Lanjut ke konten

Panti Asuhan Pun Berteriak Keselamatan Jalan

6 Agustus 2012

PULUHAN remaja duduk melingkar. Mereka duduk di atas tikar dan karpet. Wajah-wajah penuh semangat di tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Suara lantang mereka membahana di dalam aula Panti Asuhan Pratama 4, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (5/8/2012) petang. Menjelang buka puasa, sekitar pukul 17.56 WIB, saya didaulat berbagi seputar keselamatan berkendara di jalan (road safety). “Nanti materi Pak Edo sebelum tauziah puasa yah,” ujar Siska Daulika, staf HC3 PT Astra Honda Motor (AHM), yang mengundang saya petang itu.
Berbagi dengan kalangan anak yatim piatu soal keselamatan jalan bukan hal baru bagi saya. Sejak tiga tahun terakhir, jika ada kesempatan, pasti saya luangkan waktu untuk singgah. Berbagi.
Kali ini saya ajak para remaja penghuni Panti Pratama 4 untuk menyegarkan ingatan soal pentingnya bersepeda motor yang aman dan selamat. Tiga hal penting menjadi materi saya adalah seputar pentingnya memakai helm, tidak berponsel saat berkendara, dan bermotor tak lebih dua orang. “Memakai helm penting agar tidak terluka kalau tabrakan,” kata seorang remaja usia sekolah menengah atas, saat berdialog petang itu.

Ya. Mereka menyadari pentingnya memakai helm. Tinggal terus diingatkan bahwa fatalitas kecelakana harus terus dipangkas. Diperkecil peluangnya.
Tak semata paparan, saya juga menyodorkan tiga film pendek seputar keselamatan jalan. Ada adegan kecelakaan ketika berkendara sambil menyetir. Ada adegan kecelakaan sepeda motor yang korbannya ‘tertolong’ dari fatalitas karena memakai helm. Terakhir, film seputar road ethics yang berisi etika berkendara yang aman dan selamat. Lumayan menyihir para peserta.
Respons sekitar 60 puluhan remaja penghuni panti cukup antusias. Mereka menjawab dengan lantang dan tepat soal-soal yang saya lontarkan. Misalnya, kenapa berbahaya menyetir sambil berponsel? “Karena mengganggu konsentrasi,” sergah mereka nyaris bersamaan. Senangnya melihat antusiasme.
Sedangkan AHM selaku penyelenggara buka bersama dan berbagi di panti mengaku, memilih acara yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Kegiatan ini tidak seperti biasanya. Kami ingin berbagi dengan sesama,” tutur General Manager Honda Customer Care Center (HC3) Division AHM Istiyani Susriyati.
Berbagi informasi, pengetahuan, atau materi sebuah langkah mulia. Bagi saya, kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan soal keselamatan jalan merupakan sebuah keharusan. Selagi nafas berhembus, semua harus ditempuh.


Suasana sharing safety riding bersama remaja Panti Asuhan Pratama 4. (foto:mitra)

Tak terasa waktu bergulir. Diskusi yang diselingi dengan bernyanyi lagu-lagu keselamatan jalan saya tutup menjelang tauzia Ramadan. Ada perasaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata manakala melihat para remaja penghuni panti begitu antusias. Remaja adalah tulang punggung negara.


Bro Mitra menyerahkan sumbangan buku untuk Panti Asuhan Pratama 4. (foto:edo)

Rentang usia mereka pula yang dominan menjadi korban kecelakaan di negeri kita tercinta. Tahun 2011, tiga orang tewas akibat kecelakaan setiap jamnya. Rata-rata, tiap jam ada 12 kasus kecelakaan. saatnya bergerak, hentikan fatalitas kecelakaan. Semangat! (edo rusyanto)


Istiyani Susriyati menyerahkan sumbangan untuk Panti Asuhan Pratama 4. (foto:edo)

4 Komentar leave one →
  1. putrasumatera permalink
    6 Agustus 2012 14:13

    manteb kang….

  2. 6 Agustus 2012 17:04

    manteeeepp mas,
    nitip artikel ya mas,,
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/08/06/ayo-hargai-waktumu-sekarang/

    terima kasih

  3. haroem permalink
    7 Agustus 2012 17:15

    Honda Gak hanya gembar gembor penjualan akan tetati juga kepedulian dengan keselamatan jalanpun sampai di panti asuhan juga! HONDA memang JUARA

Trackbacks

  1. Panti Asuhan Harus Berdayakan Keluarga Anak Tidak Mampu | ambangbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: