Lanjut ke konten

Masih Banyak Konsumen Memilih Bebek Honda

30 Agustus 2012


foto:dok ahm

VOLUME penjualan sepeda motor bebek Honda masih tinggi. Di antara anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), Honda menempati posisi nomor wahid. Pada Januari-Juli 2012, volume penjualan Honda sekitar 694 ribuan unit. Selisih dengan posisi nomor dua terbesar, Yamaha, cukup lebar. Saat itu, Yamaha menjual sekitar 436 ribuan unit.
Sekalipun dari segi volume penjualan Honda mencatat penurunan 34,01%, namun Honda atau PT Astra Honda Motor (AHM), mencatat penguasaan pangsa pasar teratas. Pada tujuh bulan 2012, market share Honda di segmen motor bebek menyentuh angka 51,61%. Luar biasa.
Dibandingkan periode sama 2011, pangsa pasar Honda pada tahun ini relatif stagnan. Maklum, tujuh bulan tahun lalu, market share Honda sekitar 51,32%.
Raihan Januari-Juli 2012 belum mampu melampaui torehan terbaik tahun 2008. Dalam rentang lima tahun terakhir, prestasi 2008 merupakan yang tertinggi. Saat itu, untuk periode tujuh bulan, Honda mencatat pangsa pasar sekitar 52,76%.
Barangkali karena konsentrasi AHM condong ke segmen motor skutik, volume penjualan bebek terus menurun. Sejak 2010, AHM harus puas mencatat penurunan terus menerus. Walau, sekali lagi, pangsa pasarnya masih teratas.
Hingga akhir Juli 2012, Honda mengusung lima beberapa varian untuk di segmen motor bebek. Varian tersebut terdiri atas, Revo Absolute, Revo Fit, Blade, Revo AT, Supra X 125 helm in, dan Supra X 125 helm in versi injeksi.
Sementara itu, kompetitor utama Honda, yakni Yamaha, mencatat penurunan volume penjualan yang cukup signifikan. Pada Januari-Juli 2012, Yamaha anjlok sekitar 41,76% menjadi sekitar 436 ribuan unit dibandingkan periode sama 2011.

Sepanjang lima tahun terakhir, untuk periode tujuh bulan, raihan akhir Juli 2012 merupakan yang terendah. Yamaha sempat mencatat angka tertinggi pada 2010, yakni sekitar 876 ribuan unit. Namun, setelah itu terus merosot. Tak jauh berbeda dengan Honda.
Sedangkan dari segi penguasaan pangsa pasar, Yamaha mencatat fluktuasi. Bahkan, pada tujuh bulan 2012, merupakan titik terendah sepanjang lima tahun terakhir. Per akhir Juli 2012, pangsa pasar Yamaha sekitar 32,48%, padahal pada periode sama 2011 masih sekitar 36,58%. Bahkan, pada 2010, sempat menyentuh 40,11%.
Menurunnya volume penjualan motor bebek Honda dan Yamaha menyeret penjualan motor bebek anggota Aisi hingga 34,41% per akhir Juli 2012. Saat itu, total volume penjualan motor bebek sekitar 1,34 juta unit. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. 30 Agustus 2012 00:50

    bebek honda pnya kans sejati..

  2. 30 Agustus 2012 05:11

    bebek honda

  3. cah bagus permalink
    30 Agustus 2012 05:28

    kans sejati bebek honda lebih banyak drpd kans sejati bebek merk lain.

  4. 30 Agustus 2012 06:28

    Konsumen bebek (bukan bebek super) adalah konsumen yang tidak ingin neko-neko sehingga bebek hondalah yang paling pas buat mereka.

  5. 30 Agustus 2012 08:21

    semua kan ada segmennya pak Edo… dan nyatanya.. produk Honda emang yang paling nyaman… bosan srunthulan… pilih berkendara aman dan nyaman aja…

  6. 30 Agustus 2012 12:04

    Saya pake honda :mrgreen:

  7. 30 Agustus 2012 14:21

    Yang sruntulan pada pakai matic, yang mau alay pakai bebek super. Yang mau kerja pakai bebek honda.

  8. tyson.squad permalink
    30 Agustus 2012 16:31

    honda dilawan ora iso bro

  9. haroem permalink
    30 Agustus 2012 18:25

    Mantaaaap.. Raja BEBEK ya HONDA :d

Trackbacks

  1. Buktikan Ketangguhan, Revo Cetak Dua Rekor | ambangbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: