Lanjut ke konten

Hofos Deklarasikan Anti Ponsel

5 Maret 2012
tags: ,

PULUHAN anggota Honda Freed Owners Indonesia (Hofos) akhirnya mendeklarasikan anti ponsel saat berkendara. Saya yang hadir di tengah-tengah mereka merasa tersentuh dan bangga pada kepedulian soal keselamatan jalan tersebut.
“Kami anggota Hofos berkonsentrasi dalam berkendara dan tidak berponsel serta mendesak pemerintah dan polisi untuk menegakan hukum secara tegas dan konsisten,” papar bro Doni Laksmana, saat membacakan tiga point deklarasi di Jakarta, Minggu (4/3/2012) siang.
Saya dan bro Rio Octaviano, ketua umum Road Safety Association (RSA) hadir sebagai pembicara sebelum deklarasi dibacakan. Rio dengan lugas mengajak agar pola pikir dan perilaku anggota Hofos menjadi lebih peduli keselamatan jalan, termasuk soal antiponsel dalam berkendara. “Masalah keselamatan jalan tidak bisa dilihat parsial, kami melihatnya sebagai satu kesatuan dalam mewujudkan keselamatan jalan,” tegas bro Rio.
Tak banyak yang saya sampaikan dalam kesempatan Safety Driving Workshop Hofos tahun 2012 ini. Titik penekanan saya adalah bahwa tren berponsel dalam memicu kecelakaan lalu lintas jalan cenderung meningkat dua tahun terakhir.

Bahkan, pada 2010, peningkatannya mencapai sekitar 1.288% dibandingkan setahun sebelumnya. Tampaknya, para pengendara menjadi produk masyarakat kota yang tidak sabaran sehingga saat berkendarapun tetap berponsel. Sebaiknya, menepi atau menunda perbincangan via ponsel saat berkendara.
Secara psikologis, dampak dari pesan dalam pembicaraan bisa memengaruhi konsentrasi berkendara. Padahal, kata bro Rio, Undang Undang No 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) dengan tegas mengatur soal konsentrasi. Setiap pengendara mutlak berkonsentrasi. “Jika dilanggar sanksinya bisa denda maksimal Rp 750 ribu atau pidana kurungan maksimal tiga bulan,” ujar bro Rio.
Oh ya, isi utuh Deklarasi Hofos tahun 2012 mencakup, pertama, mengajak seluruh pengguna jalan di Indonesia untuk lebih bertanggung jawab, saling menghargai, dan bersahabat serta santun di jalan. Kedua, bertindak sabar, disiplin serta meningkatkan ketaatan pada aturan lalu lintas sehingga menciptakan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya. Ketiga, berkonsentrasi dalam mengemudi untuk tidak menggunakan ponsel saat berkendara dan mendesak pemerintah dan polisi untuk lebih tegas dan konsisten dalam menegakan UU No 22 tahun 2009.
Menjelang pukul 14.30 WIB, saya pun beringsut meninggalkan kawasan Sunter, Jakarta Utara, kantor PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku produsen Honda Freed. Hofos mendapat fasilitas tempat workshop di areal showroom milik HPM. (edo rusyanto)

13 Komentar leave one →
  1. 5 Maret 2012 09:09

    pertamax……. hehe…
    semoga dengan event ini, sedikitnya bisa mengedukasi para pengendara sepeda motor, untuk lebih memperhatikan keselamatan berkendara. amin.

  2. kilaubiru permalink
    5 Maret 2012 09:16

    apakah honda freed ga ada head unit bluetooth…

    *xixixixixi :mrgreen:

    • 5 Maret 2012 09:20

      kemarin juga mencuat diskusi soal ini. maksudnya, point utama adalah soal substansi dari pesan, bukan bgm cara berkomunikasinya. ada orang yg terampil, jgn kan pegang setir mobil, naik motor bisa sambil nulis sms dan bibir mengisap rokok.
      substansi pesan dalam komunikasi itu yg lebih harus diwaspadai. bisa-bisa memecah konsentrasi. tentu selain aktifitas berponselnya. tapi, substansi lebih dahsyat mengobok-obok konsentrasi kita. salam.

  3. H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL. DST. permalink
    5 Maret 2012 10:24

    kalau bikin SIM nya gak nembak atau bikin resmi, kayak nya udah tau deh aturan nya.
    terlalu lebay….
    saya lagi nunggu kelompok-kelompok anti jalan berlubang, jadi kalo ada jalan berlubang mereka rame-rame ngspal jalan bikin-bikin cor, terus jalan yg gak ada cat pembatas mereka rame-rame pada ngecat jalan, terus kalo ada gerakan yg berhenti di depan zebracross di gamparin rame-rame, terus ada gerakan motor lewat trotoar di bakar masa.
    dll…
    seorang bikers ya ini pengetahuan dasar, gak usah ada deklarasi lebay segala…

    • 5 Maret 2012 11:48

      membaca tulisan anda, berarti anda memang harus mengikuti safety driving workshop, semoga dalam next event anda dapat hadir diacara tsb.

      • H. Prof. Dr. Ir. KIWIL DLL. DST. permalink
        5 Maret 2012 12:25

        yaelah bang, gak usah lebay.
        kalo nelpon atau sms sambil menendarai motor atau mobil ya jelas membahayakan diri sendiri dan orang lain, jadi ya gak usah lah di deklarasikan segala.

        • rusma permalink
          5 Maret 2012 12:52

          Terimakasih pak, kita hanya mengajak anggota member dan masyarakat agar sadar, kita tunggu kehadiran bapak profesor lebay pada next event kita.

        • 5 Maret 2012 19:02

          Susah maju nih Indonesia, kalo semua orang berpikiran negatif seperti ini. Toh deklarasinya ndak bikin anda rugi kan? Kita juga ndak ngundang infotainment dan sejenisnya, hanya sebagai pengingat bahwa berkonsentrasi saat mengendara itu maha penting. “Driving is a full time job”

    • Doni permalink
      6 Maret 2012 13:21

      Gak usah nunggu mas… kerjaan gak mutu tuh…
      Lebih baik berbuat sesuatu lebih dulu, untuk menciptakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Itu lebih berguna, ketimbang nunggu dan berangan2 seperti mas ini…

  4. 5 Maret 2012 10:39

    Honda Freed tidak ada fitur bluetooth.

  5. masfian noor permalink
    2 April 2012 11:12

    kepada bung admin, beberapa bulan yang lalu saya resmi menjadi anggota hofos #438, dan rencananya saya akan dikirimkan starter kit sebagai anggota baru, namun sampai sekarang saya masih belum menerima perihal dimaksud…demikian pemberitahuan ini disampaikan terima kasih

    masfian #438

    mohon maaf kalau tulisan ini dimuat bukan pada tempatnya

    • 3 April 2012 22:55

      om Masfian, sabar ya…
      kalau om di Jakarta, starter kit mesti diambil sendiri pada acara Hofos atau pada setiap Jumat di STC, tapi kalau di luar kota, akan tunggu kiriman dari sie keanggotaan yg memang agak sibuk.
      Untuk selanjutnya, bisa ditanyakan di milis hofos.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: