Lanjut ke konten

Yang Perlu Diingat 911

17 April 2012


Kemacetan lalu lintas jalan Jakarta. (foto:istimewa)

NIAT membangun Public Service Centre 911 cukup trengginas. Cukup dengan panggilan telepon ke nomor 911, bantuan kondisi darurat bakal cepat tiba ke lokasi. Keren.
Gagasan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta itu, seperti dilansir Vivanews.com, bakal segera digulirkan pada 2012. Tidak tanggung-tanggung, para ahli dari Kanada dan Malaysia didatangkan untuk membantu.
Tenaga ahli dari layanan darurat Kanada, Gary Payne, mengatakan bahwa tidak terlalu sulit membangun sistem layanan darurat 911 di Jakarta. Pasalnya, infrastruktur yang sudah ada di Jakarta sangat mendukung. “Tinggal bagaimana menerapkan sistem dan mengefektifkan dengan sistem IT yang ada,” kata dia, seperti dikutip Vivanews.com, Minggu (15/4/2012).
Panggilan darurat yang disediakan Pemprov DKI Jakarta itu, rasanya bisa menjadi solusi untuk menangani permasalahan warga. “Sebab, hitungan detik, menit menentukan kondisi seseorang. Waktu yang singkat itu bahkan jadi penentu hidup mati korban,” kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi ‘Foke’ Wibowo.
Dia mengaku telah berkoordinasi dengan berbagai instansi seperti Polda Metro Jaya dan menginstruksikan Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, dan Satpol.
Maklum, layanan 911 bakal mengintegrasikan panggilan darurat lainnya. Kita tahu, saat ini ada panggilan darurat atau pengaduan polisi di 110 atau 112 melalui ponsel. Lalu, pelayanan gangguan PLN di 123, layanan ambulans di 118 dan bencana alam di 129.

Orang awam seperti saya melihat ada lima faktor penting yang perlu diperhatikan dan dicarikan solusinya. Pertama, menghapus ego sektoral. Layanan tersebut bakal merajut lintas instansi. Tanpa satu bahasa dan satu komando, rasanya bakal tertatih-tatih oleh ego sektoral. Butuh pemimpin yang kuat, lugas, dan berani.

Kedua, kondisi lalu lintas jalan. Saat tim bantuan bergerak menuju lokasi penelepon yang membutuhkan bantuan, bakal ada sandungan kondisi lalu lintas jalan yang karut marut. Macet. Jangan-jangan tim bantuan datangnya terlambat. Karena itu, butuh kebijakan yang tepat untuk mengurai kemacetan lalu lintas jalan.

Ketiga, sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni. Butuh peningkatan kualitas SDM yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Mulai dari masalah kesehatan hingga keamanan. Terutama dari segi dedikasi dan respek tiap SDM terhadap kasus yang ditangani. Soal ini memang tak terlepas dari segi manajemen instansi terkait.

Keempat, fasilitas penunjang. Peralatan yang memadai dengan kualitas prima menjadi kunci penting dalam menuntaskan tugas. Tanpa itu, bagaimana menghadapi kondisi di lapangan?

Kelima, sosialisasi. Bagi saya, semakin luas masyarakat yang tahu layanan 911 semakin bagus. Artinya, masyarakat tahu ketika menghadapi masalah bisa meminta bantuan ke 911. Jangan seperti saat ini, saya yakin banyak di antara kita yang belum mengetahui panggilan 110 atau 112.

Semoga niat membuat layanan terintegrasi 911 tidak didomplengi kepentingan politis. Sehingga masyarakat bisa merasakan faedahnya. Jangan lupa tingkat kriminalitas dan kecelakaan jalan di Jakarta tergolong tinggi. Tiap hari, ada tiga orang yang mati akibat kecelakaan di jalan. Jika layanan emergency bisa efektif, semoga mampu mencegah fataltias yang lebih buruk. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. Aa Ikhwan permalink
    17 April 2012 09:34

    yup semoga gak ada kepentingan untuk pribadi atau golongan tertentu,..semua mesti untuk rakyat 😀

  2. 17 April 2012 09:48

    paling jg ‘wani piro’.
    -gratis: petugas datangnya nanti saja,ngabisin kopi dulu’
    -murah: langsung berangkat tp pake jalur darat dan terganggu macet.
    -mahal: ini yg minta tolong orang berkantong tebal. petugas datang dgn heli.
    (menjemput uang dan bonus menyelamatkan korban).

    bukan berprasangka buruk,tapi kenyataanya seperti itu.
    contoh pabrik samping rumah yg kebakaran saat menghubungi petugas dam-kar malah nego harga,cocok baru berangkat. keburu ludes.

  3. Tukang Ngibul permalink
    17 April 2012 18:45

    point kedua lah yg sgt perlu di benahi…sebagus apapun programnya jika masih ada kemacetan ya percuma…

  4. 3 Mei 2012 15:24

    Gagasan bagus tuh bos. Apalagi kalo pengaplikasiannya bisa bener-bener

Trackbacks

  1. Jakarta Post Soroti Panggilan 911 « Edo Rusyanto's Traffic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: