Lanjut ke konten

Motor Pasar Kaget

6 Mei 2012

SEGUDANG jurus dipakai para penjual sepeda motor untuk menggaet konsumen. Salah satunya, nimbrung di pasar kaget alias pasar dadakan.
Pasar kaget yang menjadi sasaran empuk adalah sepanjang Jalan Pemda Bogor, Cibinong. Para penjual yang berasal dari dealer di kawasan Bogor itu, memakai mobil pick up untuk memajang motor. Mereka melengkapi diri dengan dua atau tiga orang pemasar. Tenaga pemasar ada yang wanita dan ada yang pria.
“Lumayan mas jualan disini, kami bisa menjual lima motor dalam sehari. Tapi, asal rajin aja mas,” papr pria tenaga pemasar produk motor Yamaha, Minggu (6/5/2012) pagi.
Ya. Minggu pagi itu, saya sengaja melintas di jalan tersebut. Ternyata, pasar kaget yang digelar pada Minggu, cukup ramai. Disepanjang jalan yang membujur sekitar dua kilometer itu, berjajar para pedagang. Mereka membuka lapak di kanan dan kiri jalan. Tempat parkir dadakan pun bermunculan. Memakan badan jalan. Tak heran jika melintas disitu bakal tersendat. Paling banter 5-10 kilometer per jam.
Pada hari biasa, jalan yang terletak di kawasan perkantoran pemda dan stadion sepakbola Persikabo tersebut, tak berbeda jauh dengan jalan lain di sekitarnya.

Di pasar kaget, sedikitnya saya melihat ada 10 penjual motor bermobil pick up. Mereka berdiri di kanan dan kiri jalan. Pasar kaget ini terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jakarta.
“Kalau lagi bagus bisa jual lebih dari lima motor mas,” papar seorang wanita pemasar saat berbincang dengan saya, Minggu.
Beragam strategi dikeluarkan para penjual guna memikat calon konsumen. Seorang wanita pemasar bercerita. “Kami memberi diskon uang muka sebesar Rp 1 juta,” kata dia.
Potongan uang muka diberikan untuk sepeda motor bebek dan skutik. Dia memberi contoh, uang muka atau down payment (DP) Honda Revo Fit yang dipatok Rp 1,65 juta, dengan adanya potongan, konsumen cukup membayar Rp 650 ribu. Bahkan, lanjutnya, khusus skutik Honda Scoopy potongannya Rp 1,5 juta. Artinya, konsumen cukup merogoh Rp 500 ribu untuk memboyong skutik itu.
Ngomong-ngomong, khusus untuk Scoopy, besaran cicilan Rp 570 ribu dengan tenor 35 kali.
Hemmm…akankah diskon uang muka masih terjadi pasca-pemberlakuan DP minimal 25% mulai Juni 2012? (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. 6 Mei 2012 13:19

    ckckckc, segala cara dikerahin buat njual, ckckck, semakin sesat saja jalanan
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/05/05/stoner-cepat-cruthlow-dahsyat-siapa-yang-bakal-menang-di-motgp-estoril-portugal/

  2. 6 Mei 2012 14:00

    bisa buka lapak di mana aja ,.,.,.mantap

  3. 6 Mei 2012 18:11

    bikin jelek pemandangan dong jadinya?

    http://www.unikgaul.com/2012/02/cara-mengatasi-kecanduan-rokok.html

  4. 6 Mei 2012 20:52

    waduh tenor 35 kali nyesek banget bayarnya…ngenesss

  5. 6 Mei 2012 22:35

    Bahkan ditempat saya turnamen bola antar kampung pun dimanfaatkan juga. 😀

  6. Xsal Revolve permalink
    7 Mei 2012 13:35

    jual motor dah kaya jual kacang… dimana saja kapan saja… abis sholat jumat pun langsung dihadang ama brosur motor… haaaa….

  7. jhon permalink
    20 Juni 2012 09:05

    para pengguna speda motor yang kurang lihai swaktu dijalanan (ugalugalan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: