Lanjut ke konten

Wajah Baru Yamaha

26 Desember 2011

MEMASUKI tahun 2012 Yamaha di Indonesia berubah wajah. Kini, bendera yang dipakai adalah PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
“Tujuannya, memperkuat persaingan ke depan yang semakin ketat,” jelas Dyonisius Beti, presiden direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) sekaligus Executive VP PT YIMM, dalam publikasi resminya, Senin (26/12/2011).
Semula, untuk urusan produksi sepeda motor di Indonesia, Yamaha menggunakan YIMM. YIMM didirikan sejak 1974 dan sahamnya dimiliki oleh Yamaha Motor Corporation YMC), Jepang. Sedangkan untuk pemasaran di bawah bendera YMKI. Rupanya sang induk, yakni Yamaha Motor Company di Jepang, punya analisis lain memasuki tahun 2012.
“Tujuan penggabungan ini telah dikonsepkan dengan matang dan siap direalisasikan,” tutur Dyon.
Empat alasan dan tujuan peleburan ini, tambahnya, adalah meningkatkan efisiensi, produktifitas dan daya saing usaha yang lebih baik dengan adanya sinergi yang tercipta sehubungan dengan adanya penggabungan, baik dalam bidang produksi, pemasaran, sumber daya keuangan dan sumber daya manusia. Selain itu, meningkatkan kinerja usaha, menciptakan iklim usaha yang sehat, mengoptimalkan peran dan fungsi manajemen di seluruh Yamaha Group, guna memperkuat persaingan ke depan yang semakin ketat. “Serta mempertimbangkan faktor efektifitas dan produktifitas perusahaan,” tukasnya.

Dyon mengaku, bertumbuhnya Yamaha di Indonesia tak lepas dari loyalitas konsumen. Kecintaan konsumen atas produk yang digelontorkan Yamaha, dilengkapi layanan yang kuat untuk kepuasan konsumen. Dia merujuk pada penghargaan berdasarkan hasil riset Indonesian Service Satisfaction Index (ISSI) tahun 2011.
“Dasarnya adalah konsistensi kualitas pelayanan melalui CCS (Customer and Community Satisfaction) dan kerjasama antar semua fungsi sales, service dan spare part dengan dealer-dealer resmi Yamaha,” tegas Dyon.
Menurut dia, kualitas pelayanan tersebut akan berujung pada keuntungan perusahaan. “Service quality itulah inti bisnis Yamaha dan menjadi tujuan utama dari semua aktivitas yang dijalankan Yamaha,” katanya.
Dari segi prosentase pertumbuhan penjualan, sepanjang 2007-2010, Yamaha rata-rata bertumbuh sekitar 23%. Suatu pertumbuhan yang tak bisa dibilang kecil memang. (lihat grafik)

Entah setelah penggabungan, apakah Yamaha bakal lebih menggeliat menghadapi para pesaing? Terutama sang pemimpin pasar PT Astra Honda Motor (AHM).
Oh ya, langkah penggabungan yang dilakukan Yamaha, jauh sebelumnya dilakukan oleh AHM. Pada 2000, PT Federal Motor dan beberapa anak perusahaan di merger menjadi satu dengan nama PT AHM, yang komposisi kepemilikan sahamnya menjadi 50% milik PT Astra International Tbk dan 50% milik Honda Motor Co. Japan.
Langkah serupa juga dilakukan oleh Suzuki pada 2008. Saat itu, PT Indomobil Suzuki International (ISI), pemegang merek Suzuki di Indonesia berganti nama menjadi PT Suzuki Indomobil Motor (SIM). Sekitar 90% saham SIM dikuasai oleh Suzuki Motor Corporation (SMC), Jepang. SMC mengaku, selain agar nama Suzuki mudah diingat, langkah tersebut juga untuk meningkatkan penjualan sepeda motor dan mobil di Indonesia. Sebagai imbasnya, SMC menempatkan Yoshiji Terada sebagai Presiden Direktur SIM menggantikan Soebronto Laras. (edo rusyanto)

11 Komentar leave one →
  1. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    26 Desember 2011 11:08

    Pertamax diamankan dulu edo sensei
    Baru baca

    • H. Ir. kiwil .SH DLL DKK permalink
      27 Desember 2011 11:37

      ayo beli suzuki, jangan cuma dukung doang!!!

  2. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    26 Desember 2011 11:16

    Selamat buat merger yamaha

    Ternyata suzuki 90% punya jepang,pantes aja di laporan keuangan suzuki menyebut indosia sbgai salah satu penyumbang trbesar

  3. NEW YZF R15 permalink
    26 Desember 2011 14:47

    Semoga diBawah Bendera Yang Baru ini,
    PT.YIMM Bisa Menghadirkan NEW YZF R15 V2.0 di INDONESIA,
    Masak Kalah Sama INDIA,
    masak KONSUMEN INDONESIA cuma Bisa Di BIKIN NGILEEEERRRR teruuuussss.

  4. 26 Desember 2011 14:56

    Sepertinya ditahun depan yamaha mulai mendapat energi baru neh, sepertinya pertempuran akan menjadi ramai tahun depan. Ayo…Yamaha keluarkan semua motor2 anyarnya tahun depan, buat Honda jg jangan mau kalah ya. Biar konsumen semakin banyak pilihan.

  5. Ayo Dukung Suzuki Jadi No. 2 permalink
    26 Desember 2011 18:51

    Ane harap suzuki juga bisa berbicara banyak tahun depan

  6. binladeen permalink
    26 Desember 2011 22:11

    Gue bingung, di tangan Dyon ms Yamaha ndlozor dari 45% ke 39%… kok masih juga dipertahankan ! Apa sudah gak ada lagi orang yang lebih bagus di Yamaha?

  7. Tokatsu permalink
    27 Desember 2011 08:43

    keliatan banget ini langkah efisiensi dari kehancuran keuangan di bagian pemasarannya (ymki) …akhirnya di merger ..dulu aja sudah di kuasai jepang skrg apalagi , sudah pasti jadi kacung jepang. wkwkwk

    • H. Ir. kiwil .SH DLL DKK permalink
      27 Desember 2011 11:40

      sama, bapak dan kekek loe juga romusa dulu

  8. 27 Desember 2011 14:53

    Tunggu aja,bakal ada motor SMK,DOHC,Injeksi,v-twin,250cc,fairing,abs,dobel disc,harga 7 jutaan otr.Wkwkwkwk.Maju terus anak bangsa!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: