Lanjut ke konten

Sisi Lain Santunan Kecelakaan Rp 1,2 Triliun

9 Januari 2013

laka lantas di tv

TULISAN ini terinspirasi sebuah berita di media massa. Isi berita itu menyebutkan, Januari-November 2012, PT Jasa Raharja membayarkan santunan Rp 1,28 triliun.

Oh ya, santunan bagi korban kecelakaan itu, turun sedikit jika dibandingkan sebelas bulan 2011 yang Rp 1,30 triliun.

Jika penurunan itu adalah pararel dengan penurunan jumlah kasus kecelakaan, tentu patut disyukuri. Fatalitas yang menurun dan kasus kecelakaan yang juga menurun. Amin.

Jasa Raharja adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang memungut iuran dan membayarkan dana santunan. Salah satu dana yang dikelola adalah berasal dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan alias SWDKLLJ.

Sumbangan ini dipungut saat pembelian kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. Tiap tahun pemilik kendaraan juga membayar sumbangan ini saat memperpanjang Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Untuk sepeda motor di bawah 250cc sumbangannya Rp 35 ribu.

Korban yang disantuni adalah para pengguna alat transportasi, mulai darat, sungai, kereta api, laut, hingga udara. Jumlah santunan bervariasi mulai Rp 2 juta (biaya penguburan) bagi korban tewas yang tak memiliki ahli waris. Lalu, Rp 10-25 juta untuk pengobatan atau perawatan korban luka, Rp 25-50 juta bagi korban meninggal. Santunan Rp 50 juta hanya untuk penumpang pesawat terbang korban tewas akibat kecelakaan.

* * *

Jumlah santunan bagi korban kecelakaan transportasi sepanjang 11 bulan 2012 terdiri atas beberapa jenis. Untuk korban meninggal sebesar Rp 821.887 miliar, sedangkan korban luka-luka sebesar Rp 436.295 miliar. Lalu, untuk korban cacat tetap Rp 22,49 miliar dan biaya penguburan Rp 1,2 miliar.

jasa raharja jan nov 12

Terlihat bahwa korban yang meninggal dunia masih mendominasi, yakni 64,11 % dari total santunan yang sebesar Rp 1,28 triliun. Maklum, besaran santunan yang diberikan berkisar Rp 25-50 juta per orang.
Artinya, jika Rp 821.887 miliar dibagi Rp 25 juta maka jumlah korban mencapai lebih dari 32 ribuan jiwa.

Tentu saja jumlah tersebut mencakup korban meninggal dunia seluruh moda transportasi. Mulai dari lalu lintas jalan, kereta api, angkutan sungai, laut, hingga angkutan udara.

* * *

Namun, dari semua itu, penting bagi kita semua untuk saling mengingatkan atas hak pengguna jalan. Mengajukan klaim santunan jika terlibat insiden kecelakaan. Santunan untuk meringankan beban korban dan keluarga korban. Kita tahu, hampir bisa dipastikan berimbas secara ekonomi kepada keluarga korban.

Persoalannya, bagaimana mekanisme pengurusannya. Dalam beberapa tulisan sebelumnya sudah saya beberkan. Sekadar menyegarkan, garis besar alur pengajuan klaim mencakup beberapa hal.

Pertama, membuat surat laporan kejadian kecelakaan. Jika peristiwanya sudah tercatat, tinggal meminta ke kantor polisi di area kejadian kecelakaan.

Kedua, meminta surat keterangan dari rumah sakit. Dokumen yang dimaksud adalah surat keterangan dokter soal perawatan dan luka yang diderita. Selain itu, tentu dilengkapi dengan kuitansi biaya perawatan atau obat-obatan.

jasa raharja jan nov 12

Ketiga, meminta surat keterangan dari kantor kelurahan/desa tentang ahli waris jika korban meninggal dunia. Ahli waris bisa orang tua, suami atau isteri, dan anak korban.

Keempat, mengisi formulir di kantor Jasa Raharja terdekat. Bila semua dokumen lengkap dan dianggap memenuhi syarat, semestinya dalam dua minggu dana santunan cair.

Oh ya, untuk tahun 2014, manajemen Jasa Raharja mengalokasikan dana santunan sebesar Rp 1,7 triliun. Dana sebesar itu setelah melihat kecenderungan kecelakaan lalu lintas dan biaya perawatan di rumah sakit. Wah, lebih besar dong dari perkiraan 2012 yang ditaksir Rp 1,4 triliun. (edo rusyanto)

12 Komentar leave one →
  1. 9 Januari 2013 00:14

    nice move bwt jasa raharja..

  2. 9 Januari 2013 08:07

    pekerjaan yang mulia…….semoga g tersentuh pikiran korup…..

  3. 9 Januari 2013 09:47

    sayangnya santunan diberikan saat kita sdh keluar dari rumah sakit karena harus ada kuitansi dari rumah sakit. jadi kita harus mengeluarkan uang dulu buat byr biaya RS.(pengalaman pribadi).
    jumlah santunan sesuai ketentuan kalo biaya berobat habis 12jt, maka santunan tetap 10jt. tapi bila biaya berobat habis 8jt, maka jumlah santunan juga 8jt (padahal msh diperlukan biaya lagi utk berobat jalan).

    • 9 Januari 2013 09:59

      Bgm prosedurnya bro? Sulitkah?

      • 9 Januari 2013 13:22

        prosedurnya sama spt diatas malahan 2-3 hari cair. tapi memang dibantu orang dalam. artinya ada yg kenal di dalam. tp kalopun ga ada yg kenal mungkin hanya waktu cairnya aja yg lebih lama.

  4. 9 Januari 2013 10:17

    merefer ke –> “Artinya, jika Rp 821.887 miliar dibagi Rp 25 juta maka jumlah korban mencapai lebih dari 32 ribuan jiwa” juga perlu diingat mbah edo, ada kecelakaan yang kena pengecualian juga seperti kecelakaan tunggal

    relevant doc saya coba compile –> http://www.scribd.com/doc/119569233 (masih jaman sukarno!)

    • 9 Januari 2013 10:24

      Ooo kecelakaan tunggal gak dijamin? Masa sih mas?

      • 9 Januari 2013 10:38

        konon sih begitu, lah laka ganda ada kadang ada yang nggak dibayarkan jasa raharja kok kalau sudah damai, damai kan tidak ada laporan polisi, tidak ada laporan polisi nggak bisa klaim

        • 9 Januari 2013 10:41

          Ya, betul. Mungkin krn merasa ribet ngurusnya kali yah?

        • 9 Januari 2013 13:33

          kecelakaan ganda yg tidak ada yg lukapun tdk mendapat asuransi/santunan. apalagi kecelakaan tunggal karena dianggap kelalaian sendiri. padahal mungkin saja karena jalan yg berlubang dan kurangnya lampu penerangan jalan.

  5. 9 Januari 2013 16:39

    semoga aja gada yg korup di perusahaan itu
    https://brigade15.wordpress.com/2013/01/07/ane-jual-nano-energizer-gan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: