Lanjut ke konten

Mengintip Jurus Edukasi Injeksi Yamaha

23 Desember 2011

PULUHAN orang berkumpul di dalam ruangan semacam aula di Warung Solo, Jl Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Mayoritas memakai kaos hitam bertuliskan “Warung Yamaha Workshop Injeksi”.
Saya lihat sejumlah petinggi Yamaha Indonesia ada di tengah-tengah kerumunan tersebut. Tampak General Manager Eko Prabowo, PR Corporate & Communication Head Dwi Sunda, dan Manager Technical Support Muhammad Abidin.
Saya mendapat informasi mereka yang hadir mayoritas adalah komunitas penulis di dunia maya, Kompasiana. Lalu ada para blogger, anggota komunitas pengguna sepeda motor Yamaha, dan para jurnalis.
“Saya datang kesini untuk menambah pengetahuan soal teknologi motor injeksi,” ujar Tigor, salah seorang anggota Kompasiana, saat berbincang dengan saya di sela workshop, Kamis (22/12/2011) sore.
Mudah ditebak. Workshop seperti ini menjadi ajang sosialisasi. Apalagi jika menilik peserta yang hadir adalah para pengirim kabar. Ada blogger dan jurnalis. “Tujuan workshop lebih ke-remind dan edukasi. Kita tahu, era ke depan akan semakin berkurang untuk motor karburator,” tukas Indra.

Seingat saya, dalam tahun 2011 ini, Yamaha Indonesia sudah melakukan beberapa kali ajang serupa. Terkait workshop, sebelumnya Yamaha menggandeng komunitas Detik.com. Sedangkan untuk meningkatkan keterampilan para mekaniknya, Yamaha menggelar kontes di Bandung baru-baru ini. Di Bandung pula digelar kontes untuk kalangan siswa sekolah menengah kejuruan (SMK).
Tampaknya, untuk menyongsong era sepeda motor injeksi , Yamaha terus merapatkan barisan. “Sebanyak 14 ribuan mekanik di sekitar tiga ribuan jaringan bengkel kami sudah siap menyongsong era injeksi,” jelas Muhammad Abidin.
Saat ini, Yamaha memiliki sepeda motor injeksi andalan, yakni motor sport Yamaha Vixion. Sepeda motor yang digelontorkan ke pasar pada 2007 itu, tergolong cukup tangguh di pasar domestik. Saat ini, Vixion masih memimpin segmen sepeda motor sport di Indonesia. Yamaha mengaku sudah melego sekitar 766.978 motor Vixion sejak 2007 hingga November 2011.

Para pengguna Yamaha Vixion yang tergabung dalam Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) baru-baru ini bahkan masuk Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai klub motor injeksi dengan cabang perwakilan terbanyak.
Ke depan, sebagai konsumen, saya merasa sudah sepatutnya para produsen sepeda motor membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Kabarnya, teknologi injeksi mampu menghemat sekitar 10% konsumsi bahan bakar minyak (BBM), jika dibandingkan tipe motor karburator. Yamaha mengaku bakal mengisi pasar dengan teknologi injeksi.
“Targetnya, semua motor kami memakai sistem injeksi pada 2014,” ujar Eko Prabowo.
Beberapa tahun belakangan ini, ganjalan penetrasi pasar sepeda motor bermesin injeksi adalah persepsi tentang tidak praktisnya merawat motor tersebut. Di sisi lain, tentu saja soal harga. Nah, kalau soal persepsi tadi, faktanya, untuk men-servis sepeda motor injeksi memang harus di bengkel resmi milik mitra para produsen sepeda motor. Hanya satu dua bengkel umum yang memiliki alat untuk menservis electronic control unit (ECU) motor injeksi.

Pada sistem fuel injection terdapat ECU yang bekerja seperti otak pada manusia. ECU meneruskan sisnyal yang dikirim sensor-sensor. Pada akhirnya, ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin. Kerja ECU layaknya otak yang saat mendapatkan sinyal dari sensor-sensor, lantas memerintahkan bagian tubuh untuk menjalankanfungsinya. Selain sensor-sensor, komponen penting lainnya pada ECU adalah fuel pump. Alat ini berfungsi mensuplai BBM dari tanki ke injector dan menjaga tekanan bahan bakar agar sesuai persyaratan.
Tak heran jika masih minim volume penjualan sepeda motor injeksi di tengah masyarakat kita. Saya taksir, jumlahnya tidak mencapai 5% dari total penjualan sepeda motor yang sepanjang Januari-November 2011 mencapai sekitar 7,58 juta unit. (edo rusyanto)

7 Komentar leave one →
  1. tukang underestimate permalink
    23 Desember 2011 09:52

    sip pertamax…

  2. Imaniz permalink
    23 Desember 2011 11:10

    Kapan tuh sistem injeksi Yamaha di terapkan di produk segment bawah?

    • 23 Desember 2011 11:16

      kabarnya, ini masih kabarnya, pada 2012 bakal ada versi injeksi untuk mio, mio soul, dan jupiter z. atau, ada yg punya informasi lebih akurat?

    • 23 Desember 2011 12:44

      Vixion jg segment bawah

  3. 23 Desember 2011 15:08

    maaf nitip artikel ya mas
    http://temonsoejadi.wordpress.com/2011/12/23/siapa-sih-temanmu/
    semoga bermanfaat

  4. 23 Desember 2011 16:07

    Kampanye doang tapi produknya tidak segera keluar nanti malah dimanfaatkan yang lain.

Trackbacks

  1. Strategi Cerdik Yamaha Mengedukasi Motor Injeksi « Edo Rusyanto's Traffic

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: