Lanjut ke konten

Andai TVC Senggol Soal Helm

4 Juni 2012

JUJUR saja, saya sempat salut atas iklan di televisi (televisi commercial/TVC) Honda Absolute Revo. Saat itu, di penghujung iklan ada pernyataan dari sang bintang iklan, ‘Jangan Lupa Pakai Helm Yah.’
Respek saya mencuat atas kepedulian untuk mengajak para pemotor untuk memakai helm. Maklum, pelindung kepala itu bisa berfaedah mengurangi risiko atau fatalitas jika terlibat kecelakaan lalu lintas jalan.
Tak heran bila Undang Undang (UU) No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) mewajibkan pemakain helm. Pemotor yang melanggar aturan itu bakal kena semprit maksimal Rp 250 ribu atau kurungan maksimal satu bulan.
Balik lagi soal iklan. Saat pernyataan sang bintang iklan, yakni grup band Nidji, sudah tidak ada lagi dalam TVC itu, menimbulkan pertanyaan. Kenapa dihilangkan?
“Tidak ada niatan kami mengabaikan soal safety riding,” kilah Agustinus Indra, general manager Marketing Planning & Analisys Division PT Astra Honda Motor (AHM), saat menjawab pertanyaan saya di Jakarta, suatu siang, Sabtu (2/6/2012).
AHM adalah produsen sepeda motor Honda Absolute Revo. Motor bermesin 110cc itu, termasuk andalan AHM dalam menggaet konsumen motor bebek. Pangsa pasar Revo di pasar motor Indonesia pada Januari-April 2012 mencapai 55%. Volume yang terjual hampir 153 ribu unit. Sedangkan sejak masuk pasar pada 2007 sudah terjual 4,1 juta unit.
Menurut Indra, pihaknya lebih mempertimbangkan aspek sempitnya ruang dalam iklan TVC yang berdurasi 30 detik tersebut. Disamping itu, katanya, saat mengeluarkan iklan tersebut pada 2010, sedang gencar-gencarnya sosialisasi pemakaian helm sebagai amanat UU 22/2009 tadi. “Saat ini kami lihat situasinya sudah berbeda,” sergah dia.
Bagi saya, andai iklan ajakan memakai helm saat bersepeda motor merupakan hal mulia. Kerelaan AHM menyelipkan pesan itu di iklan TVC Absolute Revo layak dipuji. Patut ditiru para produsen lainnya.
Iklan di televisi memiliki dampak luas. Kalau tidak, buat apa para produsen merogoh kocek gede-gedean. Pesan berulang-ulang yang ditayangkan di televisi bakal menyegarkan ingatan para pemirsa. Setuju? (edo rusyanto)

15 Komentar leave one →
  1. 4 Juni 2012 12:02

    no uno dulu

  2. 4 Juni 2012 12:06

    eyang apa kabar di siang ini? mudah-mudahan eyang selalu di beri kesehatan selalu oleh ALLOH SWT amin.

  3. Hendro permalink
    4 Juni 2012 12:09

    “Saat ini kami lihat situasinya sudah berbeda,”
    Kok saya malah jadi emosi baca yang ini yach…

  4. 4 Juni 2012 12:16

    baik eyang

  5. Kodokz Jambanz permalink
    4 Juni 2012 12:55

    se7

  6. Ejawantah's Blog permalink
    4 Juni 2012 13:06

    Kekuatan pesan yang diberikan dengan multimedia itu, bagaikan suatu metode hipnotis dalam menggerakkan masyarakat dengan sadari atau pun tidak. namun saya sangat menghargai para kraetivitas seni yang dapat membuat duni multimedia yang dapat mengarahkan ke hal yang lebih positive.

    Sukses selalu
    Salam

    Ejawantah’s Blog

    • 4 Juni 2012 13:16

      Setuju banget bro. Iklan televisi punya kekuatan luar biasa memengaruhi para pemirsa. Smoga para produsen dan pekerja multimedia ikut aktif membuat pesan keselamatan jalan. Amin.

  7. Xsal Revolve permalink
    4 Juni 2012 14:01

    mungkin seperti kasus rokok…. iklan motor diwajibkan sisipan diakhir… “wajib memakai helm”… seperti halnya iklan rokok “merokok dapat menyebabkan bla bla bla…”
    usul aja… soalnya kesadaran memakai helm itu masih sangat rendah…

    • 4 Juni 2012 14:03

      Usul yg bagus. Iklan rokok memang diwajibkan peraturan untuk mencantumkan peringatan bahaya merokok mas bro. Salam.

  8. 5 Juni 2012 00:16

    kekuatan media bagaikan tangan Tuhan..

  9. haroem permalink
    6 Juni 2012 13:47

    Good artikel.. berharap ada pesan2 yang seperti kemarin lagi ya eyang edo.. semoga next TVC nya Honda ada dan lebih baik lagi 😀

Trackbacks

  1. Mesin Honda Absolute Revo Hidup Selama 341 Jam | ambangbatas
  2. Honda Absolute Revo Ukir Rekor MURI | ambangbatas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: