Lanjut ke konten

Catatan Menarik Penjualan Motor Januari

7 Februari 2012


foto:istimewa

HONDA punya catatan menarik setiap pembukaan tahun. Penjualan sepeda motor Honda pada Januari 2012 naik sekitar 15.34% jika dibandingkan periode sama 2011. Angka itu sebenarnya amat rendah jika dibandingkan rata-rata penjualan Januari dalam lima tahun terakhir. Untuk 2008-2012, rerata pertumbuhan penjualan honda sekitar 22.13%.
Pertumbuhan terbesar Honda untuk penjualan Januari dalam rentang 2008-2012, terjadi pada 2010. Saat itu, Honda melejit sekitar 53,39%. Sekalipun demikian, Januari 2010 merupakan memoar tersendiri bagi Honda. Bagaimana tidak, itulah untuk pertamakali Honda dilibas oleh Yamaha. Pada Januari 2010, Honda melego sekitar 216 ribuan unit, sedangkan Yamaha mampu menjual sekitar 239 ribuan unit. Sekalipun membuka catatan dengan manis, Yamaha masih harus mengakui ketangguhan Honda pada tutup tahun 2010.
Keperkasaan Honda pada 2010 tak terlepas dari merangseknya beberapa produk anyar sisayap tunggal itu. Kita tahu, Honda memasukan motor skutik Scoopy, Beat spoke, dan PCX pada 2010. Sebuah upaya keras Honda untuk memperkuat jajaran di segmen skutik. Buah manis bisa dipetik ketika Honda akhirnya menumbangkan dominasi Yamaha di segmen skutik pada 2011.
Sedangkan di segmen motor bebek, Honda terdongkrak oleh menggilanya Absolute Revo. Motor yang iklannya dibintangi grup band Nidji itu, melejit pada 2010. Dan, jangan lupa, keperkasaan Honda pada 2010 juga harus diakui ditopang oleh masuknya motor sport New Megapro.

Yamaha Merah

Raport Yamaha ternyata merah. Maksudnya, penjualan Januari 2012 jika dibandingkan periode sama 2011 ternyata melemah sekitar 25,77%. Maklum, jika pada Januari 2011, masih mampu menjual sekitar 276 ribuan unit, pada Januari 2012 hanya melego sekitar 205 ribuan unit. Memang jika dibandingkan Desember 2011, Yamaha menorehkan catatan emas, melejit sekitar 54%.
Dalam lima tahun terakhir, penjualan awal tahun Yamaha sebenarnya relatif bagus. Rerata pertumbuhan penjualannya sekitar 12,51%. Penurunan pada Januari 2012 merupakan kali kedua dalam rentang 2008-2012. Pelemahan pertama terjadi pada 2009, ketika itu memang secara nasional penjualan motor melemah.
Gebrakan Yamaha pada 2010 harus diakui sebuah catatan emas. Untuk kali pertama Yamaha memimpin penjualan awal tahun. Januari 2010, Yamaha amat tersokong oleh motor sport Vixion. Berbeda dengan Januari 2012 yang ditopang oleh motor bebek Jupiter Z dan Jupiter MX. Walau, Vixion juga masih perkasa di kelasnya. Jika pada Januari 2010 masih sekitar 17 ribuan unit, pada Januari 2012, Vixion melejit menjadi sekitar 21 ribuan unit.
Penjualan Januari memang baru pembuka. Masih ada sebelas bulan yang harus dilalui para produsen sepeda motor. Bisa saja banyak hal yang terjadi. Awalnya bagus, pada penutupan biasa-biasa saja. Atau, awalnya biasa-biasa saja, saat akhir menutup dengan manis. Apapun itu, bagi konsumen saat ini menempatkan sepeda motor sebagai transportasi alternatif untuk mendukung mobilitas sehari-hari. Selama transportasi publik belum maksimal, sepeda motor menjadi pilihan. Sampai kapan? (edo rusyanto)

47 Komentar leave one →
  1. yandy permalink
    7 Februari 2012 10:07

    PREDIKSI SAYA AKHIR TAHUN INI YAMAHA AKAN MEMIMPIN LAGI

    • boss permalink
      7 Februari 2012 12:49

      hehehe….

    • fandy permalink
      7 Februari 2012 17:22

      lumayan….
      daripada lu manyun

    • yonk permalink
      7 Februari 2012 18:41

      fandy@ akhir tahun yamaha akan MEMIMPIN LAGI…..
      EMANG KAPAN YAMAHAL MIMPIN ?????????
      Kalau menghibur diri ngaca bro,,,,,wkwkwkwk

      • Blitz permalink
        7 Februari 2012 21:02

        @yonk,, kita liat aja nanti 😀 jgn mewek y bro kalo h bakal kalah :mrgreen:

        • Joko permalink
          8 Februari 2012 21:26

          Apakah ini Nobita ganti avatar?

      • R9Performance permalink
        8 Februari 2012 11:14

        wkwkwk itulah tipikal org2nya yamaha , banyak bacot GEDE hasil NOL besar

        dari jaman jebot bacotnya guede banget plus menghalalkan segala cara (BC kiri kanan, suap kiri kanan) . tapi seperti yang sudah kita ketahui FAKTANYA : kapan yamaho pernah mimpin ???? Malah Nyungsep , Malah di tebas tuh sekumpulan org2 tolol YMKI …bwahahahahaha :mrgreen: ngakak guling2

  2. 7 Februari 2012 10:10

    yamaha blon panas….

  3. 7 Februari 2012 10:14

    siap2 pemadam kebakaran Omm Edo
    hehehe

  4. 7 Februari 2012 10:46

    Yamaha lagi bermain sendiwara sekarang

  5. 7 Februari 2012 10:59

    februari yakin naik.karena ada fino dan mio j

    • boss permalink
      7 Februari 2012 12:50

      naik dari hongkong wkwkwkwk….

      • 7 Februari 2012 15:56

        ojo lali vario 125…yo demant akn mio j kyknya kurang bos.

        • Blitz permalink
          7 Februari 2012 21:07

          @joeloe2, percuma.. kalo vario harganya mahal,, pasti kebanyakan orang2,, milih vario techno aja,, wong tampangnya juga mirip2,,!!! oh ya jangan lupa yamaha masih nelurin matic mio soul G,, setelah itu rombak sektor bebek..

  6. penthol permalink
    7 Februari 2012 11:09

    Suzuki tvs kawasaki mana paklek

  7. yonk permalink
    7 Februari 2012 11:10

    Di Detik.com dan kompas.com,,,,rilis yamaha bln januari 2012 naik 54% dibanding desember 2011,,,,,Kelihatan ngibulnya klu januari ya dibandingkan dg januari tahun sebelumnya…..wkwkwkwkwk yamaho koplak

    • R9Performance permalink
      8 Februari 2012 11:19

      kan sudha di bliang tabiatnya org2 yamaho yang selalu menghalalkan segala cara …Suap MEnyuap tabloid dan media itu sudah ada post budgetnya ..wkwkwk

  8. dani permalink
    7 Februari 2012 12:21

    yamaha bikin MAss Transportation….

  9. 7 Februari 2012 12:23

    Yandy

    Atas dasar apa kmu bilang yamahaa pasti memimpin akhir tahun??
    Boleh dijelaskan??
    Mungkin bulan feb sd mei, penjualan yamahaa pasti naik krn ada produk baru, mungkin aja bs ke. 35 %, tp setelah bulan itu, akan turun lg ke 2x.xx %. Ini bukan sandiwara loh! Ini beneran..
    1+1 = belom tentu 2, bisa jadi = nol!

  10. 7 Februari 2012 12:25

    Yandy

    Atas dasar apa kmu bilang yamahaa pasti memimpin akhir tahun??
    Boleh dijelaskan??
    Mungkin bulan feb sd mei, penjualan yamahaa pasti naik krn ada produk baru, mungkin aja bs ke. 35 %, tp setelah bulan itu, akan turun lg ke 2x.xx %. Ini bukan sandiwara loh! Ini beneran..
    1+1 = belom tentu 2, bisa jadi = nol! M

  11. boss permalink
    7 Februari 2012 12:52

    @yandy : lagi menghibur diri…

  12. 7 Februari 2012 13:23

    Sandiwaranya Desember pengiriman direm(berarti banyak inden, dong) terus Januari digenjot walau hanya sampai 205 rb tapi kenaikannya terlihat fantastis.

    • 7 Februari 2012 16:00

      kurang aaahh. klo naik 350rb baru fantastis..udh direm, jan dikit pula. indikasi krg ditrima konsumen

      • LUI permalink
        7 Februari 2012 17:27

        Tenang wae bro, ga da rossi ga laku tu si Y 😀
        (ditunggu loh vario 125 nya)

  13. Udug permalink
    7 Februari 2012 15:50

    yamahal … jadul … nggak laku ….

  14. Joker permalink
    7 Februari 2012 16:58

    – Bersandiwara
    – Kapasitas produksi
    – Banjir Thailand
    – Baut patah
    – Undian 2M lagi libur
    – Karyawan mogok

  15. haroem permalink
    7 Februari 2012 19:05

    HONDA TOP MARKOTOPPPP

  16. jaelan.. permalink
    7 Februari 2012 22:58

    mbah…..tolong yg detail….

  17. 8 Februari 2012 05:59

    Bikin heboh blog mungkin walau sesaat, tapi bikin heboh pasar nanti dulu. Kalau ingin pasar heboh lepas saja sapi di tengah pasar, pasti heboh. Hehehehe. Bercanda doang.
    Tapi prediksi saya februari penjualan belum bisa melonjak sebab penerimaan konsumen terhadap produk baru tidak bisa serta merta, sementara produk lama sudah kadung redup oleh uforia produk baru. Kita tunggu sajalah.

  18. Udug permalink
    8 Februari 2012 06:45

    NHD bener tuh dan cerdasa : yamahal bersandiwara agar Desember pengiriman direm (berarti banyak inden, dong) terus Januari digenjot walau hanya sampai 205 rb tapi kenaikannya terlihat fantastis , padahal Marketnya tinggal 30% .

  19. 8 Februari 2012 09:51

    eyang Edo minta sajikan grafik penjualan bebek dunk (Jupiter MX, Jupiter Z)

    http://www.sejutaumat.com/2012/02/08/nge-blog-dengan-wordpress-for-android-di-ponsel/

  20. 8 Februari 2012 09:56

    update lg donk…

  21. 8 Februari 2012 11:05

    Izin copy Grafik penjualannya Kang Edo untuk artikel ane :

    Data AISI Januari 2012 vs Januari 2011, Ada Yang Naik, Ada Yang Malah Turun

    http://autoblogindonesia.wordpress.com/2012/02/08/data-aisi-januari-2012-vs-januari-2011-ada-yang-naik-ada-yang-malah-turun/

  22. R9Performance permalink
    8 Februari 2012 11:16

    ckckck itulah tipikal org2nya yamaho , banyak bacot GEDE hasil NOL besar

    dari jaman jebot bacotnya guede banget plus menghalalkan segala cara (BC kanan kiri, suap kiri kanan) . tapi seperti yang sudah kita ketahui FAKTANYA : kapan yamaho pernah mimpin ???? Malah Nyungsep , Malah skrg di tebas tuh sekumpulan org2 tolol YMKI (jepangnya udah muak kali sama mrk yg kebanyakan bacot daripada prestasi)…bwahahahahaha :mrgreen: ngakak guling2

Trackbacks

  1. Data AISI Januari 2012 vs Januari 2011, Ada Yang Naik, Ada Yang Malah Turun « autoblogindonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: