Lanjut ke konten

Byson Berkapasitas 10 Ribu, Wow!

17 Januari 2012


Yamaha Byson warna emas 2012. (dok yamaha)

YAMAHA pasti berupaya keras mempertahankan penguasaan pangsa pasar sepeda motor sport di Indonesia. Maklum, setelah merebut dari Honda pada 2009, Honda juga tak akan tinggal diam. Segmen motor sport, walau paling kecil volumenya, tapi punya omzet tak kurang dari Rp 12 triliun pada 2011.
Tahun 2012, Yamaha membuka dengan memperkuat salah satu peluru di segmen motor sport, yakni Yamaha Byson. Motor sport yang masuk kategori bermesin 150cc itu, kapasitas produksinya ditingkatkan dua kali lipat. “Kapasitas produksi ditingkatkan dari 4.500 menjadi 10 ribu unit per bulan,” jelas Eko Prabowo, general manager Yamaha Indonesia, dalam pesan tertulisnya kepada saya, Selasa (17/1/2011) pagi.
Sepanjang 2011, Byson rata-rata per bulan terjual sekitar 4.400-an unit. Motor yang mulai merangsek pasar Indonesia pada September 2010 itu, menjadi kontributor ketiga terbesar terhadap total penjualan Yamaha di segmen motor sport. Yamaha mash mengandalkan Vixion sebagai kontributor terbesar, sedangkan pemasok paling buncit adalah Scorpio Z.
Pada 2011, kontribusi Vixion sekitar 75,5%, Byson 16,69%, dan Scorpio Z 7,8%. Yamaha mengumpulkan sekitar unit di segmen motor sport. Kontribusi Byson melejit dari semula 5,26% pada 2010. sedangkan Scorpio Z melemah, mengingat sebelumnya masih sekitar 9,04%. Bagaimana dengan Vixion? Ternyata ikut melemah juga. Maklum, pada 2010, kontribusinya sekitar 85,7%.

Selain menggandakan kapasitas produksi, Yamaha di Indonesia juga menyodorkan pilihan warna anyar untuk Byson. Ya. Byson warna emas. Seperti tertera dalam siaran pers Yamaha yang saya terima, Senin (16/1/2011), Byson warna emas diperkenal di Sentul International Convention Center, Bogor, Minggu (15/1/2011). Bahkan, tak tanggung-tanggung, Byson tersebut diperkenalkan oleh pebalap MotoGp, Jorge Lorenzo. ”Byson baru sangat istimewa karena untuk pertama kalinya warna emas yang gagah dan berkelas sebagai salah satu warna tren dunia dihadirkan Yamaha di segmen motor sport untuk pertama kalinya di Indonesia. Sedangkan warna hitam solid untuk memenuhi permintaan konsumen yang menginginkan warna yang membuat Byson tampil lebih gagah dan jantan,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia, dalam keterangan tertulisnya.

Oh ya, Byson anyar yang sudah automatic headlight on (AHO) ini, dibanderol Rp 20,140 juta per unit dan mulai dipasarkan pada Februari 2012. Byson memiliki tipe mesin 4 langkah, 2 valve SOHC, berpendingin udara dan berkapasitas 153 cc. Mampu menghasilkan tenaga 10,1 PS pada 7.500 rpm dan torsi puncak 10,5 Nm di 5.500 rpm.
Akankah Byson bisa melenggang lebih cepat pada 2012? (edo rusyanto)

15 Komentar leave one →
  1. 17 Januari 2012 12:53

    semoga tidak sia-sia

  2. 17 Januari 2012 14:25

    hmm……..stabil di angka 4rban…….2012 nti kayaknya bisa lebih……….klo brangnya ready……Byson kan over demand……klo supply ny digedein tentu bisa lebih dari 4rb-an………

    http://beckhem.wordpress.com/2012/01/17/ganti-oli-shock-breaker-depan/

  3. 17 Januari 2012 14:34

    hati2 yamaha terlalu menebar peluru dismester awal…nanti smester akhir mlempem lo…blm 1 pun honda kluarin jurus di 2012 yamaha dh 4 jurus njz,njmx putih, byson gold, 25jan fino…ati2 terlalu byk tingkah…

    • blade-in permalink
      17 Januari 2012 16:59

      Serba salah ngadepin FB! Diem diomelin… banyak brojol (walaupun facelift)… digerutuin… (Kata Yamaha, jangan khawatir, Boy! Masih banyak yang antri mau keluar neeh !!!)

      • 17 Januari 2012 18:03

        ooh klo santae gt yo wis, cuma ingetin aja. gk da maksud lain. tp lbh siiiipnya jk jurusnya dibuat bulan per bulan. biar kerasa tendangannya. baru 1 bulan. dh 4 jurus. harusnya byson pd maret aj. wong level sport dh sgt kuat.
        hanyausulanaja.com

  4. Top permalink
    17 Januari 2012 16:04

    Prtahanan trbaik adalah menyerang, bukan bnyak tingkah. ayo patahkan dominasi sayap ayam skrg juga.xixixi

  5. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    17 Januari 2012 16:18

    kalo diliahat di grafik sekitar hampir 5000 unit
    semoga yang inden byson ga nunggu lama 🙂

    http://suzukikunaiki.wordpress.com/2012/01/17/foto-foto-model-pemenang-suzuki-hayate-tour-de-jakarta-photo-competition-bening-banget-gaaan/

  6. 17 Januari 2012 16:31

    byson masih signifikan neh, blm bosen. klo vixi sdh harus diganti R15 😀

  7. 17 Januari 2012 18:20

    10.1 PS pada 7,500 rpm? di websitenya 10.1 KW,,,, ? kalau 10.1 PS kecil bgt dong ya… :mrgreen:

  8. Dani Ramadian permalink
    17 Januari 2012 18:25

    Lho…
    di grafik kedua kok tahun 2010 justru lebih sip?
    sementara ditahun 2011 kok malah turun?

    Trus…”Kapasitas produksi ditingkatkan dari 4.500
    menjadi 10 ribu unit per bulan”…
    kalau paragraf berikutnya : rata-rata perbulan laku
    4.400, berarti seharusnya masih ada “sisa” dong…
    nggak sampai kekurangan stok… Iya kan?

    Kasihan yang pada pingin beli tuh…
    Akhirnya lari ke Vixion atau ke NMP 😀

    • dara permalink
      17 Januari 2012 19:13

      Konstantanya ada 2 Om.. Kapasitas ama part import…. xixixixi
      max 5000 kalo import aman.. 😀

  9. 17 Januari 2012 18:50

    semakin LAMAAAAAA R15 dateng
    dikasih BYSON aja yang indihe udah BERBINAR2 kesenengan
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/01/17/yamaha-byson-cuma-sekedar-ganti-warna/

  10. 18 Januari 2012 12:30

    kelamaan R15 kasih Byson hehehehe

    nitip dong

    http://blogbikers.wordpress.com/2012/01/18/rubrik-baru-lapak-blog-bikers-lbb/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: