Lanjut ke konten

Dekat Kok, Gak Usah Pakai Helm

24 Agustus 2012

PEMOTOR tanpa helm. Ada di kota dan di desa. Entah karena tak punya, atau tak ada ukuran helm yang pas.
“Cuma dekat aja kok, gak usah pakai helm, polisinya juga kenal semua,” kata seorang pemuda, di Jakarta, suatu ketika. Ada yang janggal dari pernyataan sang pemuda itu?
Ya. ‘Hanya jarak dekat’ dan ‘Polisinya kenal semua’. Lantas, apa hubungannya dengan memakai helm demi keselamatan berkendara?
Jargon jarak dekat tidak perlu pakai helm pelindung kepala adalah salah kaprah. Jika kita sepakat kecelakaan bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, jargon soal jarak itu menjadi gugur.
Perilaku memakai helm agar tidak ditilang polisi juga jargon keliru. Memakai helm demi keselamatan pemotor. Mengurangi risiko fatalitas. Apalagi, nilai kepala kita tak sebanding dengan harga helm atau biaya denda.
Barangkali kesadaran untuk memakai helm saat berkendara masih perlu terus digaungkan. Lalu, dibarengi penegakan hukum atas hal itu.
Soal sanksi tidak memakai helm saat berkendara bisa dilihat dalam UU No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Dalam aturan itu, ada denda maksimal Rp 250 ribu, atau sanksi kurungan penjara maksimal satu bulan.
Kalau tidak mau kena sanksi, mudah saja, pakai helm. Selain itu, bisa membantu mengurangi fatalitas jika terlibat insiden kecelakaan lalu lintas jalan. (edo rusyanto) fokus berkendara, tanpa berponsel sambil berkendara

10 Komentar leave one →
  1. 24 Agustus 2012 11:48

    kuburan juga dekat

  2. Kodokz Jambanz permalink
    24 Agustus 2012 12:32

    wkwkwkwk kayak temen ane tuh kata”nya
    sebelum diserempet waktu mau baru keluar pager rumahnya. mangkannya klo deket pakai sepeda onthel saja sehat.

  3. sponge bob permalink
    24 Agustus 2012 13:04

    semahal apapun helmnya, lebih mahal isi helmnya.

  4. Basho permalink
    24 Agustus 2012 17:57

    Saya pernah kecelakaan motor jatuh disenggol orang. Padahal jarak tempuh baru sekitar 200m (baru keluar gerbang komplek). Itu masih mending. Sahabat ibu saya terpaksa masuk ICU, gara2 motornya dihantam mobil bak terbuka pas di depan gerbang pagar rumahnya (baru mau keluar rumah). Masih berani bilang jarak dekat ngga usah pake helm??!!

  5. 25 Agustus 2012 02:42

    Reblogged this on Suetoclub's Blog.

  6. 25 Agustus 2012 10:50

    biasanya kecelakan justru terjadi tak jauh dr rumah..

  7. 25 Agustus 2012 18:22

    iya gan, kebanyakan orang memakai helm agar tidak ditilang aja…

  8. haroem permalink
    27 Agustus 2012 15:39

    Apapun alesannya Musibah itu tidak mengenal pangkat , jabatan apalagi jenis kendaraan! ya selagi bisa mencegah kenapa tidak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: