Lanjut ke konten

Jual Motor dengan Iming-iming Asuransi

10 Januari 2012

JAMINAN asuransi amat penting bagi pengendara. Terlebih bagi pemotor. Maklum, kecelakaan lalu lintas jalan banyak melibatkan sepeda motor. Pada 2010, sekitar 52,5% keterlibatan sepeda motor.
Mudah ditebak. Sepeda motor lebih ringkih dibandingkan mobil yang beroda empat atau lebih. Roda dua lebih mudah tergelincir, terjerembab, dan terpuruk, bahkan oleh batu sekepalan tangan anak remaja.
Populasi sepeda motor lebih banyak dibandingkan mobil. Ada sekitar 60 juta unit motor, bandingkan dengan mobil yang sekitar 10 juta unit.
Pengendara motor menghadapi risiko dehidrasi di panas terik. Kedinginan dalam pelukan hujan. Menghirup tebalnya debu dan asap dari knalpot kendaraan. Kemacetan lalu lintas jalan bisa menyulut ‘petasan’ emosi. Apalagi ditambah adanya perilaku ugal-ugalan. Lengkap sudah ramuan memperlebar peluang kecelakaan lalu lintas jalan.
Biaya mengobati luka akibat kecelakaan tidak murah. Belum lagi mengganti sepeda motor yang rusak. Cerita menjadi berbeda bila kecelakaan merenggut jiwa.

Gebrakan Wahana

Mungkin lantaran hal tersebut, distributor Honda di Jakarta, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), menyodorkan tawaran asuransi kecelakaan bagi para konsumennya.

”Bagi konsumen yang kecelakaan mendapat santunan Rp 5 juta,” ujar seorang penjaga gerai Wahana, di Jakarta Timur, saat berbincang dengan saya, Minggu (8/1/2011) siang.
Dia bercerita, selain asuransi kecelakaan, pihaknya juga memberikan asuransi kendaraan. Artinya, kendaraan hilang selama masa kredit akan diganti.
Menurut bro Shakti dari WMS, asuransi jiwa dan kecelakaan tersebut memang ditujukan kepada konsumen. ”Setiap yang baru beli motor dapat VIP Card sekaligus asuransi tersebut,” katanya, dalam pesan tertulis kepada saya, Senin (9/1/2012) siang.
Dia bercerita, sejak diluncurkan Oktober 2009, sudah ada dua korban kecelakaan meninggal dunia yang mengurus asuransi itu. Asuransi yang berlaku selama satu tahun terhitung sejak pembelian tersebut, dapat diperpanjang. ”Kami memakai asuransi Jaya Proteksi,” tukas dia.
Langkah WMS itu, bagi saya cukup membantu pemotor jika terpaksa terlibat insiden kecelakaan lalu lintas jalan. Setidaknya, bisa mengedukasi konsumen tentang pentingnya asuransi. Walau, kita semua tahu, bagi pengendara mendapat perlindungan asuransi kecelakaan dari PT Jasa Raharja.
Oh ya, balik lagi ke WMS, pada 2011, perusahaan yang memiliki wilayah penjualan di Jakarta dan Tangerang itu, melego sekitar 383 ribuan unit sepeda motor. Angka itu meningkat jika dibandingkan 2010 yang sekitar 367 ribuan unit. “Itu angka berdasarkan faktur,” tutur bro Shakti. (edo rusyanto)

9 Komentar leave one →
  1. 10 Januari 2012 04:35

    ada asuransi, tetapi biasanya pas ngurusinnya ribet dan berbelit-belit. termasuk saya pribadi pernah mengalaminya.

  2. 10 Januari 2012 08:18

    bagus programnya, semoag ga ribet ngurus klaimnya…….

  3. 10 Januari 2012 08:35

    salah satu startegi marketing di otomotiff

    http://learningfromlives.wordpress.com/

  4. 10 Januari 2012 08:53

    Langkah bagus perlindungan konsumen… asal benar-benar untuk tujuan mulia bukan jualan semata…
    http://ridertua.wordpress.com/2012/01/10/pelanggaran-awal-dari-celaka-harus-jadi-mantra/

  5. 10 Januari 2012 09:24

    yang punya motor butut ga boleh celaka dan maling dilarang ambil motor butut

  6. 10 Januari 2012 10:35

    Asuran memang mutlak Penting apalagi cara berlalu lintas di Indonesia yang tidak karuan dan kecelakaan terus mengintai.

  7. 10 Januari 2012 12:47

    terobosan bagus utk meningkatkan penjualan,ya mudah2an diikutin MD Honda yg laen…

  8. haroem permalink
    10 Januari 2012 17:50

    wow..Semakin terlindungi dong membeli motor Honda, dapat asuransi , diskon spare part ! Ga rugiii beli Sepeda Motor Honda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: