Lanjut ke konten

Jangan Anggap Remeh Rute Familiar

18 Januari 2012

SAAT berkendara kerap ada perasaan nyaman ketika melintas di rute yang rutin dilewati. Ada rasa percaya diri karena merasa mengenal seluk beluk jalan tersebut. Tapi, apa iya tak perlu waspada?
Tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas jalan di kawasan pemukiman. Padahal, jalan yang dilintasi sudah bertahun-tahun dilintasi. Mustahil tak mengenal setiap lekuk jalan. Hanya saja, bisa jadi kecelakaan terjadi karena lengah. Kelebihan kepercayaan diri bahwa rute yang dilintasi cukup ‘ramah’.
Rasanya kita tak perlu terlalu percaya diri dan menganggap remeh rute yang kita lintasi. Walau, sudah bertahun-tahun melintasinya. Penting untuk selalu waspada. Bisa jadi, dalam sekejap terjadi perubahan di jalur tersebut. Misal, saat pagi melintas situasi biasa-biasa saja, namun malam hari saat kita melintas ada gundukan tanah yang tercecer dari truk. Atau, ada gundukan pasir di tikungan. Nah, saking percaya dirinya, menganggap rute tersebut cukup ramah, kewaspadaan berkurang sehingga tergelincir oleh licinnya gundukan tanah atau pasir tadi.
Situasi menjadi lebih berisiko ketika melintas di gelap malam. Jarak pandang pasti berkurang ketimbang siang hari. Belum lagi kondisi tubuh menurun karena letih akibat aktifitas seharian. Apalagi, situasi malam dibalut hujan atau gerimis nan dingin. Jalan lebih licin.
Itu baru satu aspek. Ada aspek lain, misalnya, ada obyek lain yang bergerak tiba-tiba, seperti hewan yang melintas di jalan. Reflek kita para pemotor pasti diuji oleh situasi seperti itu. Terlebih dalam kondisi malam hari.
Kuncinya, kita tak boleh lengah. Kewaspadaan perlu terus dijaga. Jangan pernah menganggap remeh rute sehari-hari yang kita lintasi. (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. 18 Januari 2012 02:09

    wow,…

    nitip rubrik baru eyang,… LBB alias Lapak Blog BIKERS….. jual beli ala bikers

    http://blogbikers.wordpress.com/2012/01/18/rubrik-baru-lapak-blog-bikers-lbb/

  2. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    18 Januari 2012 04:51

    ane setuju ama sensei edo
    jangan anggap remeh
    bisa bahaya

    http://suzukikunaiki.wordpress.com/2012/01/17/foto-foto-model-pemenang-suzuki-hayate-tour-de-jakarta-photo-competition-bening-banget-gaaan/

  3. Aa Ikhwan permalink
    18 Januari 2012 07:38

    karena walaupun sudah hafal jalan suatu saat ada perubahan keadaan jalanan yg tidak kita sdari semisal lubang, atau yang lainnya dan betul juga kata mbah edo di jalan itu kita tidak sendirian, bnyak biker2 lain yg bisa membuat sesuatu yg aman menjadi sebuah ancamankecelakaan. nice info mbah 😀

  4. 18 Januari 2012 09:22

    tetap waspada……..

  5. 18 Januari 2012 12:38

    nice suggestion..
    berdoa, lalu hati2 dan waspada..
    http://learningfromlives.wordpress.com/2012/01/18/pinjaman-abdurrahman-bin-auf/

  6. 19 Januari 2012 10:10

    Setuju dan mari kita terapkan serta tidak lupa disebarkan ke pengendara lainnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: