Lanjut ke konten

Sulitnya Membendung Honda Beat

20 Juli 2012


Pabrik motor skutik Honda. (dok ahm)

SEPEDA motor skutik Honda Beat terus melenggang. Merajai segmen skutik di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, pada Juni 2012, motor bermesin 110cc itu menempati posisi nomor wahid dengan pangsa pasar 36,31%. Luar biasa!
Sedangkan untuk periode Januari-Juni 2012, Honda Beat juga tetap teratas. Hanya saja, penguasaan pangsa pasarnya sekitar 31,55% dengan volume penjualan sekitar 689 ribuan unit. Beat sulit dibendung para pesaingnya.
Pesaing terdekat Beat adalah saudara sekandungnya, Honda Vario. Skutik itu mengantongi penjualan sekitar 518 ribuan unit atau setara dengan 23,69% per akhir Juni 2012. Di posisi ketiga, Yamaha menempatkan Mio J dengan raihan sekitar 285 ribuan unit. Artinya, dari segi market share, Mio J yang baru masuk ke pasar pada Februari 2012, mengantongi pangsa pasar 13,07%.
Dominasi Beat dan Vario membuat sang produsen, PT Astra Honda Motor (AHM) kian kokoh di segmen motor skutik. Periode Januari-Juni 2012, AHM menguasai 64,45% pangsa pasar motor skutik domestik. Saat itu, total pasar skutik menyentuh angka 2,18 juta unit.

Sedangkan Yamaha harus puas diposisi kedua dengan raihan sekitar 32,16% dan Suzuki diposisi ketiga, yakni 3,40%. Perseteruan memperebutkan pasar skutik tampaknya masih alot. Yamaha harus ekstra keras untuk mengembalikan kejayaan di segmen tersebut. Kita tahu, sebelum tahun 2011, Yamaha merupakan pemimpin pasar segmen skutik.

Hingga akhir Juni 2012, segmen skutik sudah mengantongi pangsa pasar sekitar 58,43% dari total pasar motor di Indonesia yang sebanyak 3,74 juta unit. Segmen kedua terbesar adalah motor bebek (31,71%) dan motor sport (9,86%). Tren motor skutik terus bergulir. Konsumen tampaknya menyukai kepraktisan pengoperasian skutik yang cukup gas dan rem, dibandingkan bebek dan sport yang harus over gigi, bahkan menarik tuas kopling. (edo rusyanto)

18 Komentar leave one →
  1. cah bagus permalink
    20 Juli 2012 02:41

    heran, skutiknya honda yg karbu dan yg injeksi sama2 moncer..

  2. 20 Juli 2012 04:58

    beat kayak pas keemonceran mio dulu, hmm
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/07/17/detail-yamaha-new-jupiter-zi/

  3. z1rider permalink
    20 Juli 2012 05:57

    Wah, MS nya Honda di segmen skutik udah 2 kali MS Yamaha. Edannn, ngacir tenan 🙄
    http://z1riders.wordpress.com/2012/07/20/si-revi-revo-100cc-piaraan-saya-dari-waktu-beli-ampe-sekarang/

  4. arc the land permalink
    20 Juli 2012 09:07

    motor alay…nambah banyak yah alaynya….padahal temen kantor ane ada yg make tapi gak alay juga……hahahaha……seperri jaman keemasannya mio dulu….

  5. faisal permalink
    20 Juli 2012 09:32

    Beat ini masih karburator kan?

  6. apand permalink
    20 Juli 2012 09:32

    keterbatasan biaya untuk DP membuat rata2 orang balik lagi ke niat awal untuk membeli motor..
    bukan buat gaya atau keren2an tapi buat kebutuhan wara wiri dan usaha.. jadi dengan permainan dan posisi harga honda beat dibandingkan dengan lawan mainnya sepertinya masih sangat jauh untuk bisa dikalahkan dalam waktu 2tahun ini mba

  7. CSRT permalink
    20 Juli 2012 10:30

    Iya Mbah edo,,,,
    Honda BeAT memang luar biasa..walau dicemooh dan dibilang aneh di awal penampakannya..sekarang jadi incaran….. di tempatku sekennya bisa sampe 12 jt… gila banget…

  8. 20 Juli 2012 11:15

    can’t stop the BeAt
    we love the BeAt

  9. siscaamellya permalink
    20 Juli 2012 11:31

    Bersama Gorengan dan camilan ane nobatkan agan ini sebagai Penulis.. Heheheh.. Mau?? Mau?? 😛

  10. 20 Juli 2012 11:40

    Stoplampnya kayak semp*k. FBY mode:on
    Kalau Soul GT, kayak merk semp*k . FBH mode:on.

    Kedudukan seimbang! 1:1
    Fakta lainnya, ternyata konsumen suka yang BLETHAK Seeeer……
    Dan sekarang malah sedang menyukai yang ngorok.
    Ternyata konsumen paham terhadap sesuatu yang esensia/ tidak esensial.

    • Udug permalink
      20 Juli 2012 17:58

      Yamaha semakin jauuuuuuhhhhh ketinggalan ….
      FBY terlalu banyak mengumbar Black Campaign , Senjata Makan Tuan … Wa ka ka …

  11. 20 Juli 2012 12:39

    mantap mas, ijin menyimak dan nitip artikel mas

    marhaban ya ramadhan bulan penuh cinta
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/07/20/dalam-nafas-nafas-cinta/

    terima kasih

  12. Udug permalink
    20 Juli 2012 17:59

    Yamaha semakin jauuuuuuhhhhh ketinggalan ….
    FBY terlalu banyak mengumbar Black Campaign , Senjata Makan Tuan … Wa ka ka …

  13. 21 Juli 2012 08:34

    wah motor itu kayana lebih cocok buat cewek, bahkan motor sejenis mio lebih sering kecelakaan di daerah gw, di geber sama ABG dan pada lupa keselamatan 😀

  14. nganu permalink
    21 Juli 2012 14:31

    YAMAH SEMAKIN JAUH KETINGGALAN

  15. RAYMOND JM permalink
    21 Juli 2012 19:33

    BEAT semakin didepan…… hidup DAW

  16. 24 Juli 2012 13:32

    kejayaan mio telah berakhir

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: