Lanjut ke konten

Nikmati Perjalanan Mudik Tanpa Emosi

18 Agustus 2012

SUASANA jalur mudik Jakarta-Nagreg cukup ramai. Pemudik bersepeda motor, mobil pribadi, dan angkutan umum berbaur.
Butuh waktu tujuh jam untuk menempuh Jakarta-Nagreg, Jumat (17/8/2012). Denyut arus mudik mulai terasa saat melintas di jalan tol Jakarta-Cikampek. Antrean ribuan kendaraan roda empat atau lebih menyemut. Tak sedikit yang memilih beristirahat di rest are yang tersedia di jalan tol milik PT Jasa Marga itu.
Kondisi ramai lancar hingga padat merayap juga terasa di tol Purbaleunyi. Bahkan, antrean hingga berkilo-kilometer menjadi santapan siang jelang keluar tol Cileunyi.
Di titik yang menjadi persimpangan menuju Sumedang, Cirebon, Tasikmalaya, dan Garut, kondisi padat merayap kian menyengat. Pengguna roda empat atau lebih berbaur dengan para pemotor. Butuh waktu berjam-jam disini hingga akhirnya menembus pertigaan Nagreg.
Ada beberapa hal menarik. Sepanjang jalan Cileunyi-Nagreg, bermunculan toilet umum dadakan. Pemakai jasa harus merogoh kocek Rp 1.000-2.000 per orang. Selain itu, muncul para pengamen ‘dadakan’ yang bernyanyi alakadarnya. Di bagian lain, kita melihat puluhan pedagang asongan di kiri dan kanan jalan.
Para pemotor beristirahat di warung-warung kecil di sisi jalan. Melepas penat, ke kamar kecil, dan mengisi perut. Begitu juga para pemobil. Pilihan tempat istirahat yang lain adalah posko-posko mudik gratis yang dibuka berbagai korporasi.
Kesabaran dan meredam emosi benar-benar diuji. Kemacetan, debu, panas, dan asap knalpot bisa menyulut emosi. Bisa mengganggu konsentrasi berkendara. Paling aman adalah menikmati kondisi yang ada tanpa emosi saat berkendara. Hindari kecelakaan lantaran hilangnya konsentrasi. Pengalaman mengajarkan kita, pada musim mudik dan balik Lebaran 2011, ada 300 kecelakaan setiap harinya. Korban tewas mencapai rata-rata 49 jiwa per hari. Ironisnya, keterlibatan pemotor menyentuh angka 70% dalam kasus kecelakaan tersebut. Yuk nikmati kemacetan dengan terus konsentrasi. Selamat mudik. (edo rusyanto) https://edorusyanto.wordpress.com

3 Komentar leave one →
  1. sponge bob permalink
    18 Agustus 2012 04:14

    enakkan mudik pake pesawat terbang.. ga macet bro..

  2. 18 Agustus 2012 10:13

    mudik darat, tantangan terakhir sblm memasuki hari kemenangangan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: