kecelakaan

1 April 2013

negara fatalitas laka who

KECELAKAAN lalu lintas jalan bikin bergidik. Bagaimana tidak, tak kurang dari 1,2 miliar jiwa tewas akibat kecelakaan pada 2010. Data itu saya kutip dari ‘Global Status Report on Road Safety 2013’ lansiran dari Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Ironisnya, negara kita tercinta, Republik Indonesia menempati posisi kelima terbesar yang mencatat korban tewas terbanyak. Urutan posisi yang memiliki fatalitas tinggi akibat kecelakaan adalah Cina, India, Nigeria, Brasil, dan Indonesia. Peringkat tersebut mengacu pada estimasi WHO.

Ada versi lain, yakni merujuk pada data yang dilaporkan atau dihimpun WHO berdasarkan informasi resmi tiap Negara. Dalam versi itu pun, Indonesia ternyata menempati posisi yang sama. Bedanya, urutan tersebut menjadi India, Cina, Brasil, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Apa pun versinya, posisi Indonesia di urutan kelima dari 182 negara yang dicatat WHO, bukan posisi yang mengenakan. Kecelakaan lalu lintas jalan selalu berdampak menyakitkan, bagi korban maupun keluarga korban. Ada produktifitas yang hilang dan ada keluarga terkasih yang hilang.

Bagaimana potret fatalitas kecelakaan yang disodorkan WHO tersebut? Ini dia. Di dunia, tiap jam rata-rata sekitar 140 jiwa melayang sia-sia akibat kecelakaan lalu lintas jalan. Sedangkan merujuk data dari tiap Negara yang dihimpun WHO, rerata sebanyak 72 jiwa per jam.

Negara yang paling buruk fatalitasnya, yakni Cina, menurut estimasi WHO, rata-rata kehilangan 31 jiwa per jam. Lalu India, rerata 26 jiwa dan Nigeria 6 jiwa. Sedangkan Brasil dan Indonesia rerata 5 jiwa per jam.

Sementara itu, merujuk pada data versi informasi resmi pemerintah masing-masing adalah; India rerata 15 jiwa tewas tiap jam. Sedangkan Cina mencatat delapan jiwa tewas tiap jam. Selanjutnya, Brasil, Amerika Serikat, dan Indonesia, masing-masing dibulatkan tiap jam empat jiwa tewas akibat kecelakaan.
Bagaimana potret kecelakaan di tiap Negara-negara tersebut?

Merujuk pada estimasi WHO, Negara paling buruk fatalitasnya, yakni Cina, memperlihatkan bahwa kalangan pemotor menjadi korban paling tinggi. Korban tewas dari kalangan pemotor akibat kecelakaan di Cina, tiap jam sekitar 261 jiwa. Angka itu setara dengan sekitar 34,5% dari total korban kecelakaan di negeri Tirai Bambu itu. Mirip-mirip dengan Indonesia. Korban tertinggi akibat kecelakaan kecelakaan lalu lintas jalan juga dari kalangan pemotor, yakni 35,7% dari total korban.

Korban kedua tertinggi yang tewas akibat kecelakaan di Cina adalah dari kalangan pejalan kaki. Tiap jam, rata-rata pejalan kaki yang tewas di Cina sekitar 189 jiwa. Lalu, di posisi ketiga yang cukup rentan adalah pemobil, yakni 171 jiwa per jam. Sedangkan pesepeda dan pengguna moda transportasi lainnya masing-masing 79 dan 57 jiwa. (edo rusyanto)

9 Komentar leave one →
  1. 1 April 2013 06:42

    Mengerikan.
    Kenapa pejabat pemerintah gak ada yang bahas ini?

  2. rusmanjay permalink
    1 April 2013 07:13

    ngeri

  3. 1 April 2013 09:18

    giliran dapet peringkat 5 besar malah dibidang yang buruk, apakah termasuk kegiatan mengatasi jumlah penduduk??? sepertinya xixixixixi

  4. jandri hsx bengkulu permalink
    1 April 2013 10:02

    sebaiknya kecepatan kendaraan dr pabrikannya tidak lbh dr 60km/jam agar meminimalkan kecelakaan

  5. 1 April 2013 11:54

    memprihatinkan…

    ijin nitip mas [share] mencari kebahagiaan ditengah kerasnya kehidupan metropolitan
    http://temonsoejadi.com/2013/03/31/apakah-kita-bersaudara/
    http://temonsoejadi.com/2013/03/26/dimanakah-kebahagian-itu-berada/

    semoga bermanfaat.

  6. 1 April 2013 15:14

    harusnya ke depan pabrikan bikin iklan motor yang ramah..ga membuat iklan yang melulu motor bisa ngebut dan kencang..masyarakat jadi cenderung niru dan parahnya ngebut tanpa sadar safety riding..ga pake helm dan alat keselamatan lainya…

  7. Seagate Wicaks permalink
    3 April 2013 10:58

    Mencengangkan yaaa… sosialisasi keselamatan berkendaraa serta kesadaran dari diri sendiri agaknya harus di tingkatkan lagi 😦

  8. 8 April 2013 04:03

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: