Lanjut ke konten

Terimakasih Miss Sachie Okamoto

6 April 2012

KAMI berkenalan via surat elektronik (surel). Saat itu, November 2011, miss Sachie Okamoto mengirimkan surel. Miss Okamoto dari NGO Network on Indonesia (JANNI), Tokyo, Jepang.
Pesan bergulir. Kami membahas situasi lalu lintas jalan Indonesia dan kasus kecelakaan di jalan. Saya menulis menulis di bulletin milik JANNI. Nirlaba.
”Mohon kenalkan saya adalah warga Jepang yang tinggal di Jepang, dan juga seorang anggota pegurus sebuah LSM yang bernama JANNI (Japan NGO Netowork on Indonesia) yang terdiri dari pemerhati Indonesia di Jepang. Yaitu memperkenal segala aspek tentang Indonesia kepada masyarakat Jepang,” tulis dia saat itu.
Saya pun mengirimkan tulisan bertema kondisi lalu lintas dan kecelakaan jalan. Menempatkan rasa sabar sebagai salah satu unsur penting dalam berkendara yang aman dan selamat. Tentu saja saya mengirimkan sedikit mengenai biodata saya.
Menurut miss Okamoto, bulletin JANNI terbit triwulanan. Dan, baru-baru ini, awal April 2012, saya menerima kiriman bulletin tersebut. Alamat yang saya pakai adalah kantor tempat saya bekerja di Jakarta Selatan. ”Saya mohon maaf bahwa sangat terlambat terbit newsletter kami dan newsletter ini hanya dalam bahasa Jepang,” jelas Sonoko Sasaki, secretary general JANNI, dalam surat pengantar bulletin kepada saya, April 2012.
Selain senang, saya juga agak sedikit bingung membaca bulletin tersebut karena menggunakan bahasa dan huruf kanji Jepang. Tidak masalah, karena saya dibantu kolega di kantor yang menerjemahkannya.
Baru kali ini saya menulis untuk bulletin berbahasa Jepang. Sebuah pengalaman tersendiri. Biasanya, saya diminta menulis untuk jurnal, bulletin, atau media cetak berbahasa Indonesia. Pernah saya diminta menulis untuk jurnal Fokus Manajemen milik Universitas Prasetya Mulya. Saya mengulas mengenai dinamika kehidupan kelompok komunitas sepeda motor.

Sedangkan untuk penerbitan lain, umumnya seputar industri sepeda motor, keselamatan berlalu lintas jalan, dan kehidupan komunitas sepeda motor. Bagi saya, menulis suatu gairah tersendiri dalam hidup. Apalagi jika temanya menyangkut soal keselamatan jalan (road safety), bagi saya sebuah jejaring memperluas kesadaran keselamatan jalan.
Terimakasih untuk miss Sachie Okamoto atas kiriman bulletinnya. Jangan bosan membahas soal keselamatan jalan. (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. 6 April 2012 00:30

    keren mbah,,,,,,,,orang jepang susah bahasa inggrisnya tapi
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/04/06/harga-pertamax-naik-ninja-250-r-minum-premium/

  2. 6 April 2012 08:31

    面白い :mrgreen:

  3. Tukang Ngibul permalink
    6 April 2012 11:06

    JANNI itu RSA nya jepang ya mbah….???

  4. 6 April 2012 20:09

    NITIP mas
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2012/04/06/rayuanku/

    semoga bermanfaat..

  5. Gogo permalink
    7 April 2012 12:23

    Sugoooi… btw apakan JANNI memberi solusi bwt mslh transportasi Indonesia??

  6. 21 April 2012 22:16

    JANNI, Japan NGO Network on Indonesia, satu LSM yang menaruh perhatian tentang isu strategis di Indonesia. Selama puluhan tahun kami bekerjasama dengan JANNI dan Sachie Okamoto adalah salah seorang aktifis JANNI yang sangat paham dengan Indonesia, apalagi beliau sering dan pernah tinggal di Sumatera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: