Lanjut ke konten

Honda Super Serius Garap Motor Injeksi

15 Maret 2012


foto:dok ahm

HONDA tidak main-main menggarap sepeda motor injeksi. Pada periode Januari-Februari 2012, pangsa pasar motor injeksi Honda melejit dari 13,63% menjadi sekitar 41,99%. Teknologi sepeda motor ini digadang-gadang lebih irit konsumsi bahan bakar hingga 15% dibandingkan sistem karburator.
Deretan peluru Honda di segmen injeksi ada di semua lini. Untuk di lini bebek ada Revo AT dan Supra X 125 Helm In. lalu di lini motor skutik ada PCX 125, Spacy, dan Vario. Sedangkan di lini motor sport ada CBR 150 R dan CBR 250 R.
Agresifitas Honda membuahkan hasil. Jika pada Januari-Februari 2011 baru sekitar 6.970 unit, pada tahun ini melejit menjadi 50.707 unit. Dahsyat kan?
Sekalipun demikian, secara akumulasi, Yamaha masih menguasai pasar motor injeksi. Hanya saja, pangsa pasar Yamaha melemah dari 86,17% menjadi 57,77%. Penurunan itu dampak dari agresifnya Honda. Bayangkan, Honda menggempur pasar dengan delapan produk, sedangkan Yamaha hanya dua produk.
Otot Yamaha untuk segmen motor injeksi masih bertumpu pada motor sport Yamaha Vixion. Sayangnya, untuk periode dua bulan 2012, Vixion mencatat pelemahan volume, yakni dari 44.061 menjadi sekitar 40.238 unit. Barangkali, Yamaha sedang melenggangkan jalan motor sport lainnya, yakni Yamaha Byson.
Selain Vixion, Yamaha punya andalan baru, yaitu Yamaha Mio J. Sepeda motor skutik ini langsung menghentak pasar. Pada bulan pertama masuk pasar langsung mengantongi sekitar 29.536 unit, jauh lebih besar dari target yang sebanyak 25 ribu unit. Mio J menempati posisi kedua segmen motor injeksi, persis di bawah Vixion.

Sementara itu, pemain ketiga terbesar segmen injeksi di kalangan anggota Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (Aisi), yakni Kawasaki, hanya mengantongi 0,24%. Pada Januari-Februari 2012, Kawasaki mengandalkan KLX 250 dan ER6N. keduanya sepeda motor sport. Maklum, Kawasaki tidak bermain di segmen motor skutik.

Oh ya, Honda menyebut teknologinya dengan Programmed Fuel Injection (PGM-FI). Bahkan, untuk Vario 125 injeksi, Honda melengkapinya dengan Enhanced Smart Power (eSP). Teknologi ini membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien di kelasnya, yakni 30% lebih hemat dibandingkan dengan Vario sebelumnya (52,1 km/liter dengan menggunakan metode pengukuran ECE R40).

Sementara itu, Yamaha menyebut teknologi injeksinya dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI), diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30%. Yamaha mengklaim teknologi YMJET-FI telah dikembangkan pada 2009 di Taiwan. Untuk yang saat ini merupakan penyempurnaan teknologi injeksi dari generasi sebelumnya.
Boleh jadi pada 2014 semua produk sepeda motor yang beroperasi di Indonesia bakal memakai sistem injeksi. Hal itu bersamaan dengan penerapan standar EURO 3 yang dianggap lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Saat ini, per Februari 2012, jumlah motor injeksi hanya sekitar 9,13% dari total penjualan sepeda motor yang mencapai 1,3 juta unit. (edo rusyanto)

9 Komentar leave one →
  1. 15 Maret 2012 05:39

    begitulah seharusnya melangkah, gak setengah-setengah.

  2. Aa Ikhwan permalink
    15 Maret 2012 06:49

    bisa jadi rencana honda bangun pabrik baru sekaligus untuk meggenjot produksi era injeksi 😀

  3. GAS permalink
    15 Maret 2012 08:08

    Gelar Raja Injeksi sudah berpindah…

  4. 15 Maret 2012 08:57

    tuh kan data penjualan yang berbicara………….untuk masalaha injeksi……Yamaha jadi leader…..kita lihat nanti ditengah semester apakah masih jadi leader………

  5. 15 Maret 2012 11:41

    Kalau AHM sudah serius, gambarannya akan sama seperti MS secara keseluruhan.

  6. 15 Maret 2012 16:53

    Injeksi yamahal sudah anjlok drastis …

  7. 15 Maret 2012 21:08

    sudah saatnya…
    baca yang ini bro..
    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/15/f1zr-idola-anak-muda-era-millenium-2/
    trimakasihh..

  8. H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL. DST.=sales itu ngasih petunjuk bukan cuma membujuk permalink
    16 Maret 2012 11:59

    jangan pilih injeksi yg boros, bensin naik harga

  9. jhonny iskandar permalink
    14 September 2012 07:49

    per unit motornya berapa ya????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: