Lanjut ke konten

Sengitnya Persaingan Motor di Kalimantan

29 Juli 2012

PEREBUTAN kue bisnis sepeda motor di Kalimantan cukup sengit. Dua pemain besar, yakni Honda dan Yamaha, saling kejar dalam penguasaan pangsa pasar. Jarak keduanya super tipis.
Periode Januari-Maret 2012, Honda masih teratas. Namun, dari segi penguasaan pangsa pasar alias market share, Yamaha menempel ketat. Honda menguasai volume penjualan sekitar 155 ribuan unit dengan market share 45,23%. Sedangkan Yamaha sebanyak 153 ribuan unit (44,77%).
Pada semester pertama 2012, kedua pemain raksasa anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) itu, mencatat penurunan volume penjualan. Honda turun lebih dalam, yakni 7,64%, sedangkan Yamaha turun sekitar 4,99%. Penurunan keduanya menyeret pasar Kalimantan melemah hingga 8,28% jika dibandingkan periode sama 2011. Pasti ada sejumlah alasan kenapa terjadi penurunan. Salah satu yang sering disebut-sebut adalah penerapan batas minimal uang muka atau down payment (DP) yang diwajibkan minimal 30%. Tapi, apa iya sejauh itu? Bukankah penerapan aturan DP minimal itu baru berlaku pada pertengahan Juni 2012?
Sekalipun melemah, sesungguhnya market share Honda dan Yamaha pada semester pertama 2012 menguat. Bandingkan saja. Pada periode sama 2011, market share Honda masih sekitar 44,92%, kini 45,23%. Lalu, Yamaha menguat dari 43,22% menjadi 44,77%. Lantas, pangsa pasar siapa yang tersedot?
Betul. Suzuki. Pemain nomor ketiga terbesar itu melemah dari 10,39% menjadi 8,09%. Selain itu, TVS juga turun tipis, yakni dari 0,51% menjadi 0,45%. Sedangkan Kanzen, melorot drastis dari 0,04% menjadi 0%.

Catatan cukup bagus bisa diberikan kepada Kawasaki. Pemain yang kondang di segmen motor sport itu, mampu mengerek pangsa pasar dari 0,92% menjadi 1,45%. Maklum, dari sisi volume, penjualan Kawasaki melejit 44,79% menjadi hampir lima ribu unit.
Pasar sepeda motor di Kalimantan masih bisa digenjot lagi. Saat ini, per akhir Juni 2012, kontribusi Kalimantan hanya sekitar 9,18% dengan volume sekitar 343 ribuan unit. Pada semester pertama 2012, total pasar sepeda motor anggota Aisi sekitar 3,74 juta unit. (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. Udug permalink
    29 Juli 2012 10:00

    New Mio J , Mio Soul GT & Mio Jupe Z FI cukup dilawan sama Honda Beat sendirian …
    Luar Biasa Beat …

    • EXYBAND permalink
      29 Juli 2012 10:20

      semua matik yamaha turun masih kalah sama 1 varian Honda BeAT bos

  2. 29 Juli 2012 23:16

    sampai sekarang motor seken yamaha harganya dibawah honda,orang beli motor seken yamaha kadang udah beropini motornya bekas buat ugal2an padahal gak semua pengguna yamaha itu biker alay,tapi ya itu tadi udah punya stigma suka geber2an.

  3. 30 Juli 2012 13:21

    iya gan sepeda motor emang lagi laku lakunya
    my posting : HONDA PCX 150

Trackbacks

  1. Ekspedisi Nusantara Honda Masuk Muri | ambangbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: