Lanjut ke konten

Maret, Motor Sport Yamaha Masih Teratas

10 April 2012


Yamaha Byson. (dok ymki)

SEGMEN sepeda motor sport masih milik Yamaha. Dominasi Yamaha dengan tiga varian motor sportnya mencapai sekitar 58,40% dari total pasar Maret 2012. Saat itu, Yamaha mengantongi sekitar 39.400-an unit, sedangkan total pasar sport sekitar 67.500-an unit.
Otot Yamaha masih ada di Vixion. Sepeda motor sport bermesin 150cc itu, menempati posisi teratas dengan pangsa pasar sekitar 33,89%. Vixion juga menorehkan rekor anyar sepanjang 2012, yakni sekitar 22.800-an unit.
Produk sport lainnya, yakni Yamaha Byson, menempati posisi kedua (22,22%), sedangkan Yamaha Scorpio Z ada diposisi kedelapan (2,30%).
Keperkasaan Yamaha di segmen motor sport pada Maret 2012 berkat lonjakan hampir 25%, jika dibandingkan Maret 2011 yang masih sekitar 31.600-an unit. Hal itu tak bisa diimbangi Honda yang justeru anjlok sekitar 40,59%. Pada Maret 2012, Honda mencatat volume penjualan sekitar 14.400-an unit, sedangkan pada Maret 2011, sekitar 24.200-an unit.
Khusus untuk Maret 2012, Honda menempatkan New Megapro diposisi ketiga persis di bawah Byson. Pangsa pasar New Megapro sekitar 15,26% dengan raihan volume sekitar 10.300-an unit.

Sementara itu, pemain nomor ketiga terbesar, Kawasaki, mengantongi volume sekitar 11.200-an unit pada Maret 2012. Kawasaki mencatat lonjakan volume penjualan jika dibandingkan Maret 2011, yakni hampir 54%.
Lonjakan Kawasaki masih kalah jika dibandingkan angka pertumbuhan Suzuki yang meroket sekitar 191%. Sayangnya,dari segi volume, penjualan Suzuki hanya 2.000-an unit pada Maret 2012.

Secara keseluruhan, pasar motor sport pada Maret 2012 hanya naik tipis, yakni sekitar 5%, jika dibandingkan Maret 2011. Total penjualan motor sport anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi) pada Maret 2012 sekitar 67.500-an unit, sedangkan Maret 2011 sekitar 64.000-an unit. (edo rusyanto)

36 Komentar leave one →
  1. Rudy Sou1 permalink
    10 April 2012 12:46

    joss dah byson

  2. 10 April 2012 12:46

    Masih banyak aja ya yang demen V-Ixion…

    • gelo permalink
      11 April 2012 02:39

      Soalnya dengan harga murah bisa dapet fitur keren. Gak kaya tiger, mesin jadul tapi operpress

  3. 10 April 2012 12:54

    buszzzett dah,kolaborasi sempurna
    vixion-byson

  4. adada permalink
    10 April 2012 13:02

    di 2012 selamat tinggal new megapro…..

  5. Rudy Sou1 permalink
    10 April 2012 13:13

    copas hasil MSnya ya pak edo

  6. 10 April 2012 13:21

    gara2 isu terelis potensial buyer NMP menahan diri dtambah lineup baru dr ymh bison

  7. milky bo permalink
    10 April 2012 13:29

    alhamdulillah c kebo akhirnya nyruduk hidrocepalus…
    hehe

  8. 10 April 2012 14:12

    Honda tidak berdaya, cepat keluarkan si trelis dan lokalkan CBR.

  9. jaelan.. permalink
    10 April 2012 14:22

    bagus…..supaya honda bikin motor yg baik designnya..sprti yamaha.

  10. 10 April 2012 15:05

    pikson sama bison…

  11. blade-in permalink
    10 April 2012 15:59

    Hmmmm….. alamat tidak akan ada perubahan berarti pada New Vixion 2012 !!!
    Ayo Honda keluarin spyshoot teralisnya. Jangan cuma nyebar rumor yang gak jelas ! Siapa tahu dengan spyshootnya aja bisa menahan laju duo Vixion-Byson ?

  12. kudalumping permalink
    10 April 2012 17:17

    vixion memang undestroyable
    :p

  13. 10 April 2012 18:41

    lah suzuki jualan motor sport apaan? kok bisa melonjak jualannya?

  14. 10 April 2012 19:01

    Bro Edo, perbandingan penjualan Xeon vs Vario-nya dong… thanks

    • 10 April 2012 19:11

      segera ya bro setelah sport. trims

    • jarot permalink
      10 April 2012 20:12

      ow xeon motor gagal itu yah 😀 … udah ngak usah di bahas…mungkin xeon baru bisa menang lawan vario lama yang sudah di kurangi produksinya karena sudah di discontinue 😀

      • 10 April 2012 20:30

        Gagal sih nggak, tapi perkiraanku lsg klepek-klepek pingsan begitu vario125 keluar 😀

        Ane pengen tau alasan pembeli Xeon bulan maret ini, apakah capek nunggu inden vario, atau gak suka karakter vario yang rada lemot di tarikan bawah. Secara spec dan harga, vario menang segala-galanya, tapi (calon) konsumen yang uda cocok dgn karakter motor keluaran Yamaha agak susah berubah mindset.
        Ibarat kamera SLR, Canon boleh menang di datasheet, tapi user experience-nya tetap lebih unggul Nikon (kata maniak Nikon) hehehe….

        • blade-in permalink
          11 April 2012 20:57

          Alasan pembeli Xeon… : mesin gak mau yang pake ngorok, desain gak mau yang ribet, plastik gak mau yang murahan, dan irit gak mau yang pake tanda bintang wk wk wk wk wk ….

  15. Rollerman permalink
    10 April 2012 21:41

    lho…lhoo,,ternyata penjualan Byso
    n dbawah NMP cuman gara2 produksi yang dbatasi tho…

    • gelo permalink
      11 April 2012 02:41

      Betul gan. Sbenarnya orang lebih ngebet sama byson. Tapi karena nungguinnya lama akhirnya pindah ke megapro. Padahal di hatinya gak puas beli megapro

  16. Gogo permalink
    10 April 2012 22:38

    vixion makin membumi

  17. 11 April 2012 03:55

    bentuk motor sport yamaha memang lebih mudah diterima dibanding sport honda..

  18. 11 April 2012 08:11

    Besok saya akan beli motor vixion,, itung2 meramaikan kendaraan dan produktifitas motor di Indonesia…. wah cocok

  19. Tulus Budi permalink
    11 April 2012 08:19

    vixion-byson makin moncer, klo mo ngalahin YIMM di sektor mongtor semprot kayaknya AHM harus membeli saham Bajaj biar bisa bikin P200NS versi Honda tapi harganya tetep murah …. wkwkwkwk…..

  20. kurher permalink
    11 April 2012 09:39

    sport yimm sangat susah ditaklukan…

  21. loislea permalink
    11 April 2012 14:38

    coba kalau yamaha kapasitas produksinya segede honda…..ampun deh honda….berkat yamaha sekarang honda tdk bisa seenaknya jual motor jadul dan operpress s lagi

  22. dery_234 permalink
    13 April 2012 09:07

    ah..ga mungkin coy
    gue ga yakin soalnya penjualan Honda selalu lebih unggul dr yamaha

  23. Two Wheel Rider permalink
    20 April 2012 13:37

    @Milky Bo :
    Alhamdulillah c kebo akhirnya nyruduk hidrocepalus…
    hehe
    ——————————————————————————————————————
    Hidrocepalus..Wuhahahahahahahahha…NMP banget itu…

Trackbacks

  1. Maret Byson ungguli penjualan New mega pro « RS1 MotoBlog
  2. Persaingan Segmen Sport Makin Panas di 2012! « karis mauyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: